in

Pemandian Air Panas Juku Batu, Wisata Tersembunyi di Way Kanan

Sumber: Instagram

Apa yang pertama kali kamu ketahui soal wisata Lampung? Mungkin salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambas sebagai tempat penangkaran gajah terbesar di Indonesia, atau Pulau Pahawang yang terkenal akan wisata baharinya. Memang tidak salah, karena itulah destinasi wisata ternama di Lampung, bahkan sudah menjadi ikon wisata dari provinsi yang beribu kota di Bandar Lampung tersebut. Tapi Lampung juga lebih dari itu, karena masih banyak destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di sana, entah itu pantai yang eksotis, air terjun yang menawan dan menentramkan hati, atau mungkin deretan pegunungan yang menyejukkan.

Apabila kamu berkunjung ke Lampung dan ingin menikmati suasana yang berbeda, bisa coba berwisata ke Pemandian Air Panas Serasan, atau yang kemudian lebih dikenal dengan Pemandian Air Panas Juku Batu. Dijamin, kamu akan kerasan berwisata di sana!

Lokasi Pemandian Air Panas Juku Batu

Seperti namanya, pemandian air panas yang satu ini terletak di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Jaraknya sangat jauh dari Bandar Lampung, kira-kira 188 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan darat. Lokasinya yang berada di pelosok Kabupaten Way Kanan, membuat akses menuju ke Pemandian Air Panas Juku Batu tidak terlalu memadai, masih banyak jalan berlubang, terutama jelang sampai di lokasi. Walau pun sudah bisa dilewati kendaraan roda empat, namun kondisi jalan yang tidak rata membuat pengunjung tidak disarankan menggunakan mobil jenis sedan. Lokasi Pemandian Air Panas Juku Batu tidak terlalu jauh dari lokasi parkir kendaraan.

Berendam di Air Panas

Sumber: Instagram @adnanumiluy

Namanya juga pemandian air panas, jadi kegiatan terbaik di sana adalah berendam air panas. Menariknya, pemandian air panas di Kampung Juku Batu ini tidak memiliki aroma belerang yang terlalu menyengat, berbeda dari pemandian air panas pada umumnya. Menurut penuturan warga sekitar, waktu terbaik menikmati pemandian air panas di sana adalah pada sore hari, di mana udara sejuk pegunungan yang mulai menusuk tulang akan berpadu dengan hangatnya air panas alami.

Sumber: travelingkamu.com

Sementara di siang hari, terutama pada hari libur atau akhir pekan, pemandian air panas ini cukup ramai didatangi wisatawan. Terlebih pada siang hari pemandangan di sekitar kolam pemandian akan terlihat lebih jelas, dari kejauhan nampak sebuah air terjun alami yang masih belum dijamah tangan manusia. Di sekitar kolam pemandian juga tumbuh lebat pepohonan hijau, yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Merasakan Kesegaran Air Pegunungan

Sumber: Facebook @VISIT LAMPUNG

Tepat di sebelah kolam pemandian, terdapat sungai dengan aliran air yang langsung bersumber dari mata air pegunungan. Para pengunjung Pemandian Air Panas Juku Batu pun bisa mencoba kesegaran air di sungai tersebut. Meskipun demikian, para pengunjung tetap diminta untuk berhati-hati, karena kondisi sungai yang dipenuhi dengan batu-batu besar dengan permukaan yang cukup licin, ditambah lagi arusnya yang cukup deras.

Fasilitas

Sumber: Facebook @VISIT LAMPUNG

Walau pun berlokasi di pedalaman Way Kanan, namun fasilitas di Pemandian Air Panas Juku Batu sudah cukup lengkap, karena memang tempat wisata yang satu ini sudah dikelola sedemikian rupa. Para pengunjung bisa dengan mudah menjumpai toilet atau pun kamar bilas, dan beberapa gazebo sebagai tempat untuk lesehan melepas lelah.

Hanya saja di sekitar lokasi masih belum banyak dijumpai warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman, terutama saat weekday atau hari kerja. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kamu membawa perbekalan dari rumah, sebelum memutuskan berkunjung ke Pemandian Air Panas Juku Batu.

Harga Tiket Masuk

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti soal harga tiket masuk ke Pemandian Air Panas Juku Batu. Namun yang pasti, harga tiket masuknya akan sangat ramah di kantong wisatawan, sebagaimana tempat wisata di Lampung lainnya.

Bagaimana, apakah kamu tertarik? Boleh saja berlibur menikmati setiap jengkal keindahan alam di Bumi Pertiwi, namun selalu jaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam. Di sekitar Pemandian Air Panas Juku Batu juga telah terpasang berbagai papan peringatan untuk menjaga kebersihan lingkungan.