in

Kelezatan Cita Rasa Khas Bengkulu di Rumah Makan Inga Raya

Sumber Gambar: Google Maps @gde sugianyar dwi putra

Selain ada begitu banyak pantai yang indah seperti Pantai Mukomuko, Pantai Panjang ataupun Pantai Pasar Bawah. Bengkulu juga punya wisata kuliner yang memiliki cita rasa yang khas loh. Salah satu tempat yang menyediakan makanan dengan cita rasa khas Bengkulu adalah Rumah makan Inga Raya.

Mungkin travler pernah mendengar Restoran Ikan Bakar 5225 yang menyajikan ikan bakar super lezat. Sedikit berbeda, Rumah Makan Inga Raya terkenal dengan menu khas Bengkulu seperti Bagai Hiu, Rebung Asam dan Gulai Timun Cendawan.

Masyarakat Bengkulu sendiri sudah sangat mengenali rumah makan yang satu ini. Bahkan sangking terkenalnya rumah makan ini, mereka mendapatkan lebih dari 300 ulasan di Google dan mendapatkan rating 4,2.

Penasaran dengan kelezatan makanan di rumah makan ini? Yuk baca selengkapnya!

Lokasi Rumah Makan Inga Raya

Rumah makan ini berada di pusat kota Bengkulu. Letaknya di sekitaran Pantai Kualo Bengkulu, sehingga traveler akan sangat mudah menemukan lokasi rumah makan ini. Mereka memberikan suasana rumah makan yang strategis dan tentunya memanjakan para pengunjung yang datang.

Karena letaknya yang tidak jauh dari Pantai Kualo Bengkulu, saat makan disini traveler bisa sekaligus menikmati pemandangan indah pantai. Alamat lengkap rumah makan ini berada di Jalan Pantai, Jl. Bencoolen Jl. Pariwisata, Pasar Bengkulu, Sungai Serut, Bengkulu City, Bengkulu 38119.

Bagi traveler yang baru pertama kali mengunjungi Bengkulu, traveler bisa menggunakan Google Map untuk bisa mencarikan rute terdekat agar bisa sampai ke lokasi. Memang traveller bisa menggunakan jasa ojek online untuk mengantar makanan ke tempat traveler menginap. Namun kurang lengkap rasanya jika traveler tidak mengunjungi rumah makan yang satu ini secara langsung.

Varian Menu Rumah Makan Inga Raya

Varian Menu di Rumah Makan Inga Raya
Sumber Gambar: Google Maps @Ilham Abe

Kenapa traveler wajib mencoba ke rumah makan ini? Satu hal yang pasti karena menu makanan yang ada sangat enak dan lezat. Masakan di rumah makan ini segar dan alami, selain 3 menu yang disebutkan diatas.

Rumah makan ini juga menyediakan menu lain seperti Pendap, Tempoyak Udang, Gulai Kepala Ikan Ruku-ruku, Gulang Jering, Ikan Panggang, Pulai Anak Teri, Sambal Ikan Gleberan dan masih banyak lagi. Rumah makan ini juga menyediakan berbagai olahan sayuran segar yang bisa dimakan bersama lauk serta nasi.

Sumber Gambar: Google Maps @gde sugianyar dwi putra

Dijamin, traveler akan nambah berkali-kali ketika makan di Rumah Makan Inga Raya. Sesekali makan banyak mungkin tidak mempengaruhi program diet traveler nih. Harga untuk satu menu juga ramah dikantong.

Harganya berkisar Rp 25 rb, sangat murah bukan? Apalagi jika mengingat untuk satu porsinya begitu banyak. Bahkan bisa dimakan untuk dua orang sekaligus. Bagi traveler yang bukan orang Sumatera mungkin sedikit menghindari mencoba Tempoyak.

Sumber Gambar: Google Maps @Kusumo B.N.

Karena kemungkinan rasanya akan terasa asing dilidah. Tempoyak sendiri adalah makanan enak untuk orang Sumatera yang merupakan olahan dari buah Durian fermentasi. Meskipun ini menu paling enak, mungkin akan tidak cocok bagi traveler, terutama traveler yang berasal dari Jawa.

Jika penasaran, traveler bisa memesan porsi kecil terlebih dahulu. Agar tidak rugi karena rasanya tidak cocok dilidah. Wajib mencicipi menu Bagar Hiu jika mampir kesini. Bagai Hiu sendiri adalah makanan khas Bengkulu dengan bahan olahan Ikan Hiu. Tenang Hiu yang ditangkap dari nelayan dan bukan hiu yang dilindungi kok.

Jam Operasional

Sumber Gambar: Google Maps @FIRMANSYAH TASRIL

Bagi traveler yang tertarik mengunjungi Rumah Makan Inga Raya, tidak perlu takut dan risau. Karena rumah makan ini buka setiap hari loh dari Senin – Minggu mulai dari jam 09.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Banyak pengunjung yang datang ke rumah makan ini membawa teman-teman di sela-sela istirahat jam kantor. Menikmati hidangan yang super lezat dan banyak, tentu akan menambah semangat Kembali untuk bekerja.

Ada juga yang datang menjelang sore, biasanya mereka membawa keluarga dan sanak keluarga. Karena rumah makan ini begitu luas jadi traveler tidak perlu takut untuk membawa banyak orang. Selain kursi duduk, rumah makan ini juga menyediakan gazebo agar bisa menikmati makanan sambal duduk lesehan.

Bagi traveler yang membawa anak kecil cocok sekali nih makan di gazebo. Tempatnya luas dan anak-anak bisa sambal berlarian kesana-kemari tanpa khawatir terluka.

Kenapa Wajib Kesini?

Menu khas Rumah Makan Inga Raya
Sumber Gambar: Google Maps @Billly Audra Banggawan)

Sangat sulit menjumpai rumah makan yang menyediakan makanan khas Bengkulu bahkan dikotanya langsung. Tempat ini salah satu dari sedikit tempat yang menyediakannya. Terutama menu Bagar Hiu, meskipun menu khas Bengkulu, namun sangat jarang rumah makan yang menyediakannya.

Biasanya menu ini tersedia di bulan-bulan tertentu saja. Karena tidak setiap hari nelayan bisa mendapatkan ikan hiu yang merupakan bahan utama dari menu Bagar Hiu. Selain menunya yang berbeda dari rumah makan kebanyakan di Indonesia. Rumah Makan Inga Raya ini juga memiliki cita rasa yang khas. Jadi perjalanan traveler berwisata ke Kota Bengkulu tentunya akan jauh lebih berkesa.

Ikuti terus Wisato.id untuk bisa mendapatkan informasi terkini seputar wisata dan kuliner di Indonesia.