in

Sipatn Lotup, Pesona Sumber Air Panas Alami di Perbatasan Negara

Sumber Gambar: Youtube @sugeng gondrong

Pernah mendengar sumber air panas Sipatn Lotup? Konon kawasan ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Nuansanya cukup asri dan membuatmu enggan beranjak pergi setelah sampai di tempat ini. Walaupun, ada kisah mistis yang terdengar oleh warga sekitar. Namun, tempat ini masih tetap layak untuk dikunjungi.

Ada lagi yang percaya bahwa tempat ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. beberapa cerita mengenai hal itu pun dipercaya yang membuat banyak orang mempercayainya. Tidak heran bila hari minggu atau libur nasional, kawasan ini akan ramai dipenuhi oleh pengunjung

Sejarah Sipatn Lotup

 

Ada cerita yang diyakini warga mengenai objek wisata satu ini. Kisah ini dimulai sejak 62 tahun yang lalu. Dimana kakek, dari salah satu desa Sape yang sedang berjalan-jalan membawa anjingnya. Tiba-tiba menggonggong tiada henti. Setelah ditelusuri, beliau mendapati seekor Kijang yang mati dengan sendirinya tanpa ada luka sama sekali.

Sejarah itu berlanjut menjadi sebuah cerita misteri. Dimana, pernah ada pengunjung yang membawa orang sakit. Ia tidak bisa kunjung sembuh dan akhirnya dibawa ke pinggir sumber air panas ini. Secara ajaib ia sembuh dari penyakitnya lho. Walaupun, harus menginap selama 7 hari 7 malam disana.

Sementara nama Sipatn Lotup ini sendiri berasal dari bahasa Dayak Jangkang. Arti sipatn sendiri mempunyai arti sungai. Sementara, Lotup sendiri mempunyai arti panas yang meletup-letup. Sehingga, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Sungai air panas.

Cara Menuju ke Sana

Objek wisata ini terletak di Kampung Penumpang, Desa Sape, Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau. Menuju ke Sanggau sendiri kamu harus masuk melalui Bandara Supadio Pontianak. Tidak bisa menggunakan kapal. karena, tempat ini berada di tengah-tengah pulau Kalimantan.

Berbatasan dengan Malaysia. Sehingga, setelah turun dari bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan kurang lebih 3 jam 39 menit. Dengan jarak tempuh kurang lebih 181 kilometer. Melalui Jl. Ahmad Yani atau Jl. Trans Kalimantan menuju ke Kota Sanggau.

Setelah tiba di Kota Sanggau, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Simpang Jembatan Semuntai. lalu masuk ke kecamatan Mukok, jalan sedikit hingga masuk ke kecamatan Jangkang. Jaraknya kurang lebih 70 kilometer dari Kota Sanggau.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan jalur kedua melalui Simpang Tiga Tanjung. Selanjutnya, arahkan kendaraan menuju ke kecamatan Kembayan lalu masuk melalui simpang Kecamatan Jangkang.

Daya Tarik

Sumber Gambar: Instagram @raymundus_darwin

Salah satu keunikan yang ada di Sipatn Lotup ini adalah sumber air panas yang mengandung Belerang. maklum saja, di kabupaten Sanggau, kamu tidak akan melihat Gunung Berapi satu pun. Dimana, gunung ini menjadi salah satu bukti kehadiran belerang atau juga sulfur yang terkandung di dalamnya.

Sumber Gambar: sigondrong39.blogspot.com

Menurut penelitian, Sipatn Lotup ini berasal dari panas bumi yang dipanaskan atau disebut dengan Geothermal. Temperaturnya kurang lebih 52 derajat hingga 55 derajat celcius. Airnya pun sangat jernih dan juga bersih. Tidak salah bila kamu memilih tempat ini sebagai tujuan wisata setelah menjelajah Kabupaten Sanggau.

Sumber Gambar: Youtube @sugeng gondrong

Untuk seluruh fasilitasnya pun juga sudah lengkap lho. Mulai dari MCK, ruang ganti, dan kolam renang, serta gapura yang sudah dihias dengan berbagai warna. Sehingga, kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot foto terbaik yang ada di sipatn lotup.

Penginapan Sekitar

Sayangnya, di kabupaten Sanggau kamu hanya bisa menemukan satu penginapan saja yaitu The Garden Palace Hotel. Terletak di Jalan jenderal Sudirman, Ilir Kota Sanggau, Kapuas. Dengan fasilitas free wifi dan juga sarapan gratis dengan menu makanan yang super nikmat dan lezat.

Fasilitas lainnya adalah Ruangan yang bebas dari asap rokok. AC, Air Panas, serta pembuat teh dan kopi. Ada lagi televisi, air minum kemasan,  Desk, air panas. dan kamar mandi pribadi dengan harga mulai dari 380 ribuan saja.

Kesimpulan

Sipatn Lotup keindahan yang berada di garis perbatasan. Panoramanya memang tidak ada yang bisa mengalahkan. Suasananya pun nyaman dan asri, jadi kamu harus coba walau sekali dalam seumur hidup kamu. Bagaimana, kamu sudah siap pergi ke tempat ini dan merasakan keindahannya?