OUR NETWORK

Puncak Ahuawali, Tempat Terindah Melihat Matahari Terbenam dan Terbit di Konawe

Sumber: seringjalan.com

Konawe menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup lengkap dan hampir semua tempatnya memiliki keindahan yang luar biasa. Salah satu yang harus kamu kunjungi saat berada disini adalah Puncak Ahuawali. Konon keindahannya patut untuk diperjuangkan lho.

Bahkan beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini menyebutnya sebagai negeri diatas awan. Lukisan alam yang disajikan di tempat ini memang tidak ada duanya. Bila kamu masih ragu, mari melanjutkan penjelajahannya di bawah ini. Dijamin kamu pasti langsung tergoda untuk pergi kesana.

Tentang Puncak Ahuawali

Sumber: zonasultra.com

Objek wisata ini terletak di ketinggian kurang lebih 750 mdpl. Memiliki hamparan padang savana yang cukup luas. Dengan jajaran pepohonan yang berbaris, berjajar dan juga rapi. Warna hijau, hanya saja saat sore hari kamu bisa melihat perbukitan yang berwarna kekuningan.

Nama dari kawasan ini diambil dari nama Desa ahuawali. Dimana, puncak ini memang kawasan tertinggi. Satu yang menarik adalah desa ini diambil dari bahasa Tolaki yang artinya adalah Sumur Wali.

Sumber: ruangmedia.com

Menuju ke sumur ini kurang lebih berjarak 5 km dari puncak ahuawali dan ditempuh dalam waktu 5 jam sampai 6 jam lamanya. Hanya saja, menuju ke sumur ini, kamu hanya bisa menempuhnya dengan cara Jalan kaki saja.

Masyarakat sekitar pun percaya bahwa, sumur tua ini dahulu pernah digunakan para wali untuk bersuci dari hadas kecil sebelum melakukan ibadah sholat. Sayangnya, sumur itu kurang terawat dengan baik. Tetapi, masih mengeluarkan air dan sering digunakan para warga setempat.

Cara menuju Ke sana

Objek wisata ini terletak di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe. Kamu bisa masuk melalui Bandara di Kendari terlebih dahulu dengan penerbangan kurang lebih 4 jam lamanya. Kemudian, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju ke titik lokasi.

Perjalanan pertama arahkan kendaraan menuju ke Unaaha yang merupakan ibukota dari Konawe. Selanjutnya, arahkan kendaraanmu dari Kolaka hingga sampai di Motaha yang berada di Konawe Selatan. Dari sini, adalah awal menuju ke pendakian.

Memasuki desa ini pula kamu bisa melihat pemandangan yang membuat mata kamu takjub dengan hamparan ilalang dan perbukitan hijau yang mengesankan. Jangan lupa bawa kamera jahat kamu ya. Menuju tempat ini, kamu tidak akan ditarik tiket masuk tetapi, hanya tarif parkir sebesar 15 ribu untuk motor dan 25 ribu bagi kamu yang membawa mobil.

Keindahan Puncak Ahuawali

Sumber: seringjalan.com

Salah satu yang menjadi alasan mengapa harus pergi ke tempat ini adalah Pesona sunsetnya yang benar-benar membuat kamu enggan untuk berkedip. Tidak hanya mataharinya saja yang akan berubah menjadi orange. Hanya saja, langit biru akan berubah menjadi warna yang benar-benar romantis.

Selain itu, tempat ini juga digunakan untuk latihan paralayang oleh Auri lho. Dimana, kamu bisa melihat mereka latihan di waktu-waktu tertentu.

Sumber: wawankurniawan210.blogspot.com

Perjalanan mendaki ke atas paling tepat dilakukan saat sore hari sekitar pukul 4 sore. Dimana, sinar matahari tidak akan terlalu terik. kamu juga bisa menginap di puncaknya yang areanya cukup luas.

Jangan lupa bangun pagi ya, karena pesonanya sungguh menakjubkan mulai dari kabut tipis yang membuat kamu seperti berada di atas awan. Pemandangan pegunungan dari sunrise yang super cantik. Pokoknya, tidak ada kerugian sedikit pun bila menginap di tempat ini. Hanya saja, jangan lupa bawa semua perlengkapannya sendiri dari rumah ya.

Aturan yang harus kamu patuhi

Selama kamu berada di tempat ini, ada beberapa aturan yang memang wajib kamu patuhi. Demi kenyamanan bersama, jangan pernah meninggalkan titik api di suatu tempat. Sangat berbahaya dan bisa-bisa akan terjadi kebakaran. Selanjutnya, jangan lupa untuk membawa kantong plastik.

Ambil dan bawa kembali semua sampah yang kamu bawa, lalu buang ke tempat sampah yang sudah disediakan oleh pihak pengelola di titik pendakian. Jadi, jaga dan lestarikan tempat ini ya.

Kesimpulan

Puncak Ahuawali memang menyimpan berbagai pesona yang mengesankan. Hanya saja,  kawasan ini masih terganggu dengan aktivitas penambangan yang seakan tidak pernah berhenti. beberapa komunitas pecinta alam pernah melakukan protes kepada pemerintah setempat. Semoga akan ada hasil untuk mengatasi alam ini sehingga, kapan pun kamu bisa mengunjungi dan menikmati keindahannya. 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…