in

Wisata Gunung Kerbau, Tempat ‘Kumpul Kerbau’ Terpopuler di Indonesia

Sumber Gambar: anakremaja2018.blogspot.com

Selain memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang eksotis, Maluku ternyata juga memiliki pegunungan dengan pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Salah satunya adalah Gunung Kerbau di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya. Pemandangan yang unik sekaligus menarik, membuat gunung yang satu ini layak dikunjungi dan sangat sayang untuk dilewatkan apabila berkunjung ke Pulau Moa. Yuk, mari kita berkenalan dengan Gunung Kerbau, gunung tempat ‘kumpul kerbau’ terpopuler di Indonesia!

Gunung Kerbau yang Spesial

Sumber Gambar: Twitter @stevani

Gunung ini bisa dibilang spesial, karena memiliki pemandangan yang berbeda dibanding dengan kebanyakan gunung di Tanah Air. Jika gunung biasanya diselimuti oleh pepohonan yang lebat, Gunung Kerbau justru hanya diselimuti oleh rerumputan hijau pendek, sehingga terlihat lebih gundul. Namun, hal itu lah yang membuat Gunung Kerbau terlihat lebih menarik, karena lekukan-lekukan di punggung gunung terlihat lebih jelas dengan mata telanjang. Belum lagi tempatnya yang berada di tengah-tengah padang sabana, sehingga keberadaannya pun terlihat lebih mencolok. Sangat menakjubkan!

Tempat ‘Kumpul Kerbau’

Sumber Gambar: anakremaja2018.blogspot.com

Eits, tunggu dulu. Kumpul kerbau di sini bukan berarti negatif, karena memang Gunung Kerbau adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh gerombolan kerbau atau kebo. Kawanan kerbau yang hidup bebas di padang sabana sekitar Gunung Kerbau kerap mampir dan mencari makan di sini.

Di sini para wisatawan juga bisa merasakan sensasi layaknya berada di Benua Afrika, karena tak hanya kumpulan kerbau yang berseliweran, tapi juga gerombolan kuda. Apabila berkunjung ke sini pada saat musim kemarau, rumput-rumput di sabana sekitar Gunung Kerbau akan kering dan menguning, kemudian tanah berubah menjadi lebih tandus, kubangan-kubangan air di sana juga akan kering dan hanya menyisakan lumpur yang retak. Suasana ini akan mengingatkan para wisatawan dengan padang sabana di daratan Afrika.

Mendaki ke Gunung Kerbau

Sumber Gambar: Instagram@_henrycardo

Setelah puas melihat padang sabana di sekitar Gunung Kerbau, tak ada salahnya para wisatawan coba untuk mendaki ke puncak gunung. Tak membutuhkan perjuangan yang terlalu berat menuju ke puncak Gunung Kerbau, karena gunung ini termasuk rendah. Menurut penuturan warga setempat, untuk bisa mencapai puncak Gunung Kerbau para pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam tracking dari desa terdekat, yakni Desa Tounwawan, Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya

Melihat Bendungan di Punggung Gunung Kerbau

Sumber Gambar: Instagram @stefanmichel_88

Ketika melakukan pendakian, para pendaki juga bisa mampir sejeak ke bendungan yang ada di punggung gunung, namanya Bendungan Liwulawan, yang dibangun sejak tahun 1991 silam dan digunakan untuk membantu menyediakan kebutuhkan air bagi warga desa di sekitar Gunung Kerbau. Di bendungan ini lah, biasanya para pendaki beristirahat untuk melepas lelah, sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Kerbau. Udara di sekitar bendungan ini juga sangat sejuk, khas pegunungan, sehingga sangat cocok untuk jadi tempat beristirahat. Bagaimana, apakah kamu tertarik mendaki ke Gunung Kerbau? Yuk, mendaki Gunung Kerbau. Pasti menarik.

Mendaki Kurang Menantang? Coba Main Pacuan Kuda

Sumber Gambar: Instagram @novitaestervina

Apabila mendaki dianggap kurang menantang, atau mungkin memang tidak mau bersusah payah tracking menuju ke puncak Gunung Kerbau, traveler juga bisa coba alternatif lain dengan bermain pacuan kuda. Dekati saja anak-anak di desa sekitar, mereka akan dengan senang hati meminjamkan atau menangkapkan kuda untukmu. Tak perlu khawatir, anak-anak di sekitar Gunung Kerbau sudah piawai dalam menunggang kuda. Minta saja ajari mereka, bagaimana menunggang kuda yang benar.

Gunung Kerbau, Lokasi Wisata Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia

Sumber Gambar: Instagram@ generatie_babar

Dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh Gunung Kerbau, gunung ini pun berhasil mendapatkan penghargaan Anugrah Pesona Indonesia (API) 2019 untuk kategori lokasi wisata dataran tinggi terpopuler di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Gunung Kerbau berhasil mengalahkan 10 nominasi lainnya, seperti Bukit Bawang Bakung di Kabupaten Lampung Barat, Batu Runcing di Kota Sawahlunto, Muntea Haighland Kabupaten Bantaeng, Bantu Liara di Kabupaten Mamasa, Desa Wisata Ngades Kabupaten Malang, Bukit Pulo Dua di Kabupaten Banggai, Kawasan Wisata Batu Raden di Kabupaten Banyumas, dan Suligi Hill di Kabupaten Rokan Hulu.

Bagaimana, pasti tertarik bukan berkunjung ke Gunung Kerbau? Tunggu apa lagi, segera siapkan hari liburmu, mari bersenang-senang di Gunung Kerbau.