in

Menikmati Keseruan Berwisata di Hutan Monyet Sangeh Bali

Sumber Gambar: apabuka.com

Saat menyebut Hutan Monyet di Bali, pasti tempat pertama yang ada di pikiran adalah Sangeh Monkey Forest kan? Yup, tidak salah lagi jika Sangeh Monkey Forest ini sudah menjadi objek wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Pulau Dewata. Apa sih menariknya berwisata di hutan yang penuh dengan monyet liar?

Jika kamu penasaran, kamu bisa langsung mengunjunginya di Jalan Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

Dengan mengunjunginya secara langsung kamu bisa paham bagian mana yang menarik dan seru dari berwisata di habitat alami monyet yang masih liar ini. Untuk bocoran keseruannya agar kamu semakin penasaran, yuk simak dibawah ini.

Hutan Monyet Sangeh, Bermain Bersama Dengan Binatang Lucu Tersebut

Sumber Gambar: Google Maps @Jessica Anggraini

Meskipun masih tergolong monyet liat, namun monyet-monyet yang akan kamu jumpai di Hutan Monyet Sangeh ini sudah cukup jinak dan tidak terlalu agresif, karena sudah terbiasa dengan orang asing yang berkunjung. Terlebih lagi makanan monyet sudah disediakan oleh pengelola objek wisata sehingga monyet-monyet yang berkeliaran tidak kelaparan sehingga membuatnya lebih bersahabat.

Sumber Gambar: Google Maps @Bryan Martin

Sebagai informasi, di Bali ada beberapa hutan-hutan monyet yang juga dijadikan sebagai objek wisata selain Monkey Forest Sangeh. Dua lainnya yaitu Monkey Forest Ubud dan Monkey Forest Alas Kedaton. Namun, untuk kali ini yang akan dibahas secara lebih dalam adalah Monkey Forest Sangeh yang namanya sudah cukup terkenal dan selalu dijadikan destinasi wisata wajib saat sedang ke Pulau Dewata.

Jika wisatawan menggunakan bantuan penyedia jasa tour yang menyediakan paket, nama Monkey Forest Sangeh akan selalu berada di dalam daftar. Selain berwisata ke Tanah Lot, Pantai Kuta, Tanjung Benoa, tempat ini tidak boleh ketinggalan. Berikut ini beberapa hal menarik yang menjadi daya tarik Hutan Monyet atau Monkey forest Sangeh.

  • Merupakan Kawasan Hutan Lindung

Sumber Gambar: Google Maps @Angga Ginandjar

Objek wisata ini ternyata merupakan Kawasan hutan lindung. Di dalamnya didominasi pohhon pala sehingga suasananya sangat segar dan sejuk. Keberadaan hutan Sangeh ini membawa peran penting dalam asupan oksigen bagi Pulau Dewata.

Berlibur ke tempat ini seolah akan mereset lagi tubuh dan pikiranmu menjadi lebih segar. Selain udaranya yang sangat sejuk, suasana disini juga sangat tenang dan damai. Keberadaan monyet-monyet di hutan ini justru semakin mendukung suasana terasa asri dan alami.

  • Berinteraksi Secara Leluasa Dengan Monyet

Sumber Gambar: Google Maps @Fadhlil Djalil

Pecinta satwa ketika diajak mengunjungi Monkey forest Sangeh pasti akan sangat semangat. Disini wisatawan akan bertemu dengan banyak prinata penghuni asli hutan ini yaitu monyet berekor panjang. Disini wisatawan bisa dengan bebas berinteraksi secara langsung dengan monyet-monyet mulai dari berfoto, memberi makan, mengajak bermain, bahkan memegang dan menggendong monyet lho!

Sumber Gambar: sikidang.com

Jika kamu berminat untuk memberikan makanan, makanan yang diperbolehkan sangat terbatas. Kamu hanya diperbolehkan untuk memberi monyet makanan yang dibeli dari objek wisata sangeh. Karena bisa dengan bebas berinteraksi dengan monyet, kamu wajib memperhatikan barang bawaanmu agar tidak dibawa lari oleh monyet-monyet yang sangat aktif.

  • Adanya Pura di Tengah Hutan

Sumber Gambar: natantransport.com

Hal menarik lainnya dari Monkey Forest sangeh adallah adanya dua buah Pura yang letaknya berada di dalam hutan. Kedua pura ini berada tepat di tengah-tengah hutan. Pura yang lebih kecil Bernama Pura Melanting, sedangkan Pura yang lebih luas Bernama Pura Bukit Sari.

Menurut sejarah, Pura Bukit Sari dipercaya memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan sejarah kejayaan Kerajaan Mengwi pada abad ke-17 Silam. Pura ini menjadi tempat sakral bagi warga setempat. Tidak sembarangan wisatawan yang diijinkan untuk masuk, jadi kamu bisa menikmati keindahan Pura dari luar saja.

Itu dia ke-3 daya tarik utama yang dimiliki oleh Monkey Forest Sangeh yang perlu untuk kamu ketahui. Selain itu, di tempat ini kamu juga akan menjumpai pohon pala berukuran besar yang batangnya menyerupai bentuk kelamin pria dan Wanita. Pohon pala ini kemudian dinamakan pohon Lanang Wadon yang artinya pohon yang melambangkan pria dan Wanita.

Sama halnya dengan objek wisata di Bali lainnya, Hutan Monyet atau Monkey Forest Sangeh ini sangat indah dan menawan. Setiap sudutnya sangat menarik dan menjadi spot foto yang bagus. Tak jarang para fotografer sering hunting foto di hutan ini.

Geomedia - JFK 2022