in

Gunung Andong – Sebuah Gunung Yang Indah Tapi Mudah Didaki

Sumber Gambar: Google Maps @Hajar Prasetyo

Mendaki adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan apalagi jika kalian melakukannya di tempat dengan pemandangan yang indah seperti Gunung Merbabu maupun Gunung Sindoro yang mana akan memanjakan mata kalian selama perjalanan. Hanya saja sayangnya banyak sekali orang yang enggan untuk mulai melakukan aktivitas ini dan salah satu alasannya adalah jalur pendakiannya yang cukup sulit.

Nah, jika kalian memang ingin mulai menekuni aktivitas mendaki akan tetapi maunya di sebuah lokasi pendakian yang mudah tapi dengan pemandangan yang indah kayaknya kalian perlu mencoba untuk mengunjungi sebuah gunung di Kabupaten Magelang. Gunung yang kami maksud adalah Gunung Andong yang mana jalur pendakiannya ramah terhadap pemula akan tetapi disaat yang bersamaan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Sumber Gambar: Google Maps @JAVA PRIVATE TOUR

Gunung Andong ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut sehingga udaranya cukup sejuk, Gunung Andong ini sendiri sering didatangi oleh para pendaki pemula hingga pendaki yang sudah profesional. Apalagi fasilitas yang ada di Gunung Andong ini sendiri sudah cukup lengkap sehingga akan dapat benar – benar memfasilitasi kalian yang merupakan pendaki pemula.

Penasaran seberapa seru menghabiskan waktu liburan kalian di Gunung Andong ini? Untuk mengetahuinya ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini sehingga kalian akan mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai Gunung Andong ini. Yuk, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini.

Fasilitas Di Gunung Andong

Agar pendakian kalian para pemula tetap nyaman maka fasilitas memainkan peran yang sangat penting dan untungnya Gunung Andong sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Di bawah ini akan kami berikan kalian informasi mengenai apa saja fasilitas yang akan kalian temukan dan tentu saja dapat kalian gunakan saat sedang berada di Gunung Andong ini.

  • Area parkir yang cukup luas dan tentu saja aman sehingga kalian dapat berlibur dengan tenang dan meninggalkan kendaraan kalian tanpa rasa khawatir
  • Sebuah Mushola yang dapat kalian gunakan untuk menunaikan ibadah kalian selama berada di Gunung Andong ini
  • Area perkemahan yang tentunya dapat kalian gunakan untuk menghabiskan malam kalian dengan cara berkemah
  • Penginapan di area base camp buat kalian yang tidak ingin menghabiskan malam di ruangan yang terbuka
  • Pondok – pondok yang dapat kalian gunakan untuk beristirahat saat sedang kelelahan
  • Warung – warung yang menjual makanan serta minuman sehingga kalian tidak akan kerepotan saat kalian sedang lapar atau sekedar ingin ngopi – ngopi santai
  • Toilet yang bersih dan cukup terawat sehingga dapat kalian gunakan dengan nyaman

Dengan fasilitas memadai tentu saja akan sangat membantu kalian para pendaki pemula untuk beradaptasi dengan hobi baru kalian ini.

Daya Tarik Dan Pesona Gunung Andong

Selain jalur pendakiannya yang cukup mudah ada cukup banyak daya tarik serta pesona yang ditawarkan oleh Gunung Andong bagi kalian dan pengunjung lainnya yang dimana akan membuat waktu liburan kalian menjadi semakin menyenangkan. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini.

Pemandangannya Yang Tidak Kalah Dengan Gunung Merbabu Maupun Gunung Sindoro

Sumber Gambar: Google Maps @ Moris Anjana

Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang cukup digemari, hal ini tentu saja berkat jalur pendakiannya yang cukup mudah akan tetapi walaupun jalurnya mudah untuk didaki pemandangan yang ditawarkan tidaklah main – main. Banyak sekali pengunjung yang datang ke Gunung Andong ini membandingkan keindahan Gunung Andong dengan Gunung Merbabu dan juga Gunung Sindoro yang mana memang sudah terkenal dengan keindahannya.

Menurut mereka pemandangan yang ada di Gunung Andong ini tidak kalah dengan kedua gunung yang sudah terkenal itu dan bahkan Gunung Andong memiliki keunikannya tersendiri sehingga akan memberikan kalian sensasi tersendiri.

Dapat Ditempuh Dari Enam Base Camp Berbeda

Sumber Gambar:. Google Maps @ Sloan Sembada

Kalian bisa mulai perjalanan kalian untuk menuju ke puncak Gunung Andong melalui enam Base Camp yang berbeda, empat diantaranya dapat kalian akses melalui Kabupaten Magelang dengan cukup mudah. Keempat Base Camp yang ada di Kabupaten Magelang ini adalah Base Camp yang berada di Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, dan juga Dusun Temu.

Sisa dua Base Camp lainnya dapat kalian akses melalui Kecamatan Grabag yaitu Base Camp yang dapat kalian temukan di Dusun Kudusan dan Dusun Sekar Arum Kembangan yang juga dapat kalian akses dengan cukup mudah. Buat kalian yang para pemula akan sangat disarankan jika kalian memulai perjalanan kalian dari Base Camp yang ada di Dusun Sawit karena merupakan yang paling mudah didaki.

Berkemah Di Gunung Andong

Sumber Gambar: Google Maps @ Ruwanto

Kalian tentu saja bisa menghabiskan malam kalian di Gunung Andong dengan cara berkemah di area yang sudah tersedia, yang menariknya ada Gunung Andong ini memiliki empat buat puncak yang dapat kalian gunakan untuk berkemah. Keempat puncak yang ada di Gunung Andong ini sendiri berjejer dengan sedemikian rupa sehingga membuatnya memiliki julukan sebagai “Punggung Naga”.

Lokasi Dan Alamat Gunung Andong

Jika kalian ingin memulai hobi mendaki kalian di Gunung Andong ini, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang berada di Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.