OUR NETWORK

Taman Hutan Djuanda, Paru-Paru Kota Bandung yang Sayang Untuk Dilewatkan

Sumber: travelspromo.com

Salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bandung adalah Taman Hutan juanda. Keindahannya membuat kamu terpukau dan lupa diri. Pepohonan yang menjulang tinggi yang terkadang terdengar suara kicauan burung, menjadi saksi bagaimana kesegaran dan keasrian kawasan ini.

Kawasan ini adalah wilayah konservasi hutan yang tidak jauh dari perkotaan. Tidak heran bila banyak wisatawan yang datang dan pergi ke sini. Baik, mancanegara maupun Nusantara. Objek wisata ini disebut juga dengan sebutan Paru-Paru Kota Bandung.

Sekilas Mengenai Taman Hutan Raya Juanda

Sumber: travelspromo.com

Luas awal kawasan ini kurang lebih 10 hektar. Kemudian, saat ini sudah ditambah sehingga, menjadi 590 hektar. Ada yang menarik dari nama objek wisata ini. Dimana, menggunakan Nama Ir. H. Djuanda yang merupakan pahlawan sebagai perdana menteri terakhir yang mendeklarasikan bahwa seluruh pulau dan lautan Nusantara adalah satu kesatuan.

Karena, jasanya yang begitu besar. Akhirnya, nama beliau digunakan untuk tempat wisata yang berada di ketinggian 700 sampai 1300 mdpl ini. Bagi kamu yang ingin datang mengunjungi kawasan ini. Datanglah setelah pukul 8 pagi dan kembalilah sebelum pukul 6 sore.

Pesona Taman Hutan Raya Djuanda

Sumber: jejakpiknik.com

Nah, seperti yang sudah disebutkan tadi. Dimana, ada banyak pesona yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Taman ini. Berikut beberapa pilihan yang mungkin bisa kamu kunjungi saat menjelajah wisata hits di Bandung, jawa Barat.

  • Air Terjun

    Sumber: wisatabaru.com

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah curug atau air terjun. Ada Curug Ciomas yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Jarak dari  depan pintu gerbang kurang lebih 5 kilometer hingga 7 kilometer. Bagi yang lelah berjalan, ada juga jasa ojek yang bisa dimanfaatkan. Ada juga curug koleang yang bisa jadi, alternatif kunjungan selanjutnya.

  • Goa – Goa

Sumber: Instagram @anjasnjosandy

Perlu diakui, bahwa Jepang pernah menjajah Indonesia walaupun, hanya 3 tahun saja. Namun, selama itu pula negara yang berjuluk negeri sakura itu menghadirkan sebuah goa yang dibangun pada 1942. Memiliki kurang lebih 4 pintu dan 2 saluran udara.

Ternyata, tidak hanya jepang saja yang meninggalkan jejak goa disini. Belanda pun juga tidak mau kalah. Dibangun pada tahun 1918 yang digunakan untuk tempat penyimpanan senjata, markas militer, PLTA, serta penjara. Walaupun, lebih tua tetapi terlihat begitu modern.

  • Trekking

Wahana selanjutnya, kamu bisa hiking dan juga treking. Kegiatan menyusuri hutan memang sangat menyenangkan. Apalagi, disini, kamu bisa mengunjungi Tebing Keraton. Dengan jalanan yang cukup mengesankan dan pemandangan yang tidak kalah meronanya.

Sumber: Tripadvisor

Waktu paling tepat mengunjungi tebing ini adalah waktu sore. Kamu bisa melihat perpaduan antara kabut dan langit senja nan elok. Tetapi, jangan turun terlalu malam ya. Pertama, jalanan yang harus dilalui cukup sulit. Kedua, agar kamu tidak ditinggal sendirian di dalam.

  • Restoran

Nah, bagi yang lapar setelah berkunjung kesana-kemari. Kamu bisa berkunjung ke sebuah cafe yang ada di sini. Menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman yang nikmatnya memang kebangetan. tetapi, yang paling menjual adalah suasananya yang benar-benar bisa diacungi jempol.

  • Penangkaran Rusa

    Sumber: antarafoto.com

     

Inilah tempat terakhir yang bisa kamu kunjungi. Dimana, penangkaran Rusa menjadi sajian yang paling tepat untuk menutup perjalanan kamu. Rusa Tutul menjadi spot yang begitu menarik. Bahkan, kamu juga bisa memberikan mereka makan lho.

Bagaimana Cara Menuju ke Lokasi

Taman Hutan Raya Djuanda terletak di Komplek Tahura Jl. Ir, H. Djuanda No. 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat. Kamu bisa menggunakan angkutan, trayek Ciroyom – Ciburial atau juga Trayek Dago – Caringin. Untuk Trayek Dago, kamu bisa turun di pertigaan Dago. Dari sini, kurang lebih jaraknya 500 meter. Kamu bisa menggunakan ojek atau juga jalan kaki menuju ke Taman Hutan Raya Djuanda.

Kesimpulan

Taman Hutan Raya Djuanda menjadi kawasan yang wajib kamu kunjungi. Pesonanya yang seakan tidak pernah berhenti menjadi salah satu alasan tepat, mengapa waktu liburan wajib dihabiskan disini. Apalagi, saat ini objek wisata di Bandung ini punya banyak fasilitas yang pastinya akan memanjakan kamu.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…