in

Mengenal Danau Riak

Sumber Gambar: Google Maps @estri wulandari

liburan paling enaknya kemana ya? Karena cuaca lagi panas – panasnya mungkin paling enak main air, tapi kalau ke kolam renang males nih, banyak orang jadi tidak bisa renang bebas dan hanya dapat berendam. Laut? Sepertinya bagus bisa makan ikan dan hasil laut segar tapi kadang anginnya terlalu kencang. Berarti pilihan terbaik adalah danau! Yuk kita ke Danau Riak di Jambi.

Bagi yang tidak tau Danau Riak ini terletak di Dusun Trimakmur Desa Cermin Alam Kecamatan VII Koto ilir. Danau Riak ini memiliki lebar kurang lebih 150 meter dengan kedalaman sekitar 10 meter. Danau Riak memiliki permukaan air yang cukup jernih, selain itu banyak tumbuhan air yang tumbuh menghiasi di tengah danau dan banyak juga terdapat di sekitar danau. Danau ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang tumbuh subur menghijau, menambah indahnya pemandangan disekitar danau.

Saat berada di sini kalian mungkin akan merasa dibawa kedalam alam lain, dengan suasana yang tenang bagi kalian yang lelah dengan kebisingan dan kesibukan perkotaan dan menginginkan suasana damai dan tenang untuk menyegarkan pikiran serta jiwa kalian. Kalian bisa bersantai dengan duduk santai di sekitar Danau Riak, hanya duduk sambil menikmati pemandangan maupun duduk sambil membaca atau mungkin mendengarkan lagu atau sambil menikmati makanan apapun dapat kalian lakukan untuk menikmati pemandangan asri dan hijau menenangkan yang disuguhkan oleh Danau Riak.

Sumber Gambar: Google Maps @Ruli Nere

Sayangnya walaupun Danau Riak memiliki pemandangan alam yang indah, tempat ini tidak banyak mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah akibat terbentur pada kurangnya biaya yang dapat digunakan untuk membangun tempat ini. Alhasil saat ini tidak banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan Danau Riak.

Padahal menurut warga sekitar dulu Danau Riak pernah menjadi salah satu tempat wisata yang populer sehingga saat liburan, baik saat masa liburan sekolah maupun liburan hari besar Danau Riak selalu penuh dengan wisatawan yang datang berkunjung dengan keluarga, teman, maupun pacar. Ditambah lagi dulu di danau ini juga banyak diadakan lomba di Danau Riak. Misalnya lomba pacu perahu dan lomba – lomba air lainnya.

Sumber Gambar: Google Maps @Ruli Nere

Selain itu dulu Danau Riak juga digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu mata pencaharian dengan cara memancing ikan. Tapi itupun sudah tidak dilakukan lagi sekarang dan sudah ditinggalkan.

Penulis sangat menyayangkan hal tersebut, karena Danau Riak memiliki potensi wisata yang sangat bagus, mengingat Danau Riak dulunya pernah menjadi salah satu tempat tujuan wisata bagi warga. Dan para wisatawan yang datang tidak hanya dari mereka yang tinggal dekat dengan Danau Riak saja, tapi juga mereka yang datang dari luar kota untuk menikmati pemandangan dari Danau Riak.

Sumber Gambar: Google Maps @estri wulandari

Bagi kalian yang menjadi ragu untuk berkunjung ke Danau Riak setelah mendengar hal tersebut. Tidak perlu khawatir, karena walaupun Danau Riak tidak sepopuler dulu tempat ini masih memiliki pemandangan yang indah saat Danau Riak masih menjadi tempat tujuan utama para wisatawan. Malah bisa dikatakan tempat ini memiliki pesona lain yang tidak dimiliki oleh tempat lain yang penuh sesak dengan wisatawan. Secara pribadi penulis merasa ada aura ketenangan dan melankolis yang dapat dirasakan di tempat ini. Mungkin karena tidak banyaknya manusia yang datang menyebabkan tempat ini kembali kepada kondisinya yang semula sebelum tangan manusia mulai merubah Danau Riak menjadi suatu tempat yang kita inginkan.

Sumber Gambar: Google Maps @Ruli Nere

Bisa dikatakan walaupun menyedihkan karena Danau Riak seperti sudah dilupakan tapi kita masih bisa merasakan ketenangan dan keindahan Danau Riak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jadi penulis merasa tidak ada ruginya untuk datang dan menikmati langsung pesona Danau Riak dan kalian bisa memutuskan sendiri apakah tempat ini memang pantas memiliki kesempatan kedua untuk dikenal kembali sebagai salah satu tujuan wisata, ataukah tempat ini hanya akan selamanya menjadi salah satu tempat dengan potensi yang tidak akan pernah dikembangkan dan pada akhirnya terlupakan keberadaannya seiring dengan berjalannya waktu.

Penulis rasa sampai disini dulu perkenalan dengan Danau Riak semoga kalian menjadi tertarik atau paling tidak lebih mengenal Danau Riak dari pada sebelum membaca tulisan ini.