OUR NETWORK

Museum Wasaka, Seperti Kembali Ke Zaman Perang Kemerdekaan

Sumber: suharyantobjm.com

Ada banyak alasan yang membuat kamu harus mengunjungi sebuah museum. Tidak hanya untuk belajar mengenai sejarah atau melihat peninggalan masa lalu. Tetapi, di museum juga banyak benda berharga yang bisa kamu abadikan ke dalam foto dan gambar. Salah satunya adalah Museum Wasaka.

Menariknya, tempat ini awalnya hanya sebuah rumah biasanya yang kemudian diubah menjadi museum yang mengesankan untuk dikunjungi. Letaknya di samping sungai martapura dan juga jembatan 17 mei atau Banua anyar. Menghadirkan nuansa dan suasana yang sangat berbeda. dari museum lainnya.

Tentang Museum Wasaka

Sumber: suharyantobjm.com

Disini, kamu bisa melihat bagaimana perjuangan masyarakat Kalimantan dalam mengusir penjajah. Diresmikan pada tanggal 10 November 1991. Menggunakan tempat Rumah Bubungan Tinggi. Karena tidak digunakan begitu lama, akhirnya digunakan sebagai sebuah tempat menyimpan berbagai benda-benda sejarah.

Kalau dilihat dari luar memang tampak kecil dan berbeda dengan beberapa museum yang kita lihat selama ini. Tetapi, jangan berpikiran buruk dulunya Bentuknya memang kecil, hanya saja disini kamu bisa melihat kurang lebih ada 400 koleksi yang lho. Cukup mengesankan sekali bukan.

Sumber: banjarmasintourism.com

Koleksinya pun cukup lengkap dimulai pada masa peperangan Banjar, perintis kemerdekaan, Kemerdekaan, bahkan hingga pada saat orde baru tersedia lengkap di tempat ini. Cukup mengesankan bukan, walaupun kamu hanya bisa melihat replika mulai zaman kemerdekaan saja karena keterbatasan tempat.

Cara Menuju ke Lokasi

Objek wisata ini terletak di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ungu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Menuju ke objek wisata ini kamu bisa menggunakan Pesawat terbang menuju ke Bandara Syamsudin Noor. Usahakan penerbangan yang pagi ya, agar bisa menikmati suasananya.

Tempat ini memang tidak jauh dari Pasar Terapung Lok Baintan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang biasanya  memilih menggunakan perahu. Bila selesai belanja, mereka langsung menuju ke lokasi ini, hampir setiap hari tempat ini selalu ramai.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

Bagi kamu yang ingin menggunakan cara yang sama. Usahakan untuk mencari kapal terlebih dahulu atau lebih booking terlebih dahulu. Takutnya, perahunya habis karena, wisata ini cukup menarik perhatian wisatawan.

Jam Buka

Sumber: banjarmasintourism.com

Bagi kamu yang ingin menikmati semua koleksi yang ada di museum ini. datanglah pukul 9 pagi dan pulanglah pukul 12 siang, Karena, di jam tersebut museum ini akan buka dan tutup. Untuk harga tiket masuknya gratis lho.

Koleksi Museum

Nah, koleksi museum yang bisa kamu lihat dimulai dari senapan angin yang terbuat dari kayu, Pakaian Barajah seperti baju dalam, ikat kepala, dan babat dengan tulisan mantra-mantranya agar kebal diserang oleh musuh. Ada juga tombak serta mandau yang pernah para pahlawan gunakan dahulu.

Sumber: indonesiakaya.com

Masih di bagian terdepan dari museum, kamu akan melihat seluruh Gubernur Kalimantan Selatan dari yang pertama hingga saat ini. Ada peralatan makanan para pahlawan, kamera kuno, tas, radio serta mesin ketik. Semua ini pernah digunakan selama masa kemerdekan lho.

Sumber: triptrus.com

Di bagian belakang museum kamu bisa melihat replika pembuatan senjata dan pistol untuk para pahlawan. Dimana, replikanya di buat di Yogyakarta

Penginapan Sekitar

Sumber: Instagram @wachid20

Selain perahu, ada lagi yang harus kamu persiapkan yaitu penginapan. Dimana,di dekat museum sudah banyak yang menyewakan kamar mulai dari harga 75 ribuan sampai yang mahal 400 ribuan pun  ada. Salah satu rekomendasinya adalah OYO 1983 Dc Guest House yang terletak di Jl. Simp Sei Mesa, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Dari suasananya sangat nyaman, Jaraknya hanya 10 menit saja dar lokasi wisata Kamu bisa jalan kaki yang lebih sehat, atau menggunakan kendaraan pribadi. Kamarnya pun bersih, wangi dan rapi, dengan fasilitas AC dan air minum kemasan cuma-cuma. 

Bagi kamu yang bingung cari tempat makan, di hotel ini juga disediakan resto yang menyediakan berbagai menu masakan yang enak dan lezat. Dijamin kamu bakal ketagihan

Kesimpulan

Museum Wasaka adalah salah satu dari keindahan Kalimantan Selatan yang sayang untuk dilewatkan. Banyak koleksi menarik dan apik yang bisa kamu lihat isisin. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya sedikit pun ya. Dijamin kamu pasti akan merugi.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…