OUR NETWORK

10 Wisata Terbaik di Muaro Jambi, Mulai Wisata Sejarah Hingga Danau Cantik

Tahu gak di mana letak dari Muaro Jambi? Nah benar, Muaro Jambi adalah salah satu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Jambi. Menurut informasi, kabupaten ini memiliki jumlah penduduk sebesar 378.464 jiwa yang terhitung pada tahun 2014 yang lalu. Meskipun tak memiliki pantai, namun jangan salah sangka, bahwa kabupaten ini juga masih menyimpan banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 10 destinasi wisata yang ada di Muaro Jambi.

Candi Gedong II

Sumber: Instagram @vegaframe

Candi Gedong II ini berada di Komplek Percandian Muaro Jambi, yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Berdasarkan informasi, Candi Gedong II merupakan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya ketika masih berkuasa di sana. Candi Gedong II berbeda dengan beberapa candi yang ada di Pulau Jawa, di mana candi ini dibangun dengan menggunakan batu bata, mengingat lokasinya yang jauh dari gunung berapi. Tak jauh dari sana, kamu juga akan menemukan Candi Gedong I, yang bangunannya tak semegah seperti Candi Gedong II.

Candi Mahligai

Sumber: bayuwinata

Masih dengan wisata sejarah, kali ini kamu bisa berkunjung ke Candi Mahligai, yang juga merupakan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan masih satu komplek dengan Candi Muara Takus. Candi ini memiliki bangunan seperti stupa yang terbagi ke dalam tiga bagian, yakni kaki, badan, dan atap. Bangunan candi yang terlihat megah menjadikannya sebagai spot foto yang menarik bagi para generasi milenial.

Candi Muaro Jambi

Sumber: Porosjambi

Masih ada lagi bangunan sejarah di sana, yakni Candi Muaro Jambi yang berlokasi di Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Ini merupakan kompleks percandian terbesar di Asia Tenggara, dengan luas mencapai angka 3981 hektar. Berdasarkan informasi, candi ini dibangun sekitar abad ke-7 hingga 12 Masehi. Sama seperti candi-candi sebelumnya, Candi Muaro Jambi juga dibangun dengan menggunakan batu bata merah, dan memiliki bangunan yang nampak megah dan klasik.

Danau Sipin

Sumber: Instagram @jambiimaji

Kemudian ada Danau Sipin, yang merupakan danau alami. Danau ini sering kali menjadi tujuan para wisatawan, karena memiliki pemandangan dan suasan yang segar. Di tengah-tengah danau ini kamu juga akan menemukan beberapa keramba ikan milik nelayan setempat. Danau ini semakin ramai dikunjungi kala sore hari, karena memiliki pemandangan sunset yang cukup menawan.

Danau Tangkas

Sumber: Instagram @feriirawan

Bosan di Danau Sipin, kamu juga bisa berkunjung ke Danau Tangkas. Tak jauh berbeda dengan Danau Sipin, Danau Tangkas juga memiliki pemandangan sunset yang cukup romantis, sehingga banyak muda-mudi yang memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bercengkrama di tepi danau sembari menunggu matahari tenggelam.

Lubuk Penyengat

Sumber: Instagram @wa3_fitrada

Wisata Lubuk Penyengat berlokasi di Desa Baru, Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Pada mulanya ini adalah aliran sungai biasa yang tertutup oleh rerumputan dan beberapa tumbuhan lain khas tanah gambut. Akan tetapi kemudian Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) daerah setempat mulai membenahi tempat ini sehingga menjadi lokasi wisata yang cantik seperti sekarang. Selain pemandangan sungai yang masih alami, di sana kamu juga bisa menjumpai beberapa spot foto yang tentunya sangat Instagramable.

Sungai Napal

Sumber: antara

Kemudian ada destinasi wisata yang cukup sederhana namun menarik, yakni Sungai Napal. Sungai Napal tergolong unik, karena di sana kamu akan menemukan banyak tanah liat yang sudah membatu atau biasa disebut dengan napal. Padahal pada umumnya napal banyak ditemukan pada wilayah kaki gunung atau dataran tinggi, sementara sungai ini berada di dataran rendah. Di sana, para pengunjung bisa puas bermain air tanpa takut terbawa arus sungai. Karena memang sunga ini tak mmeiliki arus yang deras.

Telago Rajo

Sumber: Instagram @vegaframe

Masih pingin yang hijau-hijau? Kamu juga bisa berkunjung ke Telago Rajo. Telaga ini cocok dikunjungi bagi kamu yang memang ingin mencari ketenangan suasana. Karena memang telaga ini tak banyak dikunjungi oleh wistawan, sehingga suasananya pun masih cukup sunyi.

Umo Teluk

Sumber: Instagram @sac_image

Umo Teluk adalah destinasi wisata yang tergolong baru di Muaro Jambi. Wisata ini menghadirkan hamparan persawahan hijau, yang dipercantik dengan tanaman hias dan beberapa pernak-pernik yang lainnya. Tak hanya itu, di sana juga ada beberapa fasilitas penunjang lainnya, salah satunya adalah rumah pohon.

Wisata Alam Sungai Simpur

Sumber: Instagram @jamin_ahmad

Yang terakhir adalah Wisata Alam Sungai Simpur, yang berlokasi di Baru, Maro Sebo, Muaro Jambi. Di sana kamu akan disuguhkan oleh pemandangan alam khas pedesaan yang segar dengan banyak spot foto yang bisa dibilang menarik. Tempat ini pun banyak dikunjungi para generasi milenial yang memang ingin narsis untuk sekedar memenuhi feed Instagram mereka.

Comments

Loading...