From Korea With Love Concert

Ini Dia Rekomendasi Wisata Gratis di Sekitar Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun bersejarah yang dibangun oleh perusahaan kereta api negara yaitu Staatssporwegen (SS) pada tahun 1914. Stasiun ini menjadi tempat awal keberangkatan pemindahan ibukota sementara ke Yogyakarta pada 4 Januari 1946. Segala persiapan rahasia untuk perjalanan presiden dan wakilnya dilakukan disini. Kini, bangunan stasiun yang sudah masuk dalam cagar budaya Indonesia ini merupakan salah satu stasiun tersibuk. Stasiun Manggarai melayani lintasan Commuter Line (KRL) Lingkar Cikarang (Jatinegara-Manggarai-Cikarang) dan juga menjadi perlintasan yang dilewati Kereta Api Jarak Jauh yang berakhir di Stasiun Gambir. Berikut ini tersedia beberapa rekomendasi wisata gratis yang berada dekat dengan Stasiun Manggarai. Simak ulasannya!

Wisata Gratis Sekitar Stasiun Manggarai

Tugu Proklamasi

Rekomendasi wisata yang pertama datang dari kategori wisata bersejarah. Tugu Proklamasi yang beralamat di Jalan Proklamasi No.10, Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat ini merupakan tempat penanda kemerdekaan Indonesia. Jaraknya hanya sekitar 4 kilometer dari Stasiun Manggarai.

Sumber Gambar: Google Maps @Erjan Sarwono Sirait

Disinilah Bapak Ir. Soekarno selaku presiden kala itu beserta wakilnya yaitu Bapak Mohammad Hatta membacakan Naskah Proklamasi. Dulunya ditempat ini adalah rumah Bapak Ir. Soekarno yang beralamat di Jalan Pegangsaan Timur no 56. Namun kini nama jalan tersebut sudah berganti menjadi Jalan Proklamasi. Di wisata bersejarah ini ada 2 buah tugu dan 1 monumen yakni Tugu Peringatan Satoe Tahoen Repoeblik Indonesia, Tugu Petir, dan Monumen Soekarno-Hatta.

Sumber Gambar: travel.okezone.com

Pengunjung bisa berfoto di Tugu Petir yang merupakan tugu penanda tempat berdirinya Bapak Ir. Soekarno saat membacakan teks proklamasi. Tugu setinggi 17 meter ini dilambangkan sebagai gemuruh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Untuk masuk ke area wisata ini pengunjung tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Museum Sasmita Loka Ahmad Yani

Berkunjung ke museum untuk mengenang sejarah merupakan hal terbaik yang bisa kita lakukan sebagai muda-mudi. Museum Sasmita Loka Ahmad Yani berada di Jl. Lembang No.67, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jaraknya hanya 2,5 kilometer saja dari Stasiun Manggarai.

Sumber Gambar: Google Maps @Dendy Irawan

Saksi bisu kekejaman peristiwa G30S PKI. Museum ini dulunya adalah rumah kediaman Jenderal Ahmad Yani sekaligus saksi bisu kejamnya peristiwa G30SPKI. Tempat ini menjadi bukti adanya peristiwa penculikan dan pembunuhan Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani pada 1 Oktober 1965. Di museum ini masih tersimpan rapi barang-barang milik beliau sekaligus barang milik istri beliau misalnya kosmetik berupa lipstik dan bedak.
- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Google Maps @Hastajunianto Fusin

Pengunjung juga bisa menemukan kamar Jenderal Ahmad Yani beserta kamar mandi yang didalamnya masih tersimpan bathtub, kloset dan wastafel. Semua kenangan dari beliau masih tersisa di museum ini bahkan keadaannya sangat terawat. Silahkan berkunjung ke museum yang terbuka untuk umum mulai hari Selasa-Minggu pukul 8 pagi-4sore. Tidak ada biaya sepeserpun yang dikenakan, pengunjung hanya diminta mengisi buku tamu.

ROH Projects

Kali ini jiwa pecinta seni pastinya akan sangat bahagia ketika datang ke tempat layaknya ROH Projects. Tempat wisata berbentuk Art Space ini memamerkan koleksi dari seni kontemporer. Ada dua galeri yakni Galeri Apel dan Galeri Jeruk. Pada galeri apel didominasi dengan warna putih berkonsep kubus dengan pencahayaan yang terkontrol. Sedangkan di galeri jeruk terlihat langit-langitnya tinggi dan ada skylightnya. Isi koleksinya berasal dari 16 seniman mulai dari Aditya Novali, Arin Dwihartanto Sunaryo, Bagus Pandega, Davy Linggar, Faisal Habibi, Kei Imazu, Luqi Lukman, Maruto, Mei Homma, Mella Jaarsma, Nadira Julia, Nadya Jiwa, Syagini Ratna Wulan, Syaiful Aulia Garibaldi, Tromarama dan Hahan Handoko. Sayangnya, art space ini berkonsep nomaden.

Sumber Gambar: Google Maps @leo kim

Terhitung sejak 24 Agustus 2022 hingga 2 Oktober 2022, ROH Projects terbuka untuk umum di Jl. Surabaya No.66, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jaraknya hanya 3 kilometer saja dari Stasiun Manggarai. Buka setiap hari Rabu-Jumat pukul 1 siang-7 malam dan Sabtu-Minggu pukul 11 siang-7 malam. Tidak ada biaya tiket masuk alias gratis, pengunjung hanya diwajibkan untuk reservasi sebelum datang. Yuk, segara berkunjung selagi buka!

Taman Tangkuban Perahu

Wisata gratis berikutnya yakni sebuah taman yang letaknya ada di Jalan Tangkuban Perahu, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Jaraknya hanya 3,5 kilometer dari Stasiun Manggarai melewati kawasan Pasar Rumput. Lokasi taman ini berhadapan dengan Masjid Jami Tangkuban Perahu dan dikelilingi aneka kuliner dari pedagang kaki lima.

Sumber Gambar: travelxtrans.com

Pengunjung bisa bersantai dibawah pepohonan sambil menikmati keteduhan dari area taman. Jangan lupa pesan segelas es doger dan mie ayam gerobakan yang ada disekitar taman. Fasilitas umum yang tersedia cukup lengkap mulai dari bangku taman, area bermain anak, jogging track dan lapangan basket.
From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.