OUR NETWORK

Identik dengan Air Terjun, Ini 10 Destinasi Wisata Eksotis di Kepahiang

Kepahiang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Bengkulu. Letaknya yang diapit oleh daratan membuat kabupaten yang satu ini sama sekali tidak memiliki wisata pantai yang menawan. Meskipun demikian, bukan berarti Kepahiang tidak memiliki destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Karena Kabupaten Kepahiang justru memiliki banyak air terjun yang sangat cantik dan mempesona. Akan tetapi, selain air terjun juga ada beberapa wisata cantik yang layak dikunjungi di Kepahiang, berikut adalah lengkapnya.

Air Terjun Bukit Hitam

Sumber: Instagram @yuresta.ep

Yang pertama adalah Air Terjun Bukit Hitam. Dinamakan demikian karena memang air terjun yang satu ini berada di Desa Bukit Hitam, Kecamatan Kabawetan. Air Terjun Bukit Hitam bisa dibilang adalah lokasi wisata baru yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sebenarnya bukan hal yang mengejutkan, karena memang lokasi air terjun ini berada jauh di dalam hutan. Selain itu, akses yang belum memadai membuat beberapa wisatawan enggan untuk berkunjung ke sini. Namun jika kamu memang berjiwa petualang, berkunjung ke sini akan memberikannmu surga dunia, karena memang pemandangannya yang sangat menawan.

Air Terjun Donok

Sumber: Google

Kemudian ada juga Air Terjun Donok, yang terletak di Desa Ampar, Kecamatan Merigi. Dinamakan demikian karena memang aliran air di Air Terjun Donok berasal dari Sungai Donok. Sama seperti yang sebelumnya, akses menuju ke Air Terjun Donok juga belum memadai. Akan tetapi untuk keindahannya jangan ditanya, meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi.

Air Terjun Sengkuang

Sumber: Instagram @kendy_inop

Air Terjung Sengkuang ini terletak di Desa Sukasari, Kecamatan Kabawetan, tidak jauh dari pusat Kota Kepahiang. Berbeda dari dua air terjun yang sebelumnya, akses menuju ke Air Terjun Sengkuang sudah cukup memadai, karena memang ini adalah destinasi wisata favorit bagi warga Kepahiang.

Menariknya, kamu tidak akan dipungut biaya untuk berkunjung ke Air Terjun Sengkuang, karena memang belum dikelola secara maksimal. Kamu hanya akan dikenakan biaya untuk tarif parkir kendaraan saja.

Air Terjun Tearambon

Sumber: Instagram @dicki.elf

Masih dengan air terjun, semoga kamu gak bosan untuk berwisata di air terjun. Selanjutnya ada Air Terjun Tearambon yang terletak di Desa Daspetah, Kecamatan Ujan Mas. Akses untuk menuju ke Air Terjun Tearambon juga cukup mudah, karena memang letaknya yang tidak jauh dari jalan raya.

Air terjun ini sendiri tidak terlalu tinggi, namun cukup lebar dan memiliki aliran air yang lumayan deras. Kamu juga bisa menikmati segarnya Air Terjun Tearambon dengan cara berenang di kubangan air yang berada di bawah air terjun.

Bunga Raflesia

Sumber: Instagram @bluegreen_indonesia

Sama seperti kabupaten di Bengkulu yang lainnya, Kepahiang juga menjadi habitat bunga raflesia. Beruntunglah bagi kamu yang bisa melihat bunga raflesia secara langsung. Karena memang bunga raksasa yang satu ini sangat langka, belum lagi mekarnya yang terbilang cukup singkat, yakni selama satu minggu.

Curug Embun

Sumber: Instagram @ramadhan.e.s

Curug Embun adalah air terjun yang paling populer di Kepahiang, yang secara geografis terletak di Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai. Derasnya aliran air membuat para pengunjung dilarang untuk bermain air tepat di bawah air terjun, karena sangat membahayakan. Dinamakan curug embun karena memang derasnya air yang jatuh dan sebagian terbawa oleh angin menyerupai embun yang terus membasahi area di sekitarnya.

Curug Gendang

Sumber: Instagram @rh.matz

Air Terjun Gendang atau Curug Gendang terletak di Desa Sukamerindu, Kecamatan Kepahiang. Air terjun ini memiliki nilai sejarah tersendiri, karena di balik air terjun tersebut terdapat sebuah lubang, yang pada zaman dahulu digunakan oleh para pejuang untuk bersembunyi dari kejaran Belanda.

Danau Suro

Sumber: Instagram @icha_melisanatalia

Setelah puas dengan bahasan air terjun, kini saatnya kita membahas tentang danau. Ya, di Kepahiang ada Danau Suro, yang terbentuk hasil dari bendungan sungai Musi yang kemudian digunakan untuk PLTA. Seiring dengan berjalannya waktu, bendungan ini pun menjadi objek wisata dengan beberapa tambahan fasilitsas.

Kebun Teh Kebawetan

Sumber: Instagram @alanbkusuma

Kebun The Kebawetan sendiri terletak sekitar 1000 mdpl, jadi gak heran kalau memiliki udara yang segar. Berada di sini akan membuat pikiranmu tenang dengan hijaunya hamparan kebun the, ditambah dengan perbukitan yang mengelilinginya.

Air Terjun Taba Air Pawu

Sumber: Google

Yang terakhir adalah Air Terjun Taba Air Pawu, yang bisa dibilang sebagai destinasi baru di Kepahiang. Namun keindahan alamnya jangan pernah diragukan.

Comments

Loading...