in

Melihat Keindahan Indonesia Dari Puncak Gunung Ciremai Via Apuy

Sumber Gambar: Google Maps @cocoret pensil

Gunung Ciremai menjadi salah satu Gunung yang mengesankan untuk didaki. Dimana, ketinggiannya mencapai 3078 mdpl. Ada 4 titik pendakian yang bisa kamu tempuh. Kali ini, kamu mencoba untuk melaluinya dari Kampung Apuy yang menjadi titik favorit para pendaki.

Sumber Gambar: infopendaki.com

Tetapi, satu hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mendaki Gunung ini adalah Fisik. Karena, dijamin lutut kamu akan lemas hingga menuju puncak. Penasaran, tantangan apa saja yang akan kamu dapatkan di jalur ini? Mari kita lanjutkan pendakiannya di bawah ini. Jangan lupa olahraga dahulu sebelum membacanya,

Menuju ke Basecamp

Gunung Ciremai Via Apuy terletak di kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. menuju ke pos ini kamu bisa naik bus yang menuju ke arah cirebon dan turun di lampu merah Palimanan. Kemudian naik elf dan turun di lampu merah Kadipaten, lanjutkan kembali naik elf dan turun di terminal Maja.

Dari sini, menuju ke Basecamp kamu bisa naik ojek dengan harga 60 ribu rupiah. Atau mobil bak terbuka dengan harga 600 ribu untuk 10 orang dan itu sudah pulang pergi. Sesampainya di basecamp kamu akan ditarik biaya simaksi sebesar 50 ribu rupiah. Tidak hanya mendapatkan tiket masuk saja, kamu juga akan mendapatkan makanan, minuman, serta sertifikat. Bahwa kamu sudah pernah naik ke Gunung Ciremai.

Menuju Pos 1, 2, dan 3

Sumber Gambar: Instagram @zona.mountain

Menuju Pos 1 kamu belum mendapatkan kendala yang berarti karena jalannya masih landai, sehingga waktu yang diperlukan hanya 30 menit. Di sana, kamu bisa mendapati sebuah pos yang ada tempat untuk berteduh, Jadi, bila hujan kamu bisa berteduh sejenak di tempat ini.

Menuju ke Pos 2 kurang lebih membutuhkan waktu 50 menit. Biasanya di Pos ini banyak wisatawan yang sudah mulai lapar dan membuka nasi bungkus mereka. Atau perbekalan. naik ke Pos 3, jalan sedikit menanjak, yang membuat kamu harus mengeluarkan tenaga.

Menuju ke Pos 4, 5, dan 6

Dari Pos 3 ke Pos 4 kamu sudah disajikan dengan tanjakan hanya saja, masih cukup ramah. Dengan waktu 50 menit kamu sudah sampai. Berbeda halnya menuju ke Pos 5, kamu akan disuguhkan dengan tanjakan yang luar biasa. Akar-akar pohon tampak menghalangi langkahmu untuk jalan. Banyak juga pepohonan yang tumbang yang membuat kamu harus berjalan merangkak atau melompatinya.

Sumber Gambar: Google Maps @Aka Rifqul Maula

Biasanya, banyak pendaki yang memilih menginap di Pos ini. Tempatnya cukup luas untuk 10 tenda pun cukup. nah, bagi kamu yang ingin summit attack, kamu harus berangkat setidaknya pukul 1 pagi. Karena, setelah ini perjalanan ke atas tidak mudah.

Menuju ke Pos 6 kamu akan disambut dengan jalan bebatuan besar yang membuat kamu harus merangkak. Disinilah kamu akan bertemu dengan pendaki yang melalui jalur Palutungan. Di pos 6, kamu akan menemukan sebuah Gua yang terkenal dengan sebutan Goa Walet.

Menuju Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Gabriel Gurning

Jalur menuju puncak juga tidak kalah melelahkannya, setelah menempuh waktu 2 jam menuju pos 6, kamu juga akan menempuh waktu yang sama. Sehingga, setidaknya kamu akan tiba pukul 5.30 pagi. tetapi, satu yang harus kamu perhatikan adalah kadar oksigen yang sangat tipis.

Sumber Gambar: Google Maps @ Ditya Aulia Pramesti

Jadi, kamu harus benar-benar mengatur nafas dengan baik jika tidak ingin kehabisan oksigen. Selain itu, udara dingin semakin mengancam. Jadi, pintar-pintar untuk mengaturnya ya. Karena, sampai di puncak kamu seperti berada di negeri diatas awan. Seperti berada di atas sebuah mimpi, mampu berjuang sampai di puncak.

Kesimpulan

Waktu tempuh menuju ke atas kurang lebih 10 jam hingga 12 jam. Jadi, persiapkan benar ketahan fisik dan perbekalan terutama soal air minum. Selain itu, perhatikan juga alas kaki yang kamu bawa. Usahakan menggunakan sepatu gunung dengan kualitas yang bagus.

Untuk waktu tempuh saat menuruni puncak gunung kurang lebih 6 jam sampai 8 jam. Kamu juga harus berhati-hati karena, kecepatan turun yang tidak terkendali bisa membuatmu terjatuh dan terpeleset. Apalagi kalau tanahnya licin dan habis hujan. Bisa dipastikan kamu akan jatuh dan rasanya pasti tidak akan bisa kamu lupakan. Jadi, sudah siap menuju ke atas puncak Ciremai?