in

Nikmatnya Sup Sumsum Ala Rumah Makan Sipirok

Sumber Gambar: Google Maps @Nanda Ramadhani

Kota Medan sangatlah terkenal dengan wisata kulinernya. Saat Anda berkunjung ke daerah Medan, jangan lupa untuk singgah ke rumah makan yang ternama dan paling enak yaitu Rumah Makan Sipirok. Rumah Makan Sipirok terletak di Jl. Sunggal no. 14, Medan – Sumatera Utara.

Cerita Dibalik Nama Sipirok

Rumah Makan Sipirok ini adalah milik sepasang suami istri yang bernama Zulfikar dan Yusniar. Asal muasal rumah makan ini diberi nama Sipirok karena dulu sepasang suami istri ini tinggal di daerah  Tapanuli Selatan , Sumatera Utara dengan nama daerahnya Sipirok. Kemudian mereka merantau ke Kota Medan dan membuka usaha rumah makan. Karena tidak ingin melupakan asal tempat tinggal mereka, mereka memutuskan untuk memberi nama rumah makannya dengan nama  “Rumah Makan Sipirok”. Rumah makan ini tidak jauh dari Jl. Gatot Subroto atau pasar Sei Sikambing. Tempatnya mudah dijangkau dan luas. Rumah Makan Sipirok awalnya dibangun pada tahun 2002 dengan bangunan sangat sederhana. Tempatnya dulu terbuat dari papan berlantai semen yang sudah mulai rusak. Lokasinya sangatlah sempit hanya 17×15 meter saja sehingga yang makan disana sangatlah padat dan sesak pada saat jam makan siang karena banyak orang yang berbondong-bondong kesana untuk mencicipi makanannya .

Semenjak rumah makannya di renovasi barulah bisa menampung banyak pelanggan hingga ratusan orang. Pelayanannya pun sangat ramah dan harga makanannya tidak menguras dompet. Rumah makan Sipirok menyajikan berbagai makanan yang khas sehingga sangat diburu oleh pelanggan setianya. Seperti sop daging, sop sum-sum, gulai ikan sale, arsik ikan mas, sambal pati ‘udang kecepe’, daging bakar sambal asam dan masih banyak lagi hidangannya.

Berikut ini menu andalan Rumah Makan Sipirok yang wajib sahabat Wisato coba :

1. Sup Sumsum

Sumber Gambar : Instagram @Seleramakan

Sup sumsum sapi atau kerbau ini tidak kalah enak dari menu lainnya di Rumah Makan Sipirok. Makanan ini sangatlah THE BEST dan sangat digemari oleh banyak pembeli yang hendak makan disana ataupun makan di kantor maupun dibungkus pulang. Sup sumsumnya dari sumsum sapi bagian tulang kaki yang disajikan hangat dan diberikan sedotan untuk menyeruput sumsumnya. Slurrrpp, foila enak banget! Semangkuk sup sumsum porsi besar ini juga dicampur dengan cabe rawit yang diblender mentah dijamin membuat sup ini akan semakin segar dan lezat. Seporsi sup tulang sumsum ini  berkisar harga Rp30.000an saja.

2. Sup Daging

Sumber Gambar : Google Maps @Hanjo

Sup daging sapi ini juga sangatlah terkenal di Rumah Makan Sipirok. Disajikan di piring cekung dengan berkuah bening yang sedap dan gurih. Disetiap porsi disajikan 3 potong daging sapi yang empuk atau tulang sapi dengan taburan bawang merah dan daun bawang yang sangat haru. Dan juga jangan lupa untuk menambahkan sambal cabe hijau yang tersedia di meja makan. Membuat rasanya menjadi asam pedas hingga membuat sup dagingnya semakin sedap dan membuat keringat bercucuran. Makanan ini juga tidak kalah The Best dengan Sup iga sumsum. Sop daging sapi ini berkisar harga 15.000 / porsi.

3. Gulai Ikan Sale

Sumber Gambar : Agenda Indonesia

Gulai Ikan Sale terbuat dari ikan yang diasapkan. Karena dengan cara pengasapan ini, membuat ikan menjadi lebih awet dan tahan lama. Meskipun cara pengawetannya dengan diasapi, rasa ikannya menjadi tambah nikmat dan tidak berbau sangit. Ikan yang digunakan adalah ikan lele. Ikan lele ini diasapi lalu dimasak dan dibagian kepalanya dibelah menjadi dua agar bumbu bisa terserap hingga kedalam. Rasa gulai ikan sale sedikit pedas dan rasanya pun pas dengan bumbu tradisional yang menjadi ciri khas dari gulai ikan tersebut. Gulai ikan sale dilengkapi dengan beberapa potongan kentang.

4. Arsik Ikan Mas

Sumber Gambar : @Indonesianmedanfood

Arsik ikan mas Sipirok adalah salah satu menu andalan juga dari Rumah Makan Sipirok Medan. Makanan ini dikenal juga dengan nama ikan mas bumbu kuning dengan penyiapannya tidak dibuang sisiknya. Makanan ini adalah olahan ikan mas yang digoring kering dan disiram dengan kuah pedas yang kaya dengan rempah – rempah bumbu khas Tapanuli Selatan yang mengandung beberapa komponen khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara seperti kamuliman dan asam cikala (buah kecombrang), dan juga memakai bahan seperti lengkuas dan serai.

5. Sambal Pati ‘Udang Kecepe’

Sumber Gambar : Instagram @Ekko_lo

Makanan satu ini disajikan dengan sederhana yaitu sambal pati udang kecepe. Sambal pati ini diolah dengan udang kecepe atau biasa disebut udang rebon dengan cabe dan bawang merah serta bumbu rempah yang secukupnya sehingga udang akan terasa lebih renyah dan enak.

6. Daging Bakar Sambal Asam

Sumber Gambar : Google Maps @Andry Triyanto

Daging bakar khas Tapanuli Selatan ini memiliki potongan daging yang sangat mungil. Makanan ini sangatlah mirip dengan dendeng balado yang biasa disajikan di rumah makan Padang. Bahan olahan untuk daging bakar ini adalah potongan kecil daging kerbau atau sapi yang dibaluri dengan saus sambal asam dari perasan jeruk nipis  dan sedikit dengan potongan bawang merah, sedangkan sambalnya sangatlah pedas karena menggunakan cabe rawit asal daerah Sipirok sana. Dalam proses pengolahannya daging sapi yang diambil hanyalah daging bagian dalam saja seperti dipinggul dan paha dan ini di bakar terlebih dahulu baru dikukus. Menurut pasangan ini, salam sehari rumah makan sipirok butuh daging kerbau berkisar dari 75 – 90 kg daging.  Harga seporsinya tidaklah mahal hanya RP. 20.000,- saja.

Tergiur bukan? Cusss langsung kunjungi Rumah Makan Sipirok. Bila sahabat Wisato ingin mencicipi lezatnya menu di atas, disarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini terlalu malam, karena Rumah makan Sipirok memiliki jam operasional yang sangat singkat yaitu dari jam 10 siang hingga jam 4 sore.