in

Mengenal Jembatan Batanghari II yang Populer di Jambi

Sumber Gambar: Youtube @ hamzah fansuri

Bicara tentang jembatan di Jambi disana ada empat jembatan yang sangat populer dan sering di kunjungi oleh warga Jambi, yakni Jembatan Gentala Arasy,Jembatan Batanghari I,Jembatan Beatrix Sarolangun dan Jembatan Batanghari II. Untuk kali ini saya akan membahas salah satu jembatan populer di Jambi tersebut yaitu Jembatan Batanghari II.

Tujuan utama dari pembangunan Jembatan Batanghari II ini tentu saja untuk mempersingkat waktu tempuh dari kota Jambi ke wilayah sekitarnya, contohnya jarak tempuh dari Jambi ke Pelabuhan Muara Sabak semula 131,99 kilometer menjadi 61,86 kilometer. Sebagai jembatan alternatif yang menghubungkan jalur lintas timur di Kota Jambi sehingga membantu dalam pengiriman barang dan pelayanan jasa agar tepat dan efisien. Menurut Bernhard Panjaitan, MM Kepala Sub Dinas Praswil dan Tata Ruang Provinsi Jambi pembangunan Jembatan Batanghari II ini menelan biaya kurang lebih 125 milyar rupiah dari APBN,APBD Provinsi,APBD Kota Jambi, APBD Muara Jambi dan APBD Tanjab Timur selama tiga tahun anggaran yakni tahun 2003,2004 dan 2005.

Sumber Gambar: mapio.net

Jembatan Batanghari II ini memiliki panjang 1.400 meter dan lebar 9 meter dibangun selama delapan tahun sejak tahun 2002 dan selesai tahun 2010 jembatan ini berlokasi di Jalan Jembatan Batanghari II , Tj.Johor, Palayangan, Kota Jambi. Jembatan Batanghari II ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 21 menit dari pusat kota Jambi dengan jarak sekitar 8,9 kilometer. Dari Jambi ambil arah utara melewati jalan H.Moh Bafadhal lalu ke jalan Makalam Belok kiri ke jalan Gatot Subroto lurus di Jalan Veteran belok kiri ke jalan Doktor Wahidin lanjut ambil kanan ke Jalan Raden Pamuk setelah itu ambil jalur sebelah kiri dan tetap di jalan Raden Pamuk dilanjut belok kiri ke Jalan Raden Fatah lalu tinggal lurus sekitar 1 kilometer dan anda telah sampai di Jembatan Batanghari II.

Sumber Gambar: buzzerbeezz.com

Tips untuk anda yang ingin berkunjung dan berswafoto di Jembatan Batanghari II ini bisa datang diwaktu sore hari menikmati pemandangan sungai batanghari yang dikenal sebagai sungai terpanjang di sumatera sambil menunggu waktu matahari terbenam yang indah. Anda yang sedang nongkrong dan bersantai dengan teman, keluarga maupun pasangan juga akan dimanjakan dengan beberapa pedagang yang menjajakan dagangannya dipinggir Jembatan Batanghari II. Yakni mulai dari bakso bakar, es tebu, sosis goreng dan lain-lain jadi tidak perlu repot membawa bekal makanan ataupun minuman lagi. Walaupun keberadaan para pedagang ini sangat membantu untuk para pengunjung namun keberadaan penjual ini juga terkadang membuat jalan disekitar jembatan menjadi macet, semoga ada perhatian dari dinas terkait agar bisa menyelesaikan masalah ini supaya pengunjung, para pedagang dan pengguna jembatan Batanghari II ini sama-sama tidak dirugikan.

Sumber Gambar: jambiupdate.co

Perlu diketahui juga ada berita bahwa telah terjadi pencurian disekitar Jembatan Batanghari II ini yakni empat tiang penyangga jembatan yang dipotong masing-masing dengan panjang 1,2 meter, diameter 40 centimeter dan tebal 10 milimeter. Keberadaan tiang-tiang tersebut dianggap sangat penting karena terletak ditengah jembatan, akibat pencurian yang diduga dilakukan oleh warga itu juga menyebabkan jembatan Batanghari II ini menjadi rawan untuk dilewati dan tidak dapat dilintasi oleh kendaraan terutama kendaraan berat yang membawa barang. Padahal tiang-tiang tersebut telah disemen beton, rupanya para pelaku melancarkan aksinya dengan cara memotong tiang penyangga menggunakan las lalu membuka besinya, setelah pencurian tersebut juga pelaku membiarkan semen beton tersebut tanpa besi baja sehingga menyebabkan Jembatan Batanghari II tersebut rawan ambruk, sayang sekali ya.

Jembatan yang memberikan banyak manfaat dan juga memiliki potensi wisata yang menarik bagi para pengunjung dirusak oleh beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang mencuri beberapa bagian dari jembatan tersebut bukankah sudah seharusnya kita yang telah diberikan fasilitas jalan alternatif untuk mempermudah warga dalam urusan transportasi oleh pemerintah ini menjaga dan merawat Jembatan Batanghari II ini minimal dengan tidak merusaknnya.

Sekian pembahasan mengenai Jembatan Batanghari II yang menjadi ikon kebanggaan di Jambi ini, Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke jembatan Batanghari II ini? Jangan lupa berkunjung ya kalau ada kesempatan jalan-jalan ke Jambi dan selalu perhatikan keamanan dan keselamatan teman,keluarga ataupun pasangan saat mengunjungi jembatan menarik ini, semoga info ini bermanfaat untuk anda.