OUR NETWORK

Melihat Keindahan Gunung Merbabu Dari Jalur Pendakian Via Suwanting

Sumber Gambar: muhiga.wordpress.com

Pendakian Gunung Merbabu memang memiliki banyak jalur. Gunung dengan ketinggian 3142 ini setidaknya ada 5 jalur yang bisa kamu lalui. Dimana, salah satunya melalui Suwanting. Ada yang unik di jalur ini. Dimana, tahun 1998 sampai 2015 jalur ini ditutup. Kemudian di buka kembali.

Oleh karena itu, kami ingin mencoba jalur swanthing yang konon mempunyai jalur dan juga pemandangan yang mengesankan. Titik pendakian dari arah Magelang ini menjadi salah satu titik pendakian favorit para pendaki. Bagaimana trek dan pemandangannya, mari kita lanjutkan mendaki.

Menuju ke Basecamp Suwanting

Basecamp Suwanting terletak di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Menuju ke lokasi ini kamu bisa memulainya dari terminal Yogyakarta menuju ke Muntilan terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa mencari kendaraan menuju ke arah kopeng, ke pendakian merbabu via Suwanting. Sudah banyak papan petunjuk yang bisa kamu jadikan petunjuk arah.

Sumber Gambar: ohgunung.blogspot.com

Untuk harga simaksi yang harus kamu bayar adalah 15 ribu rupiah per pendaki dan 5 ribu rupiah per kendaraan. Nah, untuk bisa naik keatas kamu harus mengisi beberapa dokumen mengenai data pribadi, barang bawaan hingga data rombongan. Bagi yang membutuhkan porter, kamu bisa menyewanya dengan harga mulai dari 300 ribu saja.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Menuju pos 1, lebih disarankan untuk menggunakan ojek dengan harga 10 ribu rupiah. Karena, kamu akan melewati ladang warga. Dengan ojek, kamu bisa menghemat tenaga dan waktu pendakian. Menuju ke Pos 2, kamu membutuhkan waktu 2 jam 40 menit. Pesona pepohonan cemara harus kamu lalui.

Di hutan ini, kamu bisa melihat aktifitas burung elang, kera, dan lutung yang sedang bergelantungan. Di pos ini, kamu bisa mendapatkan air, karena terdapat sumber yang sudah disambungkan dengan pipa air. Menuju ke Pos 3, perjalanan sudah cukup landai, dimana kamu membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Menuju ke Pos 3, kamu bisa melihat sumber mata air yang dimasukkan ke dalam sebuah gentong. Kamu bisa mengambil air secukupnya. Perlu diketahui, bahwa perjalanan via Suwanting ini menjadi surganya air di merbabu.

Menuju ke Sabana 1, Sabana 2, dan Puncak

Di pos 3 adalah sebuah tanah lapang yang cukup luas. Disini merupakan titik pertemuan antara jalur selo, dan gancik. Kamu bisa mendirikan tenda disini. Melihat pemandangan Gunung merapi yang tampak indah dan mengesankan. Biasanya para pendaki akan beristirahat lama sebelum mendaki menuju ke Sabana 1.

Jalur Sabana 1 sudah terlihat dengan sudut kemiringannya yang sangat tajam. Perlu asupan gizi yang cukup untuk bisa naik kesana. Beberapa pendaki ada yang lebih memilih menginap di sini. Karena, kawasan ini kamu bisa melihat pesona kota Magelang dan Salatiga dengan lampu-lampu yang memukau mata.

Sumber Gambar: whisnustarfruit.wordpress.com

Bila ingin summit attack kamu bisa memulainya pukul 1 pagi. Menuju ke atas di sabana 1 dan 2, memang tidak mudah, sudah disiapkan tali weibing untuk kamu bisa naik keatas. Perjalanan yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke sabana 2 kurang lebih 2 jam 30 menit.

Dari sini, menuju ke puncak masih harus melwati tanjakan dengan sudut kemiringan yang sama, tanpa tali webing sama sekali. Jadi, kamu bisa memanjat bebatuan dan pilihlah jalur yang benar. Di sini menuju ke atas memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 20 menit. Karena, kamu harus memilih jalan yang benar-benar tepat.

Sumber Gambar: viapendaki.com

Sebelum sampai ke puncak, kamu bisa akan disuguhkan dengan jalur yang lebarnya hanya satu meter dan jurang yang siap membawamu sampai ke dasar bila tidak berhati-hati. Udara dingin karena angin yang berhembus terasa menyulitkan.

Kamu akan mencapai persimpangan dimana belok kiri menuju ke Puncak Trianggulasi, dan ke kanan menuju ke Puncak Kentengsongo. Keduanya menyajikan panorama yang tidak kalah mengesankannya. Kamu harus mencoba untuk mendaki ke dua tempat tersebut.

Kesimpulan

Perjalanan ke Puncak Merbabu melalui Suwanting memang sangat mengesankan. Dimana, banyak sumber air yang bisa kamu manfaatkan. Lumayan bukan, tidak harus membawa air yang banyak. Sehingga, beban yang kamu bawa juga tidak berat. Karena, semakin berat beban, semakin lama waktu kamu menuju ke atas. Jadi, sudah siap mendaki merbabu via Suwanting?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…