in

Indahnya Kota Garut Dari Atas Gunung Guntur Via Cikahuripan

Sumber Gambar Dari Instagram @semerutrakker

Gunung Guntur memiliki ketinggian kurang lebih 2249 Mdpl. Dimana, nama dari tempat ini diambil karena, sering terdengar gemuruh atau suara guntur yang bergetar hebat. Ada 4 puncak yang bisa kamu nikmati. Menariknya, di setiap puncak kamu bisa melihat banyak pesonanya yang berbeda-beda.

Di tempat ini kamu juga bisa melihat dua kaldera yang begitu dalam. Kaldera ini terbentuk karena sebuah letusan dahsyat yang pernah terjadi di Gunung Guntur. jalur Cikahuripan menjadi jalur yang akan kami coba. Dimana, dari sini kamu bisa menikmati Puncak ke 3 dan ke 4.

Menuju ke Basecamp Cikahuripan

Menuju ke Basecamp Cikahuripan kamu bisa turun di Terminal Garut. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot yang sudah dicarter. Harganya mulai dari 300 ribu hingga 500 ribu rupiah. Biasanya sudah pulang pergi, dan dijempit sesuai di titik yang disepakati.

Sumber Gambar: pagguci.com

Untuk harga simaksinya sendiri 15 ribu rupiah saja, Hanya sajam bagi kamu yang membawa kendaraan bermotor dan menginap, kamu akan dikenakan tambahan biaya parki 10 ribu rupiah. Untu Mobil sebesar 20 ribu rupiah.

Menuju ke Pos Cikahuripan

Menuju ke Pos 1 kamu bisa berjalan melewati area penambang pasir. Disini, kamu juga bisa menumpang truck pasir lho. Lumayan untuk menghemat tenaga. Karena, dari basecamp menuju ke pertigaan tempat kamu turun nanti bisa menempuh waktu sekitar 1 jam 30 menit. Kalau naik truk ini hanya memerlukan waktu 30 menit.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Dari persimpangan jalan menuju ke Pos Cikahuripan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Jalurnya landai walau menanjak tidak terlalu dan masih santai. Lumayan, untuk kamu pemanasan. Untuk sumber mata air hanya ada di tempat ini saja ya. Jadi, manfaatkan benar.

Pos ini cukup luas, bisa buat kamu mendirikan tenda dan membayar uang sebesar 10 ribu rupiah. Di jalur ini biasanya kamu akan disuguhkan dengan jalanan yang berkabut, jadi jangan lupa siapkan jas hujan ya.

Menuju ke Pos 1

Menuju ke Pos 1 kamu akan disuguhkan dengan trek ladang terlebih dahulu. Kemudian, setelah berjalan 15 menit kemudian, kamu akan tiba di Camp area. Setelah dari sini, jalurnya akan menggemaskan. Jalanannya berupa kerikil-kerikil kecil. Setelah keluar dari jalur ini, siapkan kembali tenaga kamu untuk trek menanjak yang tidak pernah ada ampun. Kurang lebih 90 menit kamu bisa tiba di Pos 1.

Menuju ke Pos 2

Menuju ke Pos 2, jalurnya pun cukup landai dan cukup nikmat. Waktu yang ditempuh kurang lebih 45 menit saja, Dari sini saja, kamu sudah akan diuji dengan rasa lelah, keringat dan haus. Beristirahatlah yang cukup karena, menuju ke pos ke 3 tidak akan mudah seperti yang kamu bayangkan.

Menuju ke Pos 3

Jalurnya menanjak, mulai dari pertama meninggalkan Pos 2, menuju ke Hutan mati yang sedikit landai. Sehingga, bisa untukmu sedikit bernafas. Selanjutnya, menuju pos rimba, disinilah tanjakan yang melelahkan pun dimulai kembali. Belum cukup sampai disitu. Kamu akan disuguhkan dengan jalur berpasir.

Sumber Gambar: halosemarang.id

Rasanya, sangat berat untuk melangkah. Lelah sudah mulai mengancam mental kamu. Karena, rasanya sangat jauh dan tidak pernah sampai. Waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam 40 menit.

Menuju ke Puncak

Sumber Gambar: Instagram @pep_1217

Dari Pos 3 menuju ke Puncak memang menguras tenaga. Bila kamu memilih Puncak 3, kamu bisa menikmati pemandangan yang mengesankan dengan waktu tempuh hanya 5 menit saja. Bila ingin pergi puncak ke 4 perjalanannya sedikit lebih jauh. Tetapi, kamu wajib mengunjungi keduanya.

Keindahannya memang tidak bisa ditangguhkan sedikit pun. Apalagi, bila kamu diberi kesempatan sekali lagi untuk menginap di Gunung Guntur. Pemandangan dari pos 3 akan menghadirkan bintang-bintang yang benar-benar mengesankan. Milky way yang seakan tidak akan pernah usai.

Keimpulan

Pesona Garut juga bisa kamu tidak salah untuk kamu daki. Pemandangan mengesankan kota Garut bisa kamu nikmati dari puncak ini. Waktu perjalanan kurang lebih 4 jam sampai 6 jam lamanya. Uuntuk turunya nulai tidak memerlukan waktu yang banyak hanya 3 jam sampai 4 Jam saja. Jadi, sudah siak kamu menjelajah Gununu garut ini? Ingat treknya sangat menarik untuk dijelajahi lho. Jadim tunggu apa llagi?