in

Kerbau Rawa, Wisata di Tanah Laut Yang Paling Unik

Sumber Gambar: infopubliknews.com

Sebagai warga Indonesia khususnya Kalimantan Selatan harus berbangga diri karena punya banyak destinasi wisata yang unik. Salah satu yang paling menarik tepatnya di Tanah Laut, Banjarmasin ada tempat wisata Kerbau Rawa yang unik. Ya, tempat yang satu ini menjadi pilihan banyak wisatawan untuk berinteraksi dengan kerbau yang notabenenya sebagai hewan peliharaan utama.

Daya Tarik Kerbau Rawa Perlu Kalian Ketahui Keunikannya

Ada banyak daya tarik dari tempat wisata Kerbau Rawa ini sehingga tak pernah sepi pengunjung, yaitu:

  1. Kandang Kerbau yang Berada di Atas Rawa

Daya tarik yang pertama terlihat dari kandang kerbau yang terletak di atas rawa. Ya, Anda tak salah dengar. Kandang tersebut dibangun di atas air yang menggenang di bawahnya. Inilah yang menjadi menarik karena umumnya kandang kerbau berada di daratan atau di atas tanah.

Namun, kerbau-kerbau ini memang sudah terbiasa hidup di atas air. Mereka tetap bertahan hidup bahkan hingga beranak pinak di sana. Apakah tidak kedinginan? Perlu diketahui bahwa kerbau merupakan hewan yang memiliki suhu tubuh yang cukup tinggi sehingga tak masalah dengan keadaan ini.

  1. Kerbau yang Jinak dan Bisa Ditunggangi

Melanjutkan penjelasan pada poin pertama bahwa kerbau merupakan hewan yang bersuhu tinggi sehingga dengan kandang di atas rawa, peternak lebih mudah mendinginkannya. Setiap pagi para peternak di sana langsung membuka kandang dan kerbau pun otomatis turun dan berenang di rawa.

Sumber Gambar: banjarmasin.tribunnews.com

Kerbau-kerbau ini berenang bebas di sana sembari memakan rerumputan yang tumbuh ke atas air. Dengan cara ini maka suhu tubuhnya menjadi lebih stabil dan tidak mudah kepanasan. Lalu, pada sore harinya dimasukkan ke dalam kandang kembali.

Kerbau di sini sangat jinak bahkan Anda bisa menungganginya sembari berenang di atas air. Tentu tak sembarang kerbau, Anda harus mendapatkan izin dari si pemilik karena mereka yang mengetahui karakteristik dan kekuatan kerbau.

  1. Sampan yang Bisa Digunakan untuk Berkeliling di Rawa

Jika Anda tak ingin basah karena air maka ada sampan milik warga yang bisa Anda g.unakan untuk berkeliling. Ya, rawa tersebut cukup luas sehingga Anda bisa mengelilinginya dengan menggunakan sampan.

Anda akan menemukan pemandangan yang luas biasa dari tumbuhan air yang muncul di permukaan. Ya, tanaman tersebut memberikan kesan yang segar karena memiliki warna hijau. Ya, tanaman tersebut sering juga menjadi santapan para kerbau.

Kebanyakan pengunjung datang pada saat pagi hari yang mana masih berkabut. Selain itu juga banyak yang datang di sore hari untuk mengabadikan aktivitas peternak yang menggiring kerbaunya masuk ke dalam kandang.

  1. Warga Setempat yang Sangat Ramah

Selain daya tarik dari kerbau dan rawa, tempat ini juga meninggalkan kesan yang indah karena keramahtamahan warga. Ya, warga setempat memang sangat ramah kepada pengunjung.

Mereka tak segan menjelaskan berbagai pertanyaan yang muncul di benak para wisatawan walaupun mungkin pertanyaannya tak jauh berbeda setiap harinya. Mereka juga dengan sabar mengantar berkeliling rawa dengan menggunakan sampan sederhana yang dimiliknya.

Nah banyak sekali daya tarik dari Kerbau Rawa, wisata di Tanah Laut ini bukan? Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Banjarmasin jangan lupa untuk mampir serta berfoto ria bersama ternak warga yang satu ini. Semoga Anda bisa segera diberikan kesempatan untuk ke sana dan bersenang-senang dengan kerbau yang jinak tersebut.