OUR NETWORK

Replika Kota Betlehem, Tempat Terbaik beribadah Sekaligus Melihat Panorama Kota Maumere

Sumber Gambar: Google Maps @Bersa Marselin

Bagi umat kristiani, mengunjungi kota Betlehem adalah sebuah kewajiban walau hanya sekali dalam seumur hidup. Tetapi, bagi yang tidak bisa pergi ke sana, tidak usah takut atau murung. Karena, di Maumere, ada sebuah kawasan wisata yang menjadi replika kota Betlehem.

Walaupun, berbeda dengan suasana dan atmosfer aslinya. Namun, kamu sudah bisa merasakan bagaimana sudut kota ini. Hanya saja, replika disini tidak menggambarkan kota ini seutuhnya. Tetapi, tetap menarik untuk dikunjungi. Karena, banyak spot instagramable yang bisa diambil disini.

Mengenal Replika Kota Betlehem

Replika Kota Betlehem menjadi tempat yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh peziarah dan wisatawan setiap tahunnya. Karena, di bulan Mei kawasan ini akan mengadakan peringatan yang dinamakan Bulan Maria. Tidak hanya dari Flores dan Nusa Tenggara Timur saja. Tetapi, dari berbagai provinsi pun menyempatkan pergi ke sini.

Daya Tarik

Sumber Gambar: Google Maps @Dhede ShyiL

Jarak 300 meter dari pintu gerbang kamu sudah disuguhkan dengan Patung yang cukup besar dengan tekstur sedikit kasar. Tingginya mencapai 2 meter dengan warna keabu-abuan. Mereka menyebutnya sebagai Yohanes Pembaptis. 

Tidak jauh dari dari tempat ini kamu bisa melihat patung lainnya yaitu dua wajah yang saling berhadapan. Disebut dengan Maria berhadapan Elisabeth. dan bersebelahan dengan Gereja Yohanes Pembaptis yang berarsitektur kubah.

Berjalan 100 meter kamu akan menemukan patung maria yang menerima kabar gembira dari malaikat Gabriel serta rumah retret. Lalu, kamu akan menemukan sebuah area parkir yang luas.

Sumber Gambar: Google Maps @kelvin Kleden

Kawasan ini berada di ketinggian yang membuat kamu bisa melihat betapa indahnya laut Maumere. Dimana, sekelilingnya kamu bisa melihat pepohonan hijau yang rindang. Tampak asri dan sejuk sekali di mata. Rasanya, enggan untuk segera beranjak dari tempat ini.

Untuk mencapai kawasan utamanya, kamu harus naik kurang lebih 100 anak tangga. Agar bisa sampai di puncaknya. Sebelum memulai pendakian  kamu bisa melihat Gereja Padang Gembala yang terdapat tiga buah patung. Ada pula Patung malaikat Gabriel yang berdiri di samping anak tangga.

Replika Kota Betlehem Utama

Sesampainya di atas, kamu bisa melihat keindahan yang menakjubkan hamparan hijau dengan dua pohon beringin tua menjulang. Kalau dilihat mungkin, usianya sudah ada ratusan atau bahkan sudah mencapai ribuan tahun. Kamu masih akan disuguhkan dengan 3 buah patung yaitu kelahiran yesus, bayi Yesus yang didampingi oleh Maria dan Yosef.

Sumber Gambar: Google Maps @kelvin Kleden

Kemudian, ada lagi Gereja kelahiran Yesus dan gereja Susu. Ada juga pelataran misa yang biasanya digunakan. Semilir angin sepoi-sepoi menjadi salah satu sajian yang membuat imanmu semakin bertambah dan rasa syukur semakin kuat.

Sumber Gambar: Google Maps @Steady Mario

Bagi kamu yang ingin melihat keindahan Kota Maumere, tidak ada salahnya untuk naik ke lantai dua Gereja kelahiran Yesus dan Gereja Susu. Panorama kota ini benar-benar akan tersaji di depan mata. Sungguh keindahan yang tidak akan terbantahkan oleh apapun juga. 

Cara Menuju ke Lokasi

Objek wisata ini terletak di Kampung Kloang Bloa, Desa Daleng, Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kamu bisa memanfaatkan penerbangan dari Jakarta menuju ke Maumere dengan waktu tempuh 4 jam 25 menit. Transit 1 kali di Denpasar selama 30 menit.

Setelah tiba di kota Maumere kamu bisa melewati Jl. Moan Subu Sadipun menuju ke Lingkar kota Maumere. Ambil jalan terus ke selatan Dengan jarak tempuhnya mencapai 15 kilometer. Jalanan menuju ke objek wisata sudah beraspal mulus sehingga, tidak usah ragu untuk berkunjung ke sini.

Setibanya di Gereja Paroki Roh Kudus Nelle, ambil jalan ke kanan. Ikuti Jalan beraspal. Dimana, rute ini lebih mempersingkat waktu kamu sampai ke titik lokasi lho. Sebenarnya, dari Gereja kamu bisa ambil jalan lurus saja. Kurang lebih 2 km akan sampai.

Hanya saja, kontur jalan yang masih berupa semen membuat tidak nyaman berkendara. Apalagi, bagi mobil yang memang kurang fit, tidak terlalu bagus melewati jalan ini.

Kesimpulan

Replika Kota Betlehem menjadi sebuah kawasan religi umat kristiani yang tidak boleh kamu lewatkan. Keindahannya membuat kamu tidak boleh membawa foto. Hanya saja, jangan mengganggu bila sedang ada ibadah ya. Jadi, kapan kamu bisa menikmati semua sajian ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…