in

Pulau Yugaitegee, Pancarkan Nuansa Keindahan Alam Papua

Pulau Yugaitegee
Sumber Gambar: Melkipekeyduamo.blogspot.com

Pernahkah kamu mengunjungi Indonesia wilayah Timur? Jika sudah, pasti kamu akan dibuat terpana dengan keindahan sumber daya alamnya kan? Hampir setiap sudut di wilayah timur Indonesia menyajikan keindahan alam yang tiada duanya, bahkan keindahannya sudah mendunia lho! Nah, jika kamu ingin menjelajahi keindahannya lebih dan lebih, maka Pulau Yugaitegee menjadi tujuan pertama yang wajib kamu coba.

Pulau ini berada di Provinsi Papua, lebih tepatnya di daerah Paniai. Paniai terkenal dengan banyak tempat wisata yang sangat beraneka ragam seperti danau, bukit, taman nasional, hingga kampung wisata. Daerah ini memang menjadi salah satu daerah di Papua yang menjadi daerah terfavorit para wisatawan. Semua tempat wisatanya juga bisa dikunjungi dengan mudah.

Keindahan Pulau Yugaitegee Yang Sangat Eksotis

Pulau Yugaitegee oleh masyarakat sekitar juga disebut dengan Pulau Batu Layar. Mengapa demikian? Hal ini sesuai dengan penampakan dari pulau ini. Pulau ini sangat unik karena memiliki satu batu dengan ukuran yang sangat besar yang berbentuk mirip seperti kapal layar. Batu ini terletak di pinggir pantai sehingga menjadi salah satu ciri khas yang berbeda dengan pulau lainnya. Secara geografis, pulau ini masuk ke wilayah Desa Okomoke, Distrik Tiya.

Mungkin untuk kamu yang tidak bertempat tinggal di daerah ini tidak akan familiar dengan namanya. Meskipun begitu, tempat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi masyarakat lokal lho! Yang lebih menariknya lagi, pulau ini termasuk dalam salah satu pulau yang tidak berpenghuni. Sudah kebayang bagaimana keindahan pemandangan yang disuguhkan? Tentu sangat asri dan damai.

Keindahan yang sangat eksotis dengan susunan dan bentuk bebatuan yang sangat unik membuat tempat ini sangat indah. Jika kamu ingin mengunjunginya, kamu perlu menggunakan perahu yang sudah disediakan oleh masyarakat lokal. Harga sewanya juga tidak mahal kok! Dan yang pasti masyarakat lokalnya juga sangat ramah sehingga akan membuat perjalanan wisatamu menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Jika kamu menanyakan tentang fasilitas apa saja yang ada di Pulau Yugaitegee maka jangan berharap lebih ya. Disini belum dilengkapi oleh fasilitas yang memadai karena memang terletak di Pulau yang tidak berpenghuni. Meskipun tergolong tempat wisata yang sepi pengunjung, namun kebersihan tempat ini sangat terjaga lho! Oleh sebab itu jangan sampai membuang sampah sembarangan ya agar keindahan dan kebersihan dari pulau ini tetap terjaga.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah pada saat pagi dan sore hari. Keindahan pulau akan mencapai puncaknya ketika matahari mulai terbit dan terbenam. Yup! Disini kamu tidak hanya bisa menikmati sunset ataupun sunrise namun keduanya! Menarik sekali kan? Ketika melihat keindahan pemandangan ini dijamin kamu akan betah untuk berlama-lama deh.

Karena letaknya yang jauh dari keramaian dan pulaunya yang tidak berpenghuni, tempat ini akan cocok untuk kamu yang ingin menikmati waktu saat sedang risau dan gundah. Ibarat kata nih, ketika kamu berkunjung ke pulau ini saat galau, maka setelah itu kamu akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran yang akan membuatmu bahagia kembali esok hari.

Pulau ini juga tidak jarang digunakan oleh pasangan muda mudi untuk mengambil foto kenangan seperti prewed. Pemandangan saat matahari terbenam akan menciptakan pemandangan indah berwarna kuning keemasan. Setelah mengunjungi Pulai Yugaitegee, kamu wajib mengunjungi wisata lain yang ada di wilayah Paniai seperti Perkampungan Suku Pedalaman, Pulau Duamo, Danau Tigi, Bukit Bobaigo, Danau Paniai, dan masih banyak lagi lainnya.