in

Kunjungi Wisata Bendungan Irigasi Air Terang Dengan Wajah Baru

Sumber Gambar: cikasda.sultengprov.go.id

Akses untuk pariwisata Kabupaten Buol semakin mudah, terutama akses menuju ke wisata Bendungan Air Terang. Destinasi wisata tersebut disebut juga dengan Bendungan Irigasi Air Terang / Bendung Air Terang. Hal ini dikarenakan Kab Buol telah menambah sebuah rute penerbangan dengan jalur Palu – Buol.

Destinasi wisata Bendungan Irigasi Air Terang ini adalah akses atau fasilitas publik yang berguna untuk perairan di sekitar Buol. Tetapi karena landscape di sekitar bendungan ini sangat apik, Bendungan Air Terang secara tidak langsung dijadikan sebagai tempat wisata alam.

Tidak hanya dijadikan sebagai wisata hanya untuk berfoto semata. Ada berbagai macam hal yang dapat dilakukan saat mengunjungi destinasi wisata Bendungan Air Terang Buol. Walaupun telah populer sebagai destinasi wisata, tetapi masih sedikit orang yang mengunjungi tempat ini.

Harga Tiket Masuk

Saat ini destinasi wisata Bendungan Air Terang telah dialihkan sebagai sarana publik yang dijadikan sebagai wisata. Tetapi belum ada pengelolaan secara resmi. Sehingga akses untuk mengunjungi destinasi wisata Bendungan Irigasi Air Terang masih bebas.

Kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk akomodasi tiket masuk / parkir. Meski demikian, tidak kamu harus tertib saat berada di tempat wisata Bendungan Air Terang.

Fasilitas

Untuk fasilitas yang tersedia pada Bendungan Air Terang masih berupa fasilitas untuk perairan / irigasi. Sedangkan fasilitas untuk keperluan wisata sama sekali belum tersedia. Hal ini sangat wajar mengingat bendungan Air Terang belum diresmikan sebagai tempat wisata, hanya masih diresmikan sebagai fasilitas irigasi.

Hal ini tentunya harus menjadi perhatian khusus pada setiap pengunjung tanpa terkecuali. Apalagi untuk keperluan kebersihan. Bagi yang membawa makanan, tidak seharusnya membuang makanan di tempat wisata Bendungan Air Terang.

Bendungan Air Terang ini memiliki fungsi utama yaitu untuk sumber mata air. Sehingga apabila lingkungan di sekitar tercemar, maka air pun akan tercemar dan tidak dapat lagi digunakan sebagai mata air. Kondisi air di bendungan ini sangat jernih dan segar, sehingga sangat disayangkan jika air tercemar dan kumuh hanya karena sampah.

Meskipun hanya sebatas sampah plastik tetap saja hanya akan menimbun sampah dan membuat lingkungan pada sekitar Bendungan Air Terang terlihat kotor. Tempat ini pun pada akhirnya akan terbengkalai dan tidak lagi dijadikan sebagai destinasi wisata. Terlebih lagi sangat minim orang yang bersukarela untuk membersihkannya.

Lokasi

Destinasi Bendungan Irigasi Air Terang terletak di Air Terang, Kecamatan Tiloan, Kabupaten Buol. Bendungan Air Terang ini berada di aliran Sungai Buol. Lokasi itu tidak jauh dari pusat peternakan sapi Kab Buol yang disebut dengan mini ranch Buol. Area peternakan itu juga sering dimanfaatkan untuk track cycling / area bersepeda.

Petunjuk Arah

Akses menuju destinasi wisata Bendungan Irigasi Air Terang, kini jauh lebih mudah untuk dijangkau. Khususnya bagi pengunjung yang berada di pulau Sumatera dengan rute penerbangan Palu – Buol.

Letak dari tempat wisata Bendungan Irigasi Air Terang ini cukup terpencil dan jauh dari pusat kota. Namun petunjuk arah dapat diakses dengan Google map. Waktu perjalanan yang dibutuhkan dari pusat kota Buol sekitar ±1 – 2 jam.

Untuk mengunjungi destinasi wisata bendung Di Air Terang sangat disarankan untuk menggunakan motor. Selain dapat memudahkan akses menuju ke arah Bendungan Air Terang dengan motor juga jauh lebih aman.

Jika menggunakan mobil, kamu kamu harus memarkirnya di tepi jalan raya. Lalu perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki beberapa menit dengan kondisi jalan setapak seadanya.

Spot Wisata

Untuk spot wisata yang terdapat pada Bendungan Irigasi Air Terang hanya berupa beberapa fasilitas irigasi yang dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati suasana alam di sekitar bendungan. Inilah daftar spot wisata yang ada :

1. Mini waterfall ala Bendungan Irigasi Air Terang

Sebenarnya spot ini tidak dapat dikategorikan sebagai waterfall. Hanya saja pengunjung memanfaatkannya layaknya sebuah waterfall. Spot ini hanya sebatas skat bendungan yang pada dasarnya berfungsi untuk mengatur arus air.

Keadaan arus air pada bendungan tidak begitu deras dan cukup dangkal. Jadi cukup aman untuk didekati, karena hal ini pula sangat dilarang untuk membuang sampah di sungai. Supaya spot ini masih bisa dimanfaatkan.

Kamu pun tidak hanya dapat sekedar untuk hunting foto, dapat pula bermain air untuk menikmati kesegaran Sungai Buol. Kamu pun harus tetap waspada, sebab ada kemungkinan jika arus air tiba – tiba menjadi deras. Kondisi air masih terlihat bersih, tetapi tidak begitu higienis dan jernih. Jadi harus waspada agar air tidak tertelan.

Khusus untuk spot ini mungkin hanya dapat dinikmati oleh cowok. Sebab cukup ekstrim bagi perempuan. Sedangkan bagi perempuan mungkin hanya dapat menikmatinya di tepi sungai. Meskipun begitu spot ini cukup khas untuk hunting foto di tepi sungai dengan tanda Bendung Di Air Terang dan jembatan gantung.

2. Twin river

Spot yang satu ini hanya berupa sebagian dari sungai yang dibelah dengan beton. Tetapi cukup apik untuk dijadikan sebagai landscape foto dengan latar persawahan.

Untuk menuju ke spot twin river ini harus menuruni beberapa anak tangga terlebih dahulu. Tepat di depan tangga terdapat jembatan kecil untuk memudahkan menyeberang. Bentuk dari jembatan itu mirip dengan tangga yang ditidurkan.

Belahan pada sungai cukup unik dengan ukuran panjang yang berbeda – beda. Ada yang panjang ada pula yang kecil. Jumlah belahan panjang hanya terdapat 1 buah dan terletak di bawah tangga.

Sedangkan belahan yang pendek terdapat di seberangnya. Jumlahnya pun cukup banyak. Tetapi tidak dapat dipijaki karena tidak ada jembatan kecil yang menjadi penghubung.

3. Jembatan Gantung

Spot terakhir yang tersedia di Bendungan Irigasi Air Terang yaitu jembatan gantung. Pada sekitar tahun 2018 awal dan sebelumnya spot ini cukup berbahaya dengan kondisi jembatan yang hanya terbuat dari kayu. Meskipun gantungan pada jembatan cukup kuat dengan material kawat.

Semakin lama kondisi kayu lapuk dan membuat jembatan tidak cukup layak untuk digunakan. Bahkan ada beberapa bagian jembatan yang telah berlubang. 

Namun pada sekitar akhir tahun tahun 2018 jembatan gantung itu telah diperbaiki. Kondisi jembatan pun berubah drastis seketika. Semula hanya jembatan gantung yang berlubang, kini menjadi jembatan yang cukup bagus serta layak dan aman untuk digunakan.

Kondisi jembatan gantung telah dicat dengan warna putih dan terkesan simple tetapi cukup elegan. Lantai jembatan juga telah diubah dengan material rangka besi. Jadi cukup kuat dari sebelumnya. Pada bagian tengah disediakan papan kayu untuk memudahkan pengunjung menyeberang.

Itulah review atas destinasi wisata Bendungan Air Terang yang cukup populer di sosial media. Destinasi wisata ini cukup untuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang aman di tengah – tengah pandemi. Kondisinya pun tidak cukup ramai.