OUR NETWORK

Melihat Keindahan Wonogiri Dari Puncak Gunung Besek

Sumber Gambar: gunung.id

Menikmati keindahan sebuah Gunung bagi sebagian wisatawan memang menyenangkan. Perlu diakui bahwa pemandangan dari atas puncak memang tampak mengesankan. Salah satu buktinya adalah Gunung Besek yang berada di Wonogiri. Ketinggiannya hanya 850 Mdpl saja, sehingga cocok bagi kamu para pemula yang ingin mencoba mendaki ke atas.

Walaupun, tidak setinggi Gunung Lawu, tempat ini tetap menawarkan adrenalin yang lebih menggoda. Treknya begitu mengesankan dan lebih mampu membuat jantung kamu berdebar kencang. Penasaran dengan Puncak Gunung Besek? Mari kita lanjutkan pendakiannya di bawah ini.

Menuju Bascamp Gunung Besek

Sumber Gambar: inibaru.id

Gunung Besek sendiri terletak di Dusun Bugelan, Desa Plosorejo, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Menuju ke titik pendakian kamu bisa masuk terlebih dahulu ke Solo. dari sini, lebih disaranakan untuk menggunakan mobil carteran dengan harga mulai 600 ribu sampai 800 ribu.

Bila ingin lebih hemat lagi, kamu bisa naik bus menuju ke Terminal Wonogiri. Setelah itu, carilah angkot atau mobil yang bisa mengantarkan kamu menuju ke sana. Untuk harganya bisa muali dari 250 ribu sampai 400 ribu. Sedangkan harga bus Solo – Wonogiri mulai dari 20 ribu sampai 50 ribu rupiah saja.

Sumber Gambar: paperkampung.com

Bagi kamu yang memilih naik kendaraan, kamu bisa memulai dari Solo menuju ke Sukoharjo masuk ke Wonogiri. Kemudian, ambil jalur menuju ke Purwantoro. Sesampainya di Kecamatan Kismantoro kamu harus berhati-hati karena jalanannya sudah mulai menanjak dan berkelok-kelok.

Menariknya, mendaki Gunung Besek adalah kamu tidak akan dikenakan biaya simaksi. Hanya saja, tetap dikenakan biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk motor dan 20 ribu rupiah bagi yang membawa mobil.

Jalur Pendakian

Jalur pendakia Gunung Besek membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit. Jalur pendakian menuju ke atas pun sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, bebatuan yang cukup besar membuat tenaga dan fisikmu benar-benar diuji. Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena, diatas dan sepanjang perjalanan kamu tidak akan menemukan warung.

Salah satu kendala terbesar dari Jalur pendakian ini adalah kondisinya yang sangat panas dan tandus. Hal ini memicu rasa haus yang sedikit berlebihan. Apalagi, bila kamu berkunjung pada saat musim kemarau. Rasanya, sinar matahari ada di depan kepala kamu lho.

Sumber Gambar: travel.okezone.com

Bila datang di musim penghujan, juga tidak terhindar dari kesulitan. Jalurnya menjadi licin, apalagi bila kamu sudah hampir sampai di puncak karena didominasi dengan bebatuan. Jalurnya cukup sempit dan kanan kiri kamu adalah Jurang yang menganga. Salah langkah kamu bisa terjatuh ke bawah.

Menariknya, mendaki di musim penghujan. Kamu bisa melihat pepohonan hijau di sana-sini. Kesan Tandus akan hilang seketika. Perlu diketahui bahwa puncaknya terdapat tiga bagian Selatan, Tengah, dan Utara

Pesona Puncak

Sumber Gambar: gunung.id

Hal lain yang harus kamu perhatikan di puncak Gunung Besek adalah angin yang berhembus. Kadang sangat kencang yang bisa membuat keseimbangan kamu goyah. Tempat terbaik untuk menikmati Gunung Besek adalah di tebing batu yang sedikit menjorok ke luar.

Dari sini, bila dimusim kemarau kamu bisa melihat Panorama seperti padang savana yang ada di Afrika. Tanah tandusnya, mampu menghadirkan pesona yang berbeda bila dilihat dari atas. Bila kamu datang saat musim penghujan, kamu bisa melihat perbukitan yang menawan.

Sumber Gambar: notobudiyanto.blogspot.com

Gundukan-Gundukan bagaikan pesona jajaran pegunungan yang mengesankan bisa kamu lihat dari sini. Tempat ini, bisa juga untuk melihat sunrise dan sunset lho. Dimana, kamu juga bisa mendirikan tenda disini. Hanya saja, jangan di puncaknya ya. Akan sangat berbahaya.

Carilah tempat yang sedikit datar. Walaupun, di sini memang agak susah mencarinya. Disarankan jangan menghidupkan api unggun bila kamu camping di musim kemarau. Karena, bisa dengan mudah terbakar. Untuk summit kamu bisa memulainya sekitar pukul 5 pagi. Detik-detik sebelum sang fajar terbit, menjadi momen terindah disini lho, jadi jangan sampai terlewatkan.

Kesimpulan

Gunung Besek memang tidak terlalu tinggi. Tetapi, keindahan yang ditawarkan membuat kamu yang baru belajar mendaki rasanya, tidak salah mencoba tempat ini. Tetap hati-hati dan jangan buang sampah semabarangan ya. Jadi, kapan kamu mau mencoba mendaki Gunung Besek? Pemandangannya bisa membuat kamu lupa diri lho.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…