in

Main Ke Hulu Sungai Utara, Yuk Mampir Ke Pasar Alabio

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Hasbi Rais

Selain wisata alam dan religi ada juga wisata pasar yang terkenal di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa yang sering terdengar yaitu pasar Klewer di Solo, pasar Beringharjo di Jogja, dan pasar Seni Sukowati di Bali. Mereka semua memiliki ciri khas yang berbeda hingga wisatawan berbondong datang. Namun, tahukah kamu jika di Kalimantan Selatan juga ada pasar yang tak kalah menarik? Maka dari itu simak ulasan Main Ke Hulu Sungai Utara, Yuk Mampir Ke Pasar Alabio berikut ini!

Ada Keunikan Tersendiri Berkunjung ke Pasar Alabio

HSU atau Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terletak di Kalimantan Selatan adalah sebuah daerah dengan banyak keunikan. Daerahnya sebagian besar terdiri dari dataran rendah dan rawa khas Kalimantanan. Meski begitu tidak membuat wisatawan surut untuk datang berkunjung ke sana. Satu dari sekian alasannya yaitu karena adanya pasar Alabio.

  • Jual alat khas pedesaan sana

Uniknya pasar Alabio menjual peralatan khas pedesaan seperti, lukah, tangguk, dan juga lunta. Ada pula makanan dan minuman yang dijual denga harga terjangkau. Satu yang harus dan wajib di beli adalah telur asin itik yang telah terkenal hingga ke mancanegara. Telur asin di sini berbeda dari yang ada pada umumnya karena dibuat dari telur hasil itik Alabio pilihan.

Untuk menambah daya tarik wisatawan, pemerintah HSU telah merenovasi pasar Alabio beberapa tahun silam. Pengelola pasar menambahkan berbagai fasilitas demi kenyamanan pengunjung. Mereka juga terus menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk terus mempromosikan pasar Alabio agar semakin ramai.

  • Buka pagi dan malam

Tak hanya pasar yang buka di pagi hari, ternyata pasar Alabio juga buka pada malam hari alias pasar malam Alabio wisatawan menyebutnya. Sama seperti pada pagi hari ketika malampun pasar ini tetap menyediakan kebutuhan pokok juga.

Jadi, ketika tidak sempat berbelanja pada siang hari para pengunjungpun tetap bisa membelinya pada saat malam. Bedanya pasar Alabio saat siang dan malam adalah ketika malam pasar lebih cantik karena lampu-lampu yang menghiasai setiap sudut pasar.

  • Ada makanan/jajanan khas

Jajanan ringan juga lebih banyak dijual pada malam hari, sebut saja Keripik Marning, Pais Sagu, Kue Cincin Talipuk, dan Apam Lumba. Selain bisa di nikmati secara langsung di  sana, banyak juga yang sengaja membelinya untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh. Alasan lain yang membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung mungkin juga karena pasar Alabio merupakan salah satu pasar tertua di HSU.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Hulu Sungai Utara khususnya pasar Alabio tidak harus datang pada hari pasar atau hari Rabu. Pasalnya tempat ini juga buka pada saat malam minggu, dan lebih ramai pastinya.

Banyak turis dari luar kota yang memilih datang pada malam minggu karena sekalian menikmati wisata lain di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Nah, gimana kamu sudah mulai tertarik belum untuk datang ke tempat ini? Sempatkanlah pasti gak akan rugi!

Demikian ulasan menarik mengenai Hulu Sungai Utara Dan Pasar Alabio pada kesempatan kali ini. Tentunya, kamu wajib memasukkan tempat ini ketik berkunjung ke Kalimantan Selatan. Selain kamu bisa mencicipi berbagai makanan tradisonal yang khas kamu juga bisa banget lho belajar mengenai budaya masyarakat setempat. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata liburan kamu nantinya ya.