in

4 Hal Menakjubkan Yang Wajib Kamu Coba Di Desa Wisata Sukarame, Kabupaten Pandeglang

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Desa Wisata Sukarame berada di Kabupaten Pandeglang. Tepatnya di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Desa Sukarame terkenal dengan wisata pantainya. Ini selaras dengan letaknya yang diujung banten, berada di pesisir.

Desa Sukarame berhasil menjadi 50 besar Desa Wisata Di Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Selamat untuk keberhasilan Desa Sukarame!

Desa sukarame berhasil mengalahkan 1.800 desa lainnya pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Alasan utama sampai desa ini bisa mendapatkan posisi yang sangat hebat karena konsep utama desa ini sendiri. Desa sukarame mengedepankan ekowisata seperti snorkeling, spot diving, konservasi terumbu karang dan produk-produk ekonomi kreatif.

Di Kemudian hari, Desa Sukarame optimis akan menjadi ikon wisata di Kabupaten Pandeglang. Terlebih jika jalan tol Panimbang sudah selesai dan dapat digunakan. Tentu ini akan semakin mempermudah akses menuju desa ini. Besar harapan wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal akan semakin ramai mengunjungi desa wisata ini.

Apakah sahabat wisato akan kesini juga?. Bingung mau mulai dari wisata yang mana?. Baiklah semoga ini bisa menjadi referensi kalian untuk mengatur jadwal wisata selama di Dewi ( Desa Wisata) Sukarame. Berikut 4 hal menakjubkan yang dapat kalian lakukan di Dewi Sukarame.

  1. Belajar dan Mengenal Batik Khas Pandeglang

Pandeglang selain terkenal dengan keindahan panorama alam, wilayah ini juga terkenal dengan batik khasnya. Batik khas Pandeglang memiliki corak dan makna serta sejarah sendiri. Hebatnya lagi batik Pandeglang ini, di setiap kecamatannya memiliki 14 corak batik tersendiri. Yang lebih luar biasanya lagi masing-masing corak batik tersebut sudah memiliki HKI (Hak Kekayaan Intelektual) sejak bulan Mei tahun 2021.

Jika sahabat wisato melakukan kegiatan ini, selain otak yang fresh maka akan mengalami peningkatan pengetahuan tentang batik. Jadi akan lebih cinta dengan kekayaan Indonesia nih sahabat wisato.

  1. Terjun Langsung di Konservasi Alam Bawah Laut

Hal unik yang ada di desa ini dan sangat asik untuk sahabat wisato lakukan adalah melakukan transplantasi terumbu karang.

Sumber Gambar: Google Maps @apud saepudin

Sahabat wisato bisa menikmati pemandangan bawah air laut dengan melakukan diving dan snorkeling. Untuk pemula sebaiknya pilihlah snorkeling saja. Kegiatan bermain dengan laut ini sangat menyenangkan.

Sumber Gambar: Google Maps @juliandi putranta

Kita bisa berolahraga, menikmati pemandangan sampai belajar ilmu baru yaitu transplantasi terumbu karang. Sebaiknya datanglah kesini pada cuaca sangat cerah dan musim kemarau. Agar pemandangan yang terlihat benar-benar jernih dan tidak terganggu oleh gelombang tinggi akibat hujan deras.

Jangan lupakan desa ini untuk masuk ke dalam list perjalanan wisatamu ya.

  1. Menikmati Kearifan Lokal

Setelah puas bermain air seharian. Sahabat wisato bisa beristirahat namun tetap melakukan wisata yaitu dengan menikmati kearifan lokal dan budaya masyarakat setempat.

Sumber Gambar: Google Maps @ Kang Yandi

Kegiatan ini seperti menikmati Tarian Ahlan Wa Sahlan, Tarian Kendang Pencak, Tarian Rampak Bedug dan Tarian Dzikir Saman.

Kalau sahabat wisato tidak menyukai tarian maka bisa ikut beragam jenis perayaan kebudayaan. Seperti Ngoclok dan Fetival Perahu Ruat.

Ngoclok merupakan sebutan masyarakat sekitar untuk bahasa memancing gurita.Gunakanlah pakaian yang nyaman saat ngoclok, hindari berbaju yang sangat tebal dan memberatkan langkah kaki.

  1. Melihat Kerajinan Setempat

Desa Sukarame ini juga menyajikan kerajinan tangan setempat yang dapat dijadikan media pembelajaran seni bahkan sampai menjadi buah tangan.

Kerajinan ini dikembangkan dan dilakukan oleh masyarakat setempat. Sebenarnya ada banyak dan beragam jenis kerajinan tangan ini sahabat wisato. Namun akan disebutkan beberapanya saja karena lebih kena sebagai ciri khas desa.

Sumber Gambar: Google Maps @Kang Yandi

Ada olahan bambu khas Pandeglang seperti anyaman.

Sumber Gambar: Google Maps @Kang Yandi

Ada kerajinan dari bahan baku kerang, kerajinan tangan dari daun pandan dan ada kerajinan pahatan berbentuk badak.

Sumber Gambar: Google Maps @Kang Yandi

Sudahkah sahabat wisato terbayang dengan ke empat hal menakjubkan yang bisa kalian lakukan di Desa Sukarame?. Untuk list wisata setelah desa ini, kalian juga bisa menikmati kecantikaan Dewi Sambi di Kabupaten Sleman. Selamat berlibur dan berwisata sahabat wisato. Jangan lupa untuk selalu menjaga sopan santun dimanapun kalian berada ya!. Ingat selalu buanglah sampah pada tempatnya. Jadilah wisatawan yang cinta lingkungan dan berbudi luhur.