OUR NETWORK

Gunung Talamau, Keindahan Dengan Tiga Belas Telaga

Sumatera Barat memang memiliki keindahan yang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari pesona air terjun, pantai, wisata kekinian, hingga gunung sekali pun. Mampu menghadirkan panorama nan elok. Oleh karena itu, tak salah bila saat ini perlahan-lahan banyak yang melirik Sumbar menjadi destinasi wisata saat liburan.

Sumber: Instagram @febydekusuma

Diantara semua pilihan tersebut, tidak ada salahnya kita memilih Gunung Talamau yang memberikan pesona alam nan elok. Hanya, saja anda membutuhkan tenaga tidak hanya fisik saja melainkan mental pun juga. Karena mendaki ke puncak bukan melawan rasa dingin atau medan yang sulit melainkan, melawan diri sendiri.

Mengenal Gunung Talamau

Sumber: Instagram @gunungtalamau

Gunung Talaumau mempunyai ketinggian 2.920 mdpl dan digadang-gadang menjadi tertinggi di Sumatera Barat. Gunung berapi yang statusnya tidak aktif lagi ini, mempunyai telaga paling banyak diantara lainnya. Jumlahnya kurang lebih 13 telaga.

Menariknya, di antara 13 telaga ini mempunyai kisah dan namamya masing-masing. Tidak hanya sampai disitu, anda juga akan disuguhkan dengan pesona air terjun yang menyegarkan. Namanya aalah Air terjun Puti Lenggo yang tingginya mencapai 100 meter Biasanya para pendaki yang selesai naik ke atas, pasti mampir ke tempat ini untuk merasakan kesegarannya. Apalagi, suasananya berbeda membaut anda enggan untuk pergi dari tempat ini.

Jalur Pendakian

Sumber: Instagram @gunungtalamau

Saat berada di pos registrasi anda akan diarahkan untuk menghitung berapa makanan dan minuman yang anda bawa. Hal ini, bisa menjadi estimasi berapa sampah yang akan kalian bawa pula. Maklum saja, sampah mampu merusak keindahan alam Gunung Talamau Sehingga, jika estimasinya berkurang maka anda harus mengambilnya di tempat anda buang. Hal ini cukup efektif membuat pesona Talamau menjadi yang paling indah.

Sumber: Instagram @antonikozjourney

Perjalanan dari Base camp menuju pos 1 yaitu Harimao Campo membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit hingga 3 jama lamanya. Selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pesona ladang perkebunan jagung, salak, hingga kelapa sawit.

Setelah keluar dari ladang ini, anda akan disuguhkan dengan aroma yang menantang  dengan jalanan menanjak nan menggemaskan. Selajutnya, menuju ke pos rindu alam yang merupakan pos ke 2 dengan estimasi waktu 2 jam 30 menit. Disini, jalur sedikit landai walau tetap menanjak. Anda akan disuguhkan dengan elang-elang nan menawan. Tidak jarang, anda akan melihat burung ini tepat berada di depan mata anda.

Selanjutnya menuju ke pos bumi basarah dengan estimasi waktu kurang lebih 5 jam. Perjalanan yang harus anda lalui perlahan mulai diuji disini. Tetapi, menariknya di pos ini anda akan disuguhkan dengan berbagai sumber air yang sangat berish dan jernih. Bagi anda yang kehabisan bekal minuman, bisa memanfaatkan air ini.

Menuju ke Paninjauan atau pos 4 anda harus mengatur nafas lebih baik lagi. Lantaran mempunya sudut kemiringan kurang lebih 80 hingga 85 derajat. Tidak semuanya menyusahkan dan melelahkan. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menawan hati anda.

Menikmati Telaga Cantik dan Menuju Puncak

Sumber: Instagram @alfajrisemut

Akhirnya perjalanan anda sampai juga di pos 5. Dimana, terdapat telga-telaga vantik yang jumlahnya ada 13. Namanya mulai dari Talago biru, Buluah Parindu, Cinduo Mato, Imbang  Langik, Lumuik, Mandeh Rubiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa, Satwa, Siumpang sudah, Tapian Sutan Bagindo dan yang terakhir adalah Tapian Puti Mambang Surau.

Sumber: Instagram @syukrialfint

Baiklah, setelah menikmati semua telaganya, saatnya kita naik ke puncak dan menikmati bagaimana indahnya sang fajar. Sayangnya, perjalanannya cukup sulit dan licin sehingga, anda wajib berhati-hati. Tetapi, setelah anda sampai di atasnya.

Mata anda tidak akan pernah bisa berkedip lantaran, anda akan disuguhkan dengan pesona Pasaman, Rajo Imbang Langik, Marapi, Singgalang, serta kerinci yang berjajar dengan awan-awan seperti di negeri dongeng.

Menuju ke titik pendakian

Menuju ke Gunung ini, bisa menggunakan kendaraan umum, Bila anda berangkat dari Padang menuju ke kabupaten Pasaman Barat kurang lebih 6 jam dengan harga 50 ribu rupiah.

Sumber: Instagram @rentaloutdoorpariaman

Bagi anda yang lelah setelah mendaki Gunung Talamau, anda bisa menginap di beberapa rumah warga yang bisa anda sewa mulai dari 200 ribu rupiah. Menariknya, menginap di rumah warga adalah masyarakatnya yang sangat ramah membuat anda merasa berada di rumah sendiri.

Akhirnya, sekian perjalanan ke Gunung Talamau. Dimana, perjalanan menuju ke atas memang tidak pernah mudah. Tetapi, disini anda bisa menikmati pesona  Indonesia yang sebenarnya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…