in

Bersantai di Hutan Pule Lampung Timur dan kenali segudang manfaatnya

Sumber Gambar: Instagram @tourism_lampung

 

Bosan dengan liburan ke tempat hiburan modern seperti mall, arena wahana bermain, karaoke atau ke kolam renang umum mungkin tujuan wisata satu ini bisa menjadi pilihan tujuan liburan kamu. Jika kalian mencari suasana berbeda dengan mengutamakan tempat yang nyaman, sejuk, dan asri seperti di lokasi wisata satu ini, yaitu di Hutan Pule Lampung Timur. Walaupun lokasi wisata Hutan Pule ini terkenal baru, namun jangan sampai terlewat untuk dikunjungi lho, melihat pemandangan pohon pule yang menjulang tinggi dan hawa sejuknya pasti akan membuat kamu semakin betah bersantai di Hutan Pule. Bahkan bisa saja membuat kamu rindu berkunjung lagi untuk yang sudah mengunjungi wisata Hutan Pule, ditambah tempat ini juga terdapat spot foto yang bagus sekali untuk background foto kamu agar semakin keren.

Mengenal Pohon Pule

Pohon yang ditanami juga di wilayah selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta ini memiliki nama latin Alstonia Scholaris yang disebut juga Pulai dan pada umumnya tumbuh di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra yang daerahnya memiliki suhu rata-rata 12-32 derajat celcius per tahun, pohon pule ini memiliki ciri daun yang hijau mengkilat, rimbun, dan daunnya melebar ke samping sehingga cocok dan sering digunakan dilahan untuk tujuan penghijauan.

Sumber Gambar: tagar.id

Pohon yang mampu tumbuh setinggi 40 meter ini memiliki bentuk daun menjari, biasanya bunga dari pohon pule ini yang berwarna putih kekuningan mekar di bulan oktober dan dari bunga pohon pule ini bisa menghasilkan minyak esensial dengan aroma terapi, dari kulit pohon pule ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami yang menghasilkan warna kuning natural.

Sumber Gambar: Instagram @selampung

Kayu yang dihasilkan pohon pule ini tidak terlalu keras dan kurang disukai dipakai untuk bahan bangunan karena kayunya yang mudah melengkung jika dalam keadaan lembab namun dengan karakteristik tersebut kayu dari pohon pule ini sangat bagus digunakan untuk pembuatan perkakas rumah tangga, mainan anak-anak, papan gambar, serta kerajinan tangan seperti ukiran dan patung khusus di Jawa Timur pembuatan topeng untu kebutuhan acara kebudayaan seperti topeng panji, topeng bantengan, topeng barongan, dan lain sebagainya yang berbahan dasar dari kayu pohon pule dipercaya akan mempermudah para pemain atraksi untuk kerasukan agar melancarkan aksi mereka yang dinal cukup berbahaya seperti atraksi ilmu kebal.

Sumber Gambar: Instagram @tourism_lampung

Selain dimanfaatkan untuk penghijauan suatu daerah, pohon pule ini juga memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan, karena mengandung zat berkhasiat yang dapat digunakan sebagai obat herbal alami, zat yang terkandung didalamnya meliputi Alkaloida, Ekitamina, Ekitanina, Alsonina, Akiserina, Ekitina, Ekiretina, Ditamina, Ekitamidina dan Ekiteina yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit contoh pemanfaatannya dari kulit pohon pule yang direbus bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokkan, mengatasi haid yang tidak teratur, obat diare dan untuk daunnya lebih banyak lagi khasiatnya seperti obat demam, darah tinggi, dan diabetes.

Adapula cerita mitos bila menanam pohon pule ini yang dipercaya oleh sebagian orang dapat menolak energi negatif di dalam maupun di halaman rumah selain itu, pohon pule ini juga bisa mengobati kesurupan dan mengusir roh jahat hanya dengan cara dicambukkan, puas mengenal pohon pule ini yang memiliki segudang manfaat dan menambah informasi apakah membuat kamu semakin ingin berkunjung ke Hutan Pule, Lampung Timur?.

Lokasi

Lokasi dari Hutan Pule Lampung Timur ini, terletak di Kali Bening, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Untuk pencarian alamat mungkin bisa dibantu melalui aplikasi gmaps dengan titik lokasi tujuan ke Kali Bening, jaraknya pun lumayan jika kamu pergi dari Kabupaten Lampung Timur kurang lebih sekitar 51,4 kilometer, atau kamu juga bisa minta bantuan pada pemandu jalan yang hafal daerah tersebut bisa juga dengan bertanya pada warga sekitar.

Tips

Sumber Gambar: Instagram @renggaariesaputra

Persiapan untuk berkunjung ke Hutan Pule, pastikan bawa bekal makanan dan minuman karena fasilitasnya yang belum lengkap, kamera tentunya untuk mengambil foto dengan pemandangan deretan pohon pule yang berjajar rapi, indah dan menarik, bawa juga hammock untuk sekedar bersantai diantara pohon pule yang berhawa sejuk.

Yuk, segera ajak keluara ataupun pasangan ke lokasi wisata Hutan Pule yang terletak di Lampung Timur ini, Jangan lupa untuk masukkan ke dalam list tujuan liburan kamu ya.