in

Mengenal Pulau Panjang Paleleh, Objek Wisata Menarik di Buol

Sumber Gambar: Instagram @ilham_syafaat66

Jika kamu sedang mencari destinasi wisata dalam negeri yang belum banyak didatangi wisatawan, tentu sangat banyak nama-nama daerah yang bisa kamu temukan. Sulawesi Tengah yang memiliki Ibu Kota, Buol, bisa jadi salah satu pilihan untukmu. Mulai dari Pulau Panjang Paleleh sampai pulau-pulau kecil lainnya bisa coba kamu kunjungi.

Mungkin banyak dari kita yang masih kurang familiar dengan nama pulau tersebut. Sebab, daerah Buol sendiri terletak di bagian tengah provinsi yang perairannya berseberangan dengan Negara Filipina. Yuk, kenali pulau kecil yang memiliki banyak spot wisata menarik ini!

Pulau Panjang Paleleh dengan Panorama yang Luar Biasa Cantik

Keindahan alam Tanah Air menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara dan membuat negara ini jadi salah satu negara di Asia Tenggara yang setiap tahunnya didatangi wisatawan terbanyak. Pulau Panjang misalnya, objek wisata satu ini memiliki panorama cantik yang tidak mudah untuk kamu temukan di daerah lainnya.

  • Menikmati Keindahan Lautan dari Atas Puncak

    Sumber Gambar: Instagram @ichsanyunianto

Selain mengunjungi pantai dan bermain air di pulau-pulau sekitar Buol, kamu bisa lengkapi perjalanan dengan mampir ke pulau ini untuk melihat seberapa indahnya lautan di sekitar. Berbeda dari objek wisata lain, kecantikan yang tersaji berupa deretan bukit dan gunung yang bisa kamu daki demi melihat keindahan sesungguhnya dari atas puncak. Sebelum kamu mendapat pemandangan luar biasa, kamu akan lebih dulu disajikan hijaunya perbukitan yang masih sangat alami dan belum alami banyak perubahan karena aktivitas industri.

  • Jalanan yang Cukup Terjal

    Sumber Gambar: Instagram @niyahrmdni_

Perlu kamu pertimbangkan ketika menuju ke pulau ini, jalannya masih belum halus dan tergolong terjal. Dari pusat Kota Buol, kamu harus lebih dulu lakukan perjalanan ke Kecamatan Paleleh yang memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan.

Barulah setelah sampai di Paleleh, kamu bisa menyewa speed boat untuk lanjut menuju Pulau Panjang. Waktu yang kamu perlukan hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja.

  • Terdapat WIsata Kuliner Makanan Laut

Walau di kawasan Pulau Panjang Paleleh tidak banyak berdiri restoran atau warung makan, kamu tetap bisa merasakan hidangan khas dengan cita rasa spesial saat berada di Kecamatan Paleleh. Sebagian besar menu yang tersedia merupakan makanan laut, hasil dari perairan sekitar. Wisata sekitar pantai kalau tidak cicipi hidangan laut tentu akan terasa kurang lengkap, bukan?

  • Panorama Istimewa yang Tak Akan Membuatmu Menyesal

    Sumber Gambar: Instagram @marlinsahabat

Memakan waktu yang tidak sebentar, serta akses jalan yang tidak mulus pasti membuatmu merasa lelah. Namun panorama yang nantinya kamu temui saat berhasil sampai ke puncak bukit tidak akan membuatmu menyesal.

Belum lagi bila kamu datang di saat yang tepat dan bisa dapatkan pemandangan langit indah cerah. Kamu bisa datang saat pagi atau menjelang sore hari untuk mendapat panorama langit yang pas.

Mau Kesana? Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Meski sudah menjadi kawasan wisata, fasilitas yang tersedia belum selengkap tempat-tempat wisata populer lainnya. Jadi kamu pun harus merencanakan perjalananmu ke Pulau Panjang secara matang. Termasuk menyewa kendaraan dan penginapan. Untuk penginapan,  kamu bisa mengambil tempat menginap di Kota Buol seperti hotel, homestay, juga resort.

Sebelum ataupun sesudah mengunjungi Pulau Panjang Paleleh kamu bisa sekaligus datang ke Air Terjun Talokan yang tidak kalah cantik dan sama-sama masih asri. Bagaimana? Sudah masukan pulau ini ke dalam list rencana perjalanan wisatamu berikutnya?