in

Sensasi unik berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar

Sumber Gambar: befren.com

Biasanya kita melakukan aktivitas belanja atau jual beli pasti di pasar, mall atau toko swalayan tapi bagaimana rasanya jika berbelanja di sungai dengan menggunakan sebuah perahu kelotok atau perahu motor yang meliuk-liuk saat kita sedang berbelanja dan melakukan tawar menawar dengan pedagang. Pasti akan memberikan sensasi unik dan berbeda dari biasanya tepatnya berada di Sungai Martapura, Kabupaten Banjar Namun bagi warga sekitar sungai Martapura hal ini sudah menjadi tradisi dan kebiasaan bagi mereka bahkan jika anda berangkat menuju pasar terapung dengan menyusuri Sungai Martapura, di tiap tepian sebelum sampai di lokasi Pasar Terapung Lok Baintan yang dikenal juga dengan nama Pasar Terapung Sungai Martapura akan terlihat keseharian warga sekitar yang sangat bergantung dengan keberadaan sungai Martapura ini untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sejarah Pasar Terapung Lok Baintan

Sumber Gambar: Google Maps @Fajar Khoirul irul

Kalimantan Selatan yang memiliki banyak sungai-sungai besar memiliki julukan sebagai Kota Seribu Sungai, awal mula adanya Pasar Terapung Lok Baintan ini melihat pada zaman dahulu yang menjadikan kawasan sungai tersebut sebagai jalur perdagangan, lalu semakin berkembang pesat disaat Kesultanan Banjar dari Syekh Muhammad Al-Arsyad Banjari dalam kitab Sabilal Muhtadin yang menyebarkan ajaran islam dan memberikan aturan ketatanegaraan serta hubungan antar masyarakat sekaligus memberikan aturan pada proses jual beli yang menggunakan akad.

Lokasi dan Rute menuju Pasar Terapung Lok Baintan

Bagi anda yang berniat berkunjung ke Pasar Terapung Lok Baintan ini, lokasi pasarnya berada di Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan. Untuk bisa sampai menuju ke Pasar Terapung Lok Baintan ini terdapat dua pilihan akses jalan yakni melalui jalur sungai menggunakan klotok (perahu motor) atau opsi kedua melalui jalur darat, dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Sumber Gambar: Google Maps @muhammad ramli

Untuk pilihan pertama yang melalui jalur sungai anda bisa memulai perjalanan dari Dermaga Masjid Sungai, gardu yang berlokasi di Jalan Veteran dengan waktu tempuh cukup cepat hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit anda sudah bisa sampai di lokasi Pasar Terapung Lok Baintan. Saran untuk anda yang ingin mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan ini sebaiknya berangkat pagi hari sekitar pukul 05.00 WITA agar tidak terlalu berdesakan karena sekitar pukul 06.00 sampai 07.00 pagi.

Lokasi pasar akan sangat ramai baik oleh pedagang maupun pengunjung dan pilihan kedua melalui jalur darat bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika anda memulai perjalanan dari ibukota Kalimantan Selatan tepatnya Banjarmasin anda hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 28 menit perjalanan mulai dari Banjarmasin, ambil arah barat di Gang Suryacipta menuju ke Jalan Kapten Piere Tendean, setelah 80 meter belok kanan ke Jalan Kapten Piere Tendean lanjut belok kanan lagi ke Jalan Aes Nasution lalu belok kiri ke jalan Veteran setelah itu belok kiri ke Jalan Sungai Bakung. Lanjut belok kiri lagi ke jalan Desa Lok Baintan setelah mempuh jarak sekitat1,8 kilometer anda sudah sampai di lokasi Pasar Terapung Lok Baintan yang berada di sebelah kiri jalan untuk lebih lengkapnya anda bisa cek sendiri melalui gmaps.

Sumber Gambar: Google Maps @Rizki Ekananda

Sebelumnya tradisi pasar terapung ini terdapat banyak di beberapa lokasi di Kalimantan namun karena perkembangan zaman kini lokasi pasar terapung agak berkurang sehingga butuh dukungan pemerintah untuk turut serta melestarikan tradisi ini. selain Pasar Terapung Lok Baintan terdapat juga lokasi pasar terapung lain yaitu di Muara Kuin.

Sumber Gambar: Google Maps @Misran Fauzie

Yang biasanya dijajakan oleh para pedagang di lokasi Pasar Terapung Lok Baintan ini adalah hasill pertanian dan hasil perkebunan selainn itu ada juga yang menjual kue dan kerajinan tangan khas daerah setempat bahkan disana juga tersedia untuk anda yang ingin mencicipi menu masakan andalan khas Banjar yakni Soto Banjar dan Ketupat Kandangan, bila musim panen tiba akan lebih banyak pilihan barang yang dijajakan karena lebih banyaknya pedagang yang berjualan, di setiap hari jumat di setiap minggunya pun menjadi hari paling ramai pedagang, perlu di ketahui selain bertransaksi menggunakan uang tunai dikalangan para pedagang masih diberlakukan sistem barter atau bertukar hasil panen.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Pasar Terapung Lok Baintan ini? Segera ajak teman dan juga keluarga untuk berkunjung kesana.