OUR NETWORK

Liburan Praktis di Taman Bukit Gelanggang, Dumai, Riau

Liburan merupakan waktu yang sangat dinanti-nantikan oleh semua orang. Liburan dianggap penting untuk mengurangi rasa penat yang ada dalam pikiran masing-masing orang. Namun, sebagian orang pasti tak asing dengan suasana di waktu libur yang terkadang justru akan membuat kita semakin merasa penat karena semasa musim liburan dapat kita pastikan bahwa jalanan bisa sangat macet karena semua orang akan berbondong-bondong keluar rumah dan pergi mengunjungi tempat wisata

Tak hanya karena jalanan yang macet namun juga akan terjadi lonjakan pada  harga tiket tempat rekreasi yang terkadang melonjak hampir 50% dari harga biasanya. Namun kini banyak sekali lokasi wisata yang tidak terlalu padat pengunjung dan harga tiketnya relative murah dan bahkan ada yang gratis. Tempat wisata ini adalah taman, tempat pemancingan atau bahkan hutan terbuka yang kini mulai ada di tiap-tiap daerah. Mungkin kita dapat meniru perilaku atau kebiasaan warga Kota Dumai saat musim liburan tiba.

Sumber: Instagram @antzcool

Warga Kota Dumai kini telah memulai kebiasaan untuk berliburan tanpa harus keluar jauh-jauh lagi bahkan liburan ini dapat mereka laksanakan ketika hari biasa(weekdays). Kini, sebagian besar dari mereka memilih Taman Bukit Gelanggang menjadi pilihan destinasi wisata yang murah, hemat waktu dan bahkan tanpa harus repot dengan berbagai barang bawaan. Mungkin sebagian orang yang mendengar nama lokasi wisata ini cenderung bingung memaknainya. Apakah lokasi wisata ini berbentuk taman? Atau bukit? Atau bahkan gelanggang olahraga? Nama lokasi wisata ini memang dikenal dengan sebutan Taman Bukit Gelanggang. Taman Bukit Gelanggang ini sebenarnya adalah sebuah taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sengaja diperuntukkan oleh pemerintah setempat untuk memenuhi kebutuhan wisata baik masyarakat setempat atau bahkan pengunjung yang datang dari luar daerah Riau.

Sekilas Tenang Kota Dumai

Kota Dumai, kota yang nampaknya terdengar begitu asing bagi sebagian besar masyarakat luar Pulau Sumatra. Kota Dumai adalah sebuah kota yang terletak diProvinsi Riau. Jarak dari ibukota Riau yakni Pekanbaru menuju Dumai sekitar sekitar 5 sampai 6 jam atau sekitar 188 km. Kota Dumai pada awalnya merupakan hasil pemekaran dari Kab.Bengkalis. Kota ini dulunya merupakan sebuah dusun kecil di pesisir timur Riau kemudian di tahun 1999 diresmikan sebagai kota.

Sumber: Instagram @doni_ss366

Pilihan destinasi wisata di daerah Dumai juga bermacam-macam. Mulai dari bagian Dumai Timur kita dapat berkunjung ke Pesangrahan Putri Tujuh atau pun Hutan Lindung. Di bagian Dumai Barat kita dapat teui hutan bakau, perbukitan, serta hutan lindung. Sedangkan di bagian Kecamatan Bukit Kapur kita dapat mengunjungi Masjid Raya Dumai maupun Agro Wisata Perkebunan Kelapa Sawit. Destinasi wisata di Kota Dumai ini di dominasi oleh wisata alam.

Taman Bukit Gelanggang 

Taman Bukit Gelanggang ini merupakan RTH atau Ruang Terbuka Hijau yang sebelumnya merupakan lapangan sepakbola yang luas di tahun 2003 yang kini juga menjadi identitas kota Dumai dengan dijadikan sebagai alun-alun kota Dumai. Taman Bukit Gelanggang ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang walaupun terkesan sederhana namun dapat meningkatkan quality time bersama keluarga jika tidak sempat untuk pergi liburan keluar kota. Taman Bukit Gelanggang selalu ramai dikunjungi muda-mudi maupun para keluarga setiap harinya.

Mereka beranggapan bahwa Taman Bukit Gelanggang adalah tempat hiburan keluarga yang tepat. Taman ini terletak di Jl.Jendral Sudirman tepat di tengah kota Dumai dan lokasinya pun strategis dekat dengan tempat ibadah dan pusat perbelanjaan. Di Taman ini terdapat bermacam-macam permainan anak, wisata kuliner/jajanan, jogging track, bangku-bangku untuk bersantai serta disediakan akses wi-fi. Aktifitas di hari Sabtu – Minggu disana pun lebih ramai dibandingkan hari biasa. Keluarga yang membawa anak-anak biasanya memilih berkunjung ke Taman Bukit Gelanggang karena terdapat arena bermain anak-anak dan juga ada beberapa penyewaan mainan untuk anak-anak. Jenis permainan yang disewakan mulai dari becak mini, mainan kendaraan anak beserta kolam pancing anak dan harga nya juga terjangkau.

Sumber: Instagram @putraadesyah90

Beberapa tahun silam pun berbagai kegiatan seremonial Kota Dumai juga dilaksanakan di kawasan Taman Bukit Gelanggang ini. Beberapa kegiatan seremonial yang telah dilakukan di Taman Bukit Gelanggang misalnya kegiatan RAKERNAS APEKSI Dumai di tahun 2014, Tablig Akbar, serta menjadi titik kumpul bagi masyarakat untuk malam pergantian tahun.

Comments

Loading...