OUR NETWORK

Tak Hanya Pantai dan Hutan, Bangka Tengah Masih Punya 10 Tempat Wisata Eksotis

Bangka Tengah adalah salah satu dari tujuh kabupaten yang berada di Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya yang berbatasan dengan laut membuat Kabupaten Bangka Tengah memiliki sederet pantai yang sangat cantik, dan ada juga hutan unik yang masih terjaga kelestariannya. Memang pantai dan hutan menjadi salah satu unggulan wisata di sana, namun tak akan lengkap rasanya jika kamu tak berkunjung ke 10 destinasi wisata eksotis yang berada di Bangka Tengah seperti berikut ini.

Gurun Pelawan

Sumber: Instagram@ucokregar16

Yang pertama ada Gurun Pelawan, yang secara administratif berada di Kecamatan Namang, Bangka Tengah. Bisa dibilang bahwa Gurun Pelawan adalah destinasi wisata baru di Bangka Tengah yang tercipta karena bekas penambangan timah yang telah ditinggalkan. Seiring berjalannya waktu, tempat ini pun bertransformasi menjadi salah satu destinasi wisata eksotis, dengan adanya hamparan pasir berwarna kemerahan dan gundukan tanah liat yang telah mengeras layaknya sebuah bukit. Kesan gurun pun terasa di tempat yang satu ini.

Hutan Pelawan

Sumber: Instagram @ajustinphotography
Sumber: Instagram@adedarmawansyah

Tak jauh dari Gurun Pelawan juga ada Hutan Pelawan. Hutan ini bisa dibilang cukup unik, di mana di dalamnya banyak ditumbuhi pohon pelawan, jamur pelawan, dan madu pahit. Ketika kulit pohonnya terkelupas, maka batang pohon pelawan akan terlihat berwarna merah seperti jembatan kayu yang ada di foto di atas.

Kulong Biru

Sumber: Instagram@vandeballoy

Ada juga Kulong Biru, tempat wisata cantik yang lagi-lagi tercipta karena bekas galian tambang. Kulong Biru sendiri berada di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Bangka Tengah. Akses menuju ke Kulong Biru memang tidak mudah, karena lokasinya yang cukup tersembunyi dan tidak ada petunjuk arah untuk menuju ke sana, mengingat tempat ini tidak secara resmi dikelola sebagai tempat wisata. Dinamakan Kulong Biru karena memang air di sana berwarna biru cerah, dan pemandangan akan lebih terlihat eksotis dengan keberadaan gundukan tanah berwarna putih keabu-abuan yang mengelilingi danau.

Pantai Tanjung Berikat

Sumber: Instagram@thiozard

Nah, kalau pantai, di Bangka Tengah yang terkenal itu Pantai Tanjung Berikat, yang lokasinya berada di Desa Batu Beriga. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih, yang keindahannya tak pernah mengecewakan pengunjung. Ornamen utama di pantai ini adalah formasi batu granit yang kokoh berdiri di tepi pantai.

Pulau Ketawai

Sumber: Instagram @boynovra
Sumber: Instagram@anas_tyas.998

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Ketawai, seperti melepas penyu ke laut, bermain bola pantai, atau mungkin hanya sekedar bersantai menikmati semilir angin laut di bawah pohon kelapa yang banyak berjajar di tepi pulau. Jika kamu ingin berenang, itu juga bisa kamu lakukan di sekitar pulau ini, karena ombaknya yang cukup bersahabat.

Pulau Gusung Asam

Sumber: Instagram @bangjakee
Sumber: Instagram@elisaryani26

Pulau Gusung Asam adalah pulau yang terletak di sebelah timur laut Pulau Ketawai. Dinamakan demikian karena di sekitar pulau ini ada gusung, atau gugusan pulau yang muncul hasil dari sedimentasi ketika air laut surut. Soal pemandangan, para pengunjung akan disuguhkan panorama laut dengan air berwarna biru bersih dan pasir putih yang eksotis.

Pulau Pelepas

Sumber: Instagram@cikavania

Ada lagi pulau cantik di Bangka Tengah, yakni Pulau Pelepas. Pulau ini menawarkan keindahan pantai yang masih terjaga kebersihannya, ditambah dengan adanya salah satu mercusuar yang berdiri kokoh di sudut pulau. Pulau ini tidak pernah mengecewakan para pengunjung melalui pemandangan yang disuguhkannya. Kamu pun wajib mengunjungi pulau yang satu ini.

Mangrove Munjang

Sumber: Instagram@fkpa_babel

Kemudian ada juga wisata Hutan Mangrove Munjang, yang terletak di Kurau Barat, Kecamatan Koba. Sebenarnya wisata mangrove ini juga tak ubahnya seperti wisata mangrove yang lainnya, namun yang menarik di sini adalah banyaknya spot foto yang ditawarkan. Udara yang sejuk juga membuat para pengunjung betah berlama-lama di sini.

Air Terjun Sadap

Sumber: Instagram @rfrchikaa

Di Bangka Tengah juga ada air terjun, yakni Air Terjun Sadap yang terletak di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar. Air terjun yang satu ini sebenarnya tidak terlalu tinggi, namun keindahan dan suasananya lah yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Sadap. Lokasinya yang jauh di pelosok membuat air terjun ini memiliki suasana yang cukup sunyi dan tenang.

Bukit Nunggal

Sumber: Google

Yang terakhir adalah Bukit Nunggal. Bukit ini juga menawarkan keindahan alam khas perbukitan. Selain itu, di sini juga terdapat banyak spot foto yang menarik, dan tentunya dengan mengambil latar belakang perbukitan.

Comments

Loading...