OUR NETWORK

One Day Trips Di Kompleks Wisata Doyo Lama Jayapura

Doyo Lama merupakan tempat wisata di daerah Indonesia Timur yang sangat kompleks. Hanya pada satu kawasan terdapat 4 buah tempat wisata alam, prasejarah sekaligus wisata religi. Karena itulah tempat wisata ini sangat terkenal dan menjadi tempat yang paling banyak diburu oleh para wisatawan.
Kawasan wisata Doyo Lama terletak di Kp Doyo Lama, Districk Waibu, Kab Jayapura, Papua. Akses menuju kompleks wisata Doyo Lama sangat strategis dan cukup dekat dengan Sentani Airport. Tempat tersebut juga tidak terlalu terpencil dan mempunyai akses yang sangat mudah dijangkau dari jalan raya. Apalagi kompleks tempat wisata tersebut sangat luas. Hal ini memudahkan para pengunjung dalam hunting foto dengan sangat leluasa tanpa harus menunggu giliran pengunjung lain.
Berikut ini adalah daftar tempat wisata yang berada di kompleks Doyo Lama :

Telaga Cinta Atau Telaga Love

Sumber: Wira Nurmansyah

Telaga cinta atau telaga love hanya sebuah sebutan saja pada sepucuk tepi Danau Sentani. Dengan kata lain telaga yang mempunyai nama Telaga Love di Jayapura sama sekali tidak ada. Satu – satunya telaga yang berada di Jayapura hanya telaga atau Danau Sentani.
Sementara itu Telaga Love yang berada di kompleks wisata Doyo Lama merupakan suatu fenomena alam dimana pada beberapa bagian tepi dari Danau Sentani berbentuk seperti bentuk hati. Danau Sentani pun juga tidak sepenuhnya berbentuk love atau hati, hanya pada bagian tepi tertentu saja. Sementara bagian tepi lain dari Danau Sentani tidak berbentuk atau tidak beraturan.
Meskipun pada dasarnya Danau Sentani merupakan telaga yang mempesona dengan kejernihan air yang membentang luas. Namun hanya pada bagian tepi yang berbentuk love yang menarik minat para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Karena Danau Sentani cukup dalam, jadi sangat tidak disarankan melakukan aktivitas di tengah danau. Jadi para pengunjung hanya dapat menyelusuri sepanjang tepi danau sembari menyaksikan secara langsung fenomena alam yang cukup langka.
Sayangnya lokasi tepi danau masih sangat alami tanpa adanya perawatan secara langsung dari manusia. Oleh karena itu ilalang dan rumput sangat tinggi.

Bukit Teletubies

Sumber: Instagram @i_am_w3ndy

Teletubies merupakan acara serial program yang sangat hitz pada tahun 90an. Karakter dalam serial tersebut juga sangat fenomenal dan masih dikenang hingga sekarang. Walaupun salah satu pemain telah meninggal dunia. Selain itu semua karakter juga dijadikan sebagai ikon beberapa produk anak-anak.
Setting dalam serial Teletubies adalah perbukitan hijau yang luas. Latar tersebut juga sangat fenomenal dan ada suatu tempat di nusantara yang menyerupai latar dalam serial Teletubies. Oleh karena itu bukit yang berada di kawasan wisata doyo lama disebut dengan Bukit Teletubies.
Suasana perbukitan memang sangat menyerupai latar dalam serial Teletubies tersebut. Walaupun ide latar dalam serial Teletubies tidak ada kaitannya sama sekali dengan bukit tersebut. Karena pada dasarnya latar dalam serial Teletubies hanyalah latar studio semata. Jadi persamaan antara Bukit Teletubies dengan latar serial Teletubies merupakan suatu kebetulan yang sangat fenomenal.

Bukit Salib

Sumber: Instagram @ivanmartinlim

Bukit salib ini pada dasarnya hanya sebuah bukit yang berada di kompleks wisata doyo lama. Hanya saja salah satu bukit menjadi sebuah perhatian khusus dengan adanya simbol salib yang terpasang secara sangat sederhana.
Berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, bukit tersebut mempunyai nuansa religi yang hampir sama dengan Bukit Golgota yang telah tertulis pada Alkitab. Karena itulah diputuskan untuk mendirikan simbol salib di area tersebut

Megalitikum Tuntari

Sumber: Liputan6

Di area kompleks wisata Doyo Lama juga terdapat area peninggalan masa prasejarah, tepatnya pada masa Megalitikum. Peninggalan sejarah tersebut hanya berupa jajaran batu besar yang telah kusam karena termakan usia. Namun jajaran batu tersebut masih berdiri dengan tegak dan kokoh. Berdasarkan keterangan dari ahli arkeologi, fungsi jajaran batu besar tersebut merupakan suatu bentuk pemakaman masa prasejarah. Sehingga dari saksi peninggalan prasejarah, figur makam saat ini merupakan hasil dari kebudayaan pada masa lampau. Itulah 4 daftar tempat wisata yang berada di kompleks wisata Doyo Lama Jayapura. Tempat wisata di daerah Indonesia Timur ini dapat dijadikan One day trip. Hanya dengan sehari dapat menyelusuri 4 tempat jenis wisata sekaligus dalam satu kompleks.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…