in

Kampung Soroba, Filosofi Menarik Di Kampung Wisata Ini

Sumber Gambar: adira.co.id

Mendekati bulan Agustus dimana ada salah satu pagelaran festival budaya tahunan yang bakalan sayang banget nih untuk dilewatkan! Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Festival Budaya Lembah Beliem kan? Nah, di festival tahun ini ada salah satu kampong wisata yang wajib banget untuk dikunjungi yaitu Kampung Soroba. Kampung ini menjadi salah satu dari tiga pilihan kampong wisata yang ditawarkan di Festival Budaya Lembah Beliem.

Festival Budaya Lembah Beliem merupakan agenda tahunan yang diadakan setiap bulan Agustus, festival ini sudah ada sejak tahun 1989 dan tetap berlanjut hingga kini. Adanya pagelaran budaya seperti ini membawa dampak positif untuk tanah Papua, utamanya untuk sektor pariwisatanya. Setiap tahunnya, ada ribuan wisatawan domestik maupun asing hadir di festival ini. Keindahan budaya dan alam tanah Papua memang menjadi daya tarik yang sangat unik dan khas ya!

Menikmati Sensasi Tinggal di Rumah Honai Kampung Soroba

Sumber Gambar: contoh.kemendesa.go.id

Indonesia memang memiliki beraneka ragam suku dan budaya, keberagaman inilah yang membuat Indonesia semakin menarik dan indah. Setiap daerah di Indonesia memiliki rumah adatnya masing-masing, dimana setiap rumah adat memiliki filosofi dan ciri khasnya masing-masing. Rumah adat Papua dikenal sebagai Honai yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami. Jika dilihat sekilas, rumah adat Papua memiliki bentuk yang unik seperti jamur.

Apakah rumah ini bisa ditinggali? Jika kamu penasaran, maka kamu bisa mendapat jawabannya dengan mengunungi Kampung Soroba. Kampung ini memiliki beberapa rumah Honai yang secara langsung dikelola oleh masyarakat setempat. Nah, disinilah kamu bisa merasakan secara langsung sensasi tinggal di dalam rumah adat Honai. Pengalaman yang seperti ini akan sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan nuansa liburan yang berbeda dan lebih fresh.

Kampung ini berada di wilayah Lemah Baliem, wamena, Jayawijaya. Untuk menuju kesini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 6 km dari jalan raya. Namun jangan khawatir karena lelah yang kamu rasakan akan terbayarkan setelah melihat keindahan kampung ini. Letaknya yang berada di kawasan yang masih sangat asri akan membuatmu nyaman dan betah untuk berlama-lama. Agar lebih bisa merasakan sensasi ketika menginap di Rumah Honai, berikut ini beberapa hal menarik dari rumah Honai yang perlu kamu ketahui.

  • Bentuk Rumah Yang Mungil

    Sumber Gambar: cendananews.com

Di dalam rumah Honai hanya terdapat satu perapian di tengah ruangan sebagai tempat untuk berkumpul sehingga tidak kedinginan. Karena bentuknya yang mungil, rumah ini tidak memiliki pembagian ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan lain-lain.

  • Sebagai Simbol Kepribadian dan Harga Diri

Rumah Honai terbuat dari 100% bahan alami yang bisa didaur ulang seperti kayu, anyaman, hingga jerami yang semuanya bisa didapatkan dengan mudah. Hal inilah yang menjadikan rumah Honai sebagai simbol kepribadian dan harga diri.

  • Memiliki Nilai Menjaga Kesatuan dan Persatuan

Kesatuan dan persatuan yang dimaksud adalah dalam pembuatannya, rumah Honai dibuat oleh penduduk setempat dengan bergotong royong. Selain itu, keberadaannya yang masih ada hingga kini merupakan bukti bahwa budaya yang ditinggalkan oleh leluhur masih tetap terjaga dan menyatukan generasi penerus untuk melanjutkannya.

Untuk bisa menikmati bagaimana tinggal di rumah Honai Kampung Soroba, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 250.000 per orang. Beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah tempat tidur yang nyaman, keamanan 24 jam, dan makanan tradisional yang sangat enak! Yuk, tunggu apalagi! Segera nikmati sensasi tinggal di Rumah Honai!