in

Lihat Penyu Langka Di Pantai Inggrisau Jadi Pemuas Rasa Penasaran

Sumber Gambar: lpsplsorong.wordpress.com

Papua memang masih sangat alami. Hal inilah yang membuat Papua hingga saat ini masih menjadi tempat terbaik untuk mencari apapun yang nilainya langka di perkotaan. Salah satu pantai yang masih kaya dengan kekayaan alamnya di Papua adalah Pantai Inggrisau. Pantai ini memiliki pasir hitam dan sangat menarik untuk dimasukkan ke dalam list kunjungan wisata kamu.

Pantai Inggrisau Pantai untuk Para Penyu-Penyu Unik

Bagi kamu yang ingin berwisata ke Pantai Inggrisau, salah satu hal paling menarik mengenai pantai ini adalah keberadaan penyunya. Akan tetapi jangan khawatir, meski sangat populer dengan penyunya, pantai ini tetap memberikan kenikmatan keindahan seperti pantai pada umumnya.

· Pantai Inggrisau sebagai pantai cagar alam

Pada dasarnya, lokasi dari Pantai Inggrisau ini memang sangat menarik. Pantai ini berlokasi antara sungai Kasuari ada juga sungai Temi. Pantai ini memiliki bibit pantai yang sangat panjang yaitu sekitar 3.8 km. Nah, pantai ini ternyata memiliki lokasi di sekitar Cagar Alam Yapen Tengah.

Sumber Gambar: lpsplsorong.wordpress.com

Kondisinya yang berlokasi di sekitar cagar alam membuat pantai ini memiliki ekosistem yang masih sangat terjaga. Hal inilah yang menyebabkan rantai kedatangan penyu untuk bertelur tidak pernah putus datang ke pantai ini.

· Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Inggrisau

Kamu bisa melakukan semua aktivitas yang bisa dilakukan di pantai pada umumnya. Pertama kamu bisa berenang, bermain air bahkan bermain pasir. Meski Pantai Inggrisau memiliki pasir warna hitam, akan tetapi pantai ini tetap memiliki kesan tersendiri saat kamu berkunjung ke sana. Ada banyak spot yang sangat cocok untuk konten di Instagram kamu saat kamu datang kesini.

Sumber Gambar: Facebook.com @saireriparadisefoundation

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang masih sangat alami, ia memiliki garis pantai yang sangat luas dan tentunya memiliki keindahan laut yang tidak terkalahkan. Selain itu, tepat menghadap ke pantai, ada banyak sekali tumbuhan besar yang rimbun yang akan membuat foto dan nuansa pantai menjadi lebih alami.

· Pantai penyu langka

Sumber Gambar: lpsplsorong.wordpress.com

Seperti disebutkan sebelumnya, hal yang paling menarik dari pantai yang berlokasi di Yapen ini adalah mengenai keberadaan penyu langka yang hadir di pantai ini. Penyu yang ada di pantai ini sangat unik karena di sini ada 4 penyu yang datang untuk bertelur.

Mengapa hal ini sangat unik? Pasalnya jenis penyu yang berenang di seluruh dunia ada 6 jenis dan 4 diantarnya datang ke Pantai Inggrisau untuk bertelur. Jenis penyu yang datang ke pantai ini untuk bertelur antara lain adalah penyu belimbing, penyu hijau, penyu sisik dan penyu lekang.

Dari keempat penyu ini, ada 2 penyu yang terancam punah dan 1 penyu yang sangat terancam punah. Penyu ini adalah penyu belimbing. Dengan berkunjung ke Pantai Inggrisau, kamu bisa melihat penyu yang sangat terancam ini. Biasanya penyu akan bertelur dari sore hari hingga menjelang fajar. Oleh karena itu, pastikan kamu menginap terlebih dahulu di sini untuk bisa melihat fenomena alam yang sangat jarang ditemukan ini.

Untuk kamu yang tertarik melihat telur penyu ini, pastikan kamu datang tepat waktu. Selain itu, untuk melihat penyu yang bertelur ini, Anda juga harus membayar sekitar Rp 20.000 untuk tiket masuk ke pantai. Jangan khawatir, biaya tiket ini nantinya akan digunakan untuk perawatan penangkaran penyu langka yang ada di Pantai Inggrisau ini.