Menikmati Keajaiban Jawa Tengah: 10 Destinasi Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jawa Tengah, tanah yang kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alamnya, menawarkan banyak destinasi wisata yang menakjubkan untuk dinikmati. Dari pegunungan yang mempesona hingga pantai yang menawan, provinsi ini memiliki segala sesuatu yang membuat para pengunjung terpesona. Jika Anda merencanakan liburan di Jawa Tengah, pastikan untuk mencoba pengalaman luar biasa dengan mengunjungi 10 destinasi wisata imperdible berikut ini:

Curug Sikopel, Banjarnegara

Sumber Gambar: Google Maps @Pratama Widodo

Curug Sikopel, terletak di Banjarnegara, Jawa Tengah, adalah sebuah air terjun yang menawan dengan keindahan alam yang luar biasa. Tersembunyi di dalam hutan yang lebat, curug ini menawarkan pengalaman trekking yang mengasyikkan sebelum mencapai lokasi air terjun. Airnya yang jernih dan segar mengalir dari atas tebing setinggi 70 meter, menciptakan kolam alami yang menenangkan hati. Keindahan alam di sekitar air terjun ini menawarkan suasana yang tenang dan damai, cocok untuk melepas penat dan stres. Curug Sikopel menjadi destinasi wisata favorit bagi para pecinta alam dan petualang yang ingin menikmati pesona alam Jawa Tengah yang memukau.

AlamatBabadan, Kec. Pagentan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53455

Watu Meja, Banyumas

Sumber Gambar: Google Maps @Siti Khotimah 12

Watu Meja, terletak di Banyumas, Jawa Tengah, adalah sebuah situs alam yang memukau dengan pemandangan yang menakjubkan. Tempat ini dikenal karena sebuah batu besar yang menyerupai meja besar, yang menjadi daya tarik utama. Terletak di lereng Gunung Slamet, Watu Meja menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan pemandangan pegunungan yang megah. Pengunjung dapat menikmati sensasi berdiri di atas Watu Meja, menikmati angin sepoi-sepoi dan keindahan alam yang menenangkan hati. Lokasi ini sangat cocok untuk para pecinta alam, fotografer, atau mereka yang mencari tempat tenang untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam Jawa Tengah.

AlamatF6J7+9RR, Jl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kec. Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53172

Curug Lojahan, Batang

Sumber Gambar: Google Maps @Musthafa Azzam

Curug Lojahan, terletak di Batang, Jawa Tengah, adalah sebuah air terjun menakjubkan yang mempesona pengunjung dengan keindahan alamnya. Tersembunyi di dalam hutan tropis yang rimbun, perjalanan menuju Curug Lojahan menawarkan petualangan menantang melalui trekking yang menyenangkan. Air terjun setinggi 40 meter ini menghadirkan gemericik air yang menenangkan hati, menciptakan kolam alami yang menyegarkan bagi para pengunjung yang ingin berenang atau sekadar berendam kaki. Dikelilingi oleh kebun teh yang hijau, suasana di sekitar Curug Lojahan sangat damai dan menenangkan, membuatnya menjadi tempat yang ideal bagi para pecinta alam dan pencari ketenangan di Jawa Tengah.

AlamatVR65+HXJ, Area Pegunungan, Kalitengah, Kec. Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51255

New Selo, Boyolali

Sumber Gambar: Google Maps @burung nuri

New Selo, terletak di Boyolali, Jawa Tengah, adalah sebuah desa yang menjadi pintu gerbang menuju Gunung Merbabu, puncak tertinggi di Jawa Tengah. Desa ini menawarkan pengalaman mendalam bagi para pendaki dan pecinta alam. Jalur pendakian menuju Gunung Merbabu dimulai dari New Selo, menghadirkan perjalanan menantang melalui hutan tropis yang memukau dan padang rumput yang luas. Pemandangan indah dari ketinggian New Selo, seperti matahari terbit dan terbenam, mengagumkan para pengunjung. Desa ini juga menawarkan penginapan sederhana dan keramahan penduduk lokal yang ramah, menjadikannya tempat yang sempurna untuk memulai petualangan ke Gunung Merbabu.

AlamatFFM3+M39, Unnamed Road, Dusun III, Samiran, Kec. Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57363

Waduk Penjalin, Brebes

Sumber Gambar: portalbrebes.pikiran-rakyat.com

Waduk Penjalin, terletak di Brebes, Jawa Tengah, adalah sebuah danau buatan yang menakjubkan dengan keindahan alam yang memikat hati. Waduk ini dibangun untuk menyuplai kebutuhan air dan energi bagi masyarakat sekitar. Pemandangan Waduk Penjalin sangat menarik dengan airnya yang tenang dan jernih, serta dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Pengunjung dapat menikmati kegiatan perahu dan pancing di danau ini, menjadikannya tempat populer bagi para pecinta alam dan penggemar olahraga air. Selain itu, Waduk Penjalin juga menjadi spot fotografi yang menarik berkat keindahan alamnya yang mempesona.

AlamatJalan Raya Waduk Penjalin 41, RT 03/ 01, Waduk Penjalin, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52276

Pantai Kali Kencana, Cilacap

Sumber Gambar: Google Maps @Firman Taruna Nugraha

Pantai Kali Kencana, terletak di Cilacap, Jawa Tengah, adalah sebuah pantai yang menawan dengan pesona alam yang memukau. Pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih menciptakan suasana yang menenangkan dan damai. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Kali Kencana menjadi momen yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Pantai ini menawarkan pantai yang luas dan ombak yang tenang, menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai, bermain air, atau sekadar menikmati keindahan alam. Bagi para pecinta fotografi, Pantai Kali Kencana juga menyajikan latar belakang yang menakjubkan untuk mengabadikan momen indah selama perjalanan di Jawa Tengah.

Alamat6XPG+C5R, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Brown Canyon, Semarang

Sumber Gambar: travelspromo.com

Brown Canyon, terletak di Semarang, Jawa Tengah, adalah sebuah lanskap yang menakjubkan dan unik yang menarik minat pengunjung dari seluruh penjuru. Meskipun bukan hasil alam, Brown Canyon adalah bekas penambangan batu kapur yang membentuk dinding-dinding tebing yang cokelat, mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Pemandangan menakjubkan dari atas tebing menghadirkan panorama perbukitan dan lahan pertanian yang indah. Pengunjung dapat menjelajahi lembah yang menakjubkan atau mengambil foto-foto spektakuler sebagai kenang-kenangan. Brown Canyon telah menjadi tempat populer bagi para pecinta alam dan fotografer yang ingin mengeksplorasi keindahan lanskap unik di Jawa Tengah.

AlamatRowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

Bukit Sidoguro, Klaten

Sumber Gambar: Google Maps @SAM VJ

Bukit Sidoguro, terletak di Klaten, Jawa Tengah, adalah destinasi wisata yang menakjubkan dengan pemandangan alam yang menawan. Bukit ini menawarkan panorama perbukitan yang memukau dan persawahan yang menghijau, menciptakan suasana yang menenangkan dan indah. Saat matahari terbit atau terbenam, pemandangan dari Bukit Sidoguro menghadirkan panorama yang spektakuler. Pengunjung dapat menikmati momen magis ini dan mengambil foto-foto luar biasa sebagai kenang-kenangan. Bukit Sidoguro juga merupakan tempat yang ideal untuk berjalan-jalan santai atau bersantai sambil menikmati keindahan alam Jawa Tengah. Keindahan alam dan ketenangan di Bukit Sidoguro membuatnya menjadi destinasi populer bagi para wisatawan dan pencinta alam.

AlamatSendang Nglebak, Ngeblak, Krakitan, Kec. Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57451

Nepal Van Java, Magelang

Sumber Gambar: Google Maps @Nepal Van Java

Nepal Van Java, yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, adalah sebuah kompleks taman yang menakjubkan yang menghadirkan atmosfer Nepal yang autentik. Tempat ini menawarkan patung-patung Buddha yang megah, arsitektur bergaya Nepal, dan taman-taman indah yang menenangkan. Pengunjung dapat merasakan kedamaian dan ketenangan di tengah kebun bunga yang indah, serta menikmati keindahan alam di sekitar. Nepal Van Java merupakan tempat yang sempurna untuk bermeditasi, merenung, atau sekadar menikmati keindahan dan harmoni. Tempat ini menciptakan pengalaman unik di Jawa Tengah dan menjadi daya tarik bagi para pecinta budaya, spiritualitas, dan keindahan alam.

AlamatDusun, Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56153

Goa Pancur Jimbaran, Pati

Sumber Gambar: Google Maps @Iwan Setiawan

Goa Pancur Jimbaran, terletak di Pati, Jawa Tengah, adalah sebuah goa alami yang menakjubkan dengan keindahan alam yang unik. Goa ini dinamakan “Pancur” karena memiliki pancuran air yang segar di dalamnya. Pengunjung harus melalui perjalanan menantang melalui jalur yang menarik untuk mencapai goa ini. Di dalam goa, pancuran air yang jernih mengalir dari langit-langit, menciptakan suasana yang menyegarkan dan menenangkan. Goa Pancur Jimbaran juga dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan, menciptakan formasi geologis yang menarik. Goa ini menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam dan penggemar petualangan yang ingin mengeksplorasi keajaiban alam di Jawa Tengah.

AlamatSawah, Jimbaran, Kec. Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59171

Jawa Tengah adalah surga bagi para pecinta alam dan penggemar petualangan. Dari air terjun yang menakjubkan hingga pegunungan yang menantang, destinasi-destinasi wisata di atas akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jadi, siapkan perjalanan Anda dan nikmati keajaiban Jawa Tengah yang menakjubkan!

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.