in

Kampung Nusa, Desa Wisata Dari Aceh Yang Penuh Pesona

Sumber Gambar : Google Maps @Desa Wisata Nusa

Kampung Nusa atau juga yang dikenal dengan Gampung Nusa berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar yang jaraknya kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Kampung Nusa berhasil masuk menjadi salah satu Nominasi dari 50 desa yang mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI ) 2021 dan menjadi satu – satunya perwakilan dari Aceh.

Pada awalnya pada babak 300 besar ADWI 2021 Aceh memiliki 7 perwakilan yang mengikuti ajang ini dari total 1.831 desa dari semua desa di Indonesia yang mengikuti ajang yang diinisiasi oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini. Kemudian di babak selanjutnya terpilih 3 desa yang lolos dan babak berikutnya hanya tinggal Kampung Nusa saja yang menjadi wakil dari Kota Serambi Mekkah ini.

Jadi tidak heran kalau semua warga Aceh sangat bangga dengan pencapaian dari Kampung Nusa ini, lalu apakah yang membuat Desa yang satu ini begitu menarik?.

Lembaga Pariwisata Yang Berdiri Mandiri

Sumber Gambar : Google Maps @Desa Wisata Nusa

Lembaga Pariwisata Nusa atau LPN merupakan Lembaga yang sejak dibentuk pada tahun 2015 sudah merupakan Lembaga yang mandiri. Yang berarti Lembaga ini berdiri tanpa mengandalkan danggaran dana desa. Masyarakat desa ini meyakini kalau desa mereka memiliki potensi yang tidak kalah dengan desa – desa lainnya.

Tidak mudah memang banyak warga desanya sendiri pada awalnya tidak percaya dengan potensi yang dimilki oleh Kampung Nusa ini. Apalagi setelah pasca Tsunami butuh waktu dan usaha yang tidak sebentar untuk mengubah persepsi masyarakat kalau desa ini memiliki potensi yang besar dan dapat menunjang perekonomian warga. Yang pastinya masih mengikuti syariat Islam yang mereka anut. Dan hasilnya memang tidak mengecewakan.

Sumber Gambar: Google Maps @Suherni Ismail

Dengan tekad yang keras dan kekompakan warga akhirnya berdirilah Lembaga Pariwisata Nusa pada tahun 2015 yang sampai sekarang pun masih mandiri. Dari desa yang tidak begitu dikenal banyak orang menjadi salah satu desa paling indah di Indonesia. Dan hasilnya banyak turis – turis yang tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri.

Satu – Satunya Desa Pengelola Sampah Berbasis Masyarakat

Sumber Gambar : Instagram @uty.yana

Salah satu keunggulan dari Kampung Nusa ini salah satunya adalah menjadi satu – satunya desa pasca Tsunami yang membuat pengelolaan sampah berbasih masyarakat. Warga Kampung Nusa memanfaatkan sampah untuk disulap menjadi kerajinan tangan dan inovasi – inovasi lainnya. Disebutkan kalau warga Kampung Nusa tidak dibayar untuk berinovasi produk – produk kerajinan tangan semua murni inisiatif warga demi memajukan desa mereka. Tidak hanya memanfaatkan sampah tetapi warga juga memanfaatkan sampah organik untuk membuat kerajinan yang mempunyai nilai jual.

Semua sampah organik dan non – organik tersebut disulap mejadi kerajinan seperti Kotak Tisu, Bunga, Kotak Pensil, Baju, Dompet hingga Topi yang dirajut dari kantong plastik. Apa yang dilakukan oleh warga Kampung Nusa tidak hanya mengurangi sampah di Kampung Nusa itu sendiri tetapi juga membuat warga mempunyai penghasilan lebih.

Paket Camping Atau Homestay

Sumber Gambar : Instagram @m_anshar_aan

Buat kalian yang berkunjung ke Kampung Nusa ini kalian bisa menginap di alam bebas dengan bercamping atau dengan homestay yang sudah disediakan oleh Lembaga Pariwisata Nusa. Untuk Paket Camping disediakan buat kalian yang ingin merasakan alam bebas yang areanya berada di dataran tinggi atau perbukitan. Sehingga suasana sejuk dan sudah pasti jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Buat kalian yang mencari ketenangan sepertinya Paket Camping bisa menjadi pilihan kalian.

Jika kalian ingin menikmati paket camping ini kalian harus melapor dulu ke pihak Lembaga Pariwisata Nusa karena mereka harus meminta izin kepada kepala desa setempat dan Polsek untuk menjaga keamanan setempat. Bagi kalian yang bepergian dengan keluarga dan tidak membawa tenda sendiri pihak Lembaga Pariwisata Nusa juga menyediakan penyewaan tenda dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp. 75.000. Areanya juga luas bisa menampung hingga 150 tenda. Selain itu juga pihak Lembaga Pariwisata Nusa juga menyediakan paket makanan yang diolah oleh warga setempat.

Kampung Nusa juga menyediakan paket homestay yang bisa kalian nikmati. Tapi homestay yang satu ini agak unik karena bukan rumah kosong tetapi rumah yang maish ditempati oleh warga. Jadi buat kalian yang ingin merasakan suasana kekeluargaan kalian bisa memilih paket yang satu ini. Pengunjung tidak bisa memilih ingin tinggal dengan keluarga yang mana karena diberlakukan sistem bergilir.

Nah, buat kalian yang ingin berlibur sepertinya Kampung Nusa bukan pilihan yang buruk bukan?