OUR NETWORK

Kabawetan, Sebuah Perkebunan Teh Peninggalan Belanda yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Sumber: allindonesiatourism.com

Tahukah anda di Bengkulu ada sebuah agrowisata perkebunan teh peninggalan Belanda yang masih eksis hingga sekarang yaitu Kebun Teh Kabawetan. Obyek wisata ini memiliki luas sekitar 360 ribu hektar.

Kebun Teh Kabawetan juga memiliki pabrik tehnya sendiri, loh, dan sudah berhasil menembus pasar nasional bahkan internasional. Di kebun teh ini lah sering dijadikan sebagai media pembelajaran tentang pengolahan teh kepada anak-anak.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang kebun teh yang satu ini? Berikut pembahasan selengkapnya.

Mengunjungi Kebun Teh Kabawetan

Sumber: Instagram @alanbkusuma

Apabila selama seharian anda telah banyak bergelut dengan bunyi kendaraan, polusi juga cuaca yang panas maka memanjakan diri dengan mengunjungi Kebun Teh Kabawetan adalah solusi yang tepat. Kebun teh ini menyimpan pesona yang sangat mengagumkan. Hamparan hijau dedaunan terlihat begitu elok dipandang terutama pada saat pagi hari.

Di Kebun Teh Kabawetan para wisatawan bisa melihat para pemetik teh bekerja, melihat bagaimana proses pembuatan teh, juga meminum teh langsung yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Seru bukan?

Sumber: Instagram @adithioagustyan

Pemandangan di atas kebun teh juga tidak kalah cantik. Dari sana anda dapat melihat hamparan lembah serta Kota Kapahiang juga pemandangan bukit barisan yang bejejer dengan kokohnya.

Terbayang bukan betapa melimpahnya spot  foto ciamik dan Instagramable di kebun teh ini? Puas-puasin, deh, untuk berfoto. Dijamin koleksi moment kece di Kebun Teh Kabawetan akan membuat iri teman-teman anda yang belum sempat mengunjunginya. Jadi jangan lupa bawa kamera terbaik anda, ya.

Sumber: allindonesiatourism.com

Berbicara soal fasilitasnya, jangan khawatir sebab cukup memadai. Disini anda dapat menemukan banyak tempat makan dan minum, bahkan tempat penginapan juga ada. Malam hari di Kebun Teh Kabawetan pun sangat indah. Terasa sejuk dan hangat di hati. Terlebih jika dihabiskan bersama mereka, orang-orang yang anda sayangi.

Dikelola oleh Dua Perusahaan

Sumber: Instagram @adithioagustyan

Awal mulanya perkebunan teh ini bernama N.V. Land Bovus Maatschaapy. Nama tersebut diresmikan pada tahun 1925 dimana kantornya berpusat di Sumatera Selatan. Pada tahun tersebut yang ditanam di kebun ini hanyalah kina dan kopi. Kemudian pada tahun 1933-1936, barulah mulai membudidayakan tanaman teh, sementara kopi dan kina tidak ditanam lagi.

Sebuah pabrik teh akhirnya didirikan di lokasi yang tidak jauh dari perkebunan Desa Tangsi pada tahun 1935. Pada masa pendudukan Jepang, kebun teh ini diambil oleh pemerintah negeri matahari tersebut. Kendati demikian masih dikelola dengan baik serta nama produknya tetap Teh Kabawetan.  Setelah kemerdekaan berhasil diperoleh, perkebunan teh ini pun akhirnya diambil alih pemerintah Indonesia. Walaupun sempat terlantar, namun pada 1965 perkebunan teh ini kembali dikelola dibawah PT Trisula Ulung Mega Surya.

Sumber: sunflowords.com

Saat ini Kebun Teh Kabawetan dikelola oleh dua perusahaan yakni Taiwan Oolong Tea dan Teh Kabawetan. Teh Oolong jika terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah naga hitam

Dalam kebudayaan Tiongkok, naga hitam tersebut selalu identik dengan sesuatu yang baik, sehingga apabila Teh Oolong diminum secara rutin dipercaya mampu membuat badan senantiasa bugar dan terbebas jauh dari segala macam penyakit.

Teh Oolong dan Teh Kabawetan memiliki mutu yang sangat baik. Namun untuk hasil produksi Teh Oolong tidak akan bisa anda jumpai dipasar domestik. Kenapa? Sebab seluruh produksinya di ekspor ke Taiwan.

Namun, jangan khawatir bagi pengunjung yang datang ke perkebunan teh ini biasanya diberikan layanan minum teh secara gratis. Pokoknya siapapun yang datang secara resmi pasti disuguhi teh naga hitam yang sangat dipercaya juga mampu meningkatkan vitalitas.

Akses Lokasi


Nah, untuk mengakses lokasi ini, anda bisa menggunakan baik kendaraan roda dua atau pun empat. Apabila anda datang dari Kota Bengkulu maka hanya perlu menaiki bus yang menuju Kabupaten Kapahiang melalui Terminal Panorama.

Jarak dari Kota Bengkulu menuju lokasi ini sekitar 72 kilometer, dimana 62 kilometer perjalanan untuk ke Kota Kapahiang, lalu dilanjutkan 10 kilometer lagi untuk menuju ke lokasi dengan estimasi waktu 2 jam perjalanan.

Sepanjang perjalanan anda akan menembus bukit barisan dan disuguhi panorama hutan hujan yang alami.

Demikianlah ulasan lengkap dan menarik tentang Kebun Teh Kabawetan. Mengunjungi tempat ini akan membuat anda betah berlama-lama, serta mampu mengusir penat  secara ampuh, sebab panorama dan suasananya begitu sejuk dan menawan. Akhir kata, Semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu lagi pada pembahasan wisata yang tidak kalah seru berikutnya.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…