OUR NETWORK

Pesona Wisata Alam Bengkulu Terbaru Air Terjun Cuup Pesuk

Sumber Gambar: Instagram @airterjuncuuppesuk_penembang12

Air Terjun Pesuk atau lebih dikenal dengan Cuup Pesuk adalah destinasi wisata alam terbaru dari Bengkulu. Kondisi air terjun tidak terlalu tinggi dan cukup unik. Cuup Pesuk / Air Terjun Cuup Pesuk bukan merupakan destinasi wisata air terjun bertingkat. Namun akan ada sebuah lanscape dimana air terjun nampak seperti air terjun bertingkat.

Selain itu arus terjun ini cukup deras. Namun arus aliran air yang berada di bawahnya tidak terlalu deras. Hal yang cukup bertolak belakang ini juga menjadi salah satu keunikan tersendiri dari destinasi wisata alam ini. Keunikan dari destinasi wisata air terjun ini bukan hanya terletak pada kondisi curug, tetapi ada suatu keistimewaan lain yang tersimpan di dalamnya. Itu juga menjadi salah satu faktor, terutama bagi para remaja supaya mengunjungi destinasi wisata ini.

Lokasi Air Terjun Cuup Pesuk

Destinasi wisata alam Air Terjun Cuup Pesuk berada di Ds Penembang, Kec Meriai, Bengkulu Tengah. Lokasi destinasi wisata tersebut dapat dijangkau dengan transportasi pribadi, seperti motor maupun mobil.

Sumber Gambar: Instagram @linda.p.sari.167

Sementara untuk akses transportasi umum mungkin cukup sulit. Sebab air terjun ini tidak terletak di pusat Kota Bengkulu. Melainkan berada di sebuah desa yang cukup terpencil dan tidak terletak di suatu pusat keramaian maupun pusat pemerintahan. Jarak antara lokasi destinasi wisata air terjun dengan Bengkulu cukup jauh. Perjalanan yang dibutuhkan dapat mencapai sekitar 3 – 4 jam.

Dengan lokasi yang cukup terpencil dan juga waktu perjalanan yang cukup jauh, membuat destinasi wisata ini cukup sepi pengunjung. Bahkan belum banyak orang yang mengetahui keberadaan dari destinasi wisata air. Wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata ini pun juga hanya merupakan penduduk yang tinggal tidak jauh dari lokasi wisata air terjun.

Cara untuk menuju ke destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk cukup mudah. Rute menuju ke lokasi dapat ditempuh dengan Jl Bengkulu – Kepahiang. Telusuri saja sepanjang jalan tersebut hingga sampai di ujung jalan / persimpangan Taman Kota Kepahiang.

Sumber gambar: Instagram @airterjuncuuppesuk_penembang

Setelah sampai di persimpangan Taman Kota Kepahiang, lalu belok ke arah utara / kiri. Kemudian ambil jalan yang menuju ke arah Ds Penembang. Ikuti petunjuk arah jalan yang menuju ke destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk.

Untuk rute kedua adalah rute dari Kec Taba Penanjung. Rute ini juga hampir sama, yaitu dengan menyelusuri sepanjang Jl Bengkulu – Kepahiang. Lalu setelah sampai di kantor Kecamatan Taba Penanjung lurus sedikit dan tepat samping area kantor Kecamatan Taba Penanjung, ada sebuah jalan persimpangan yang berupa jalan masuk.

Dari persimpangan tersebut, belok ke arah utara / jalan masuk tersebut. Telusuri saja sepanjang jalan tersebut hingga sampai di area Ds Penembang. Setelah sampai di Ds Penembang, ikuti saja petunjuk arah yang menuju ke destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk

Petunjuk arah destinasi berada di suatu jembatan kecil. Letaknya tidak jauh dari arah masjid setempat. Sepanjang perjalanan menuju ke destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk akan disuguhkan dengan kondisi kehidupan pedesaan khas Bengkulu. Dimana di desa tersebut, terdapat berbagai macam kolam ikan yang merupakan milik warga setempat.

Daya Tarik Air Terjun Cuup Pesuk

Destinasi wisata alam ini memang bukan termasuk ke dalam destinasi wisata favorit dan terkenal. Tetapi Air Terjun Cuup Pesuk memiliki pesona alam yang cukup potensial layaknya pesona alam dari destinasi wisata populer lainnya.

Inilah daya tarik dari destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk :

1. Pohon Jones

Nama dari pohon ini hanya sebuah istilah / kiasan yang diberikan pada warga setempat. Istilah dari pohon ini bukan tanpa alasan. Dengan melihat keberadaan dari pohon Jones, nama tersebut cukup pantas jika diberikan kepada pohon tersebut.

Pohon ini berada di depan aliran air terjun. Disekitar area destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk memang terdapat ratusan pohon yang hidup dengan rindang. Tetapi khusus untuk ini tumbuh di antara bebatuan yang letaknya di samping kolam air terjun. Keberadaan dari pohon tersebut seakan membuat pohon dikucilkan dan tumbuh sebatang kara.

Sumber Gambar: travel.okezone.com

Walaupun pohon seolah terkucil, namun ada sebuah hal yang cukup istimewa dibalik dari pohon tersebut. Warga setempat sangat percaya bahwa seseorang yang mandi di dekat pohon tersebut, akan diberi suatu kelancaran dalam menemukan pasangan. Meskipun hanya sekedar mitos belaka, tetapi banyak yang tertarik pada mitos tersebut. Jadi setiap pengunjung, khususnya anak muda / remaja selalu mandi di bawah pohon Jones.

2. Kondisi air selalu jernih

Daya tarik lain dari destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk terletak pada kondisi airnya. Air di curug sangat bersih dan jernih serta tidak pernah keruh. Baik pada musim hujan maupun kemarau, kondisi air selalu nampak jernih.

Sumber Gambar: Instagram @airterjuncuuppesuk_penembang12

Hal ini merupakan suatu keistimewaan tersendiri bagi Air Terjun Cuup Pesuk ini. Sebab umumnya, kondisi air di air terjun sering kali berubah – ubah menyesuaikan musim. Jika musim penghujan biasanya kondisi air curug berwarna coklat, sedangkan pada musim kemarau air curug cukup jernih.

3. Memiliki kolam dangkal

Sumber Gambar:
Instagram @mardiansyah.usman

Destinasi wisata air terjun ini memiliki kolam yang cukup dangkal dengan kondisi arus air tidak begitu deras. Begitu pula dengan aliran air sungainya. Dengan kondisi kolam demikian, membuat aman untuk berenang. Aktivitas ini pun seolah menjadi aktivitas favorit semua pengunjung. Dimana cara ini dapat merasakan jernihnya sumber mata Air Terjun Cuup Pesuk.

4. Air terjun berlubang

Nama dari air terjun ini adalah Pesuk yang diambil dari bahasa Rejang. Arti dari nama tersebut adalah lubang. Penanaman atas air terjun ini berdasarkan kondisi dari air terjun sendiri yang memiliki lubang. Lubang dari curug terletak di bagian belakang. Karena itulah, air terjun ini terlihat seolah bertingkat.

5. Memiliki 2 buah curug

Sumber Gambar: Instagram @langkah_siput

Air Terjun Cuup Pesuk memiliki 2 buah curug. Kedua dari curug mempunyai tinggi sekitar ±10 – 12 m. Ada sebongkah batu besar yang menjadi pemisah antar kedua curug.

Fasilitas

Destinasi wisata alam ini mempunyai fasilitas yang sangat minim. Sehingga pengunjung pun harus menyediakan keperluan pribadi sendiri, termasuk makanan dan minuman. Destinasi wisata ini belum area food court, walaupun hanya sebatas angkringan. Selain itu di destinasi wisata ini juga tidak terdapat tempat duduk. Pengunjung hanya dapat memanfaatkan batuan besar yang ada di lokasi sebagai tempat duduk / beristirahat.

Tempat wisata Air Terjun Cuup Pesuk juga tidak memiliki area parkir. Namun area pemukiman warga dengan senang hati menyediakan tempat parkir. Dengan kata lain, parkir di tempat pemukiman penduduk setempat.

Destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk ini memang memiliki fasilitas yang minim dan kurang memadai. Tetapi hal tersebut tidak sebanding dengan daya tarik dari pesona air terjun. Sehingga fasilitas pun tidak menjadi suatu kendala untuk tidak mengunjungi destinasi wisata terbaru ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…