in

Menu Kepala Ikan Yang Jadi Rebutan, Warung Makan Artis Kuah Asam Tenau Tak Pernah Sepi Pengunjung

Sumber Gambar: Google Maps @Hari Widodo

Kota Kupang, kota yang terletak di pesisir Teluk Kupang ini memang terkenal dengan keindahan wisata budaya dan juga wisata baharinya. Tidak hanya itu Kota Kupang memiliki kuliner lokal yang khas dan tidak kalah dengan daerah lain. Terutama olahan laut yang notabene menjadi keunggulan Kota Kupang karena terletak di pesisir Teluk Kupang.

Mau itu olahan yang dibakar, digoreng atau diberi kuah Kota Kupang memilikinya dan dijamin kalau ikan yang mereka gunakan adalah ikan yang segar karena baru saja ditangkap atau dipancing di hari yang sama. Maka tidak aneh kalau sahabat Wisato menemukan banyak sekali Warung Makan atau Restoran yang menjual olahan ikan di Kota Kupang ini.

Walaupun begitu banyak yang menjual olahan ikan di Kota Kupang ini, ada satu warung makan bernama “Warung Makan Artis Kuah Asam Tenau” yang berlokasi di Jalan M Praja, Kelurahan Alak, Kota Kupang, NTT. Warung makan yang letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Tenau ini telah menjadi salah satu ikon masakan kuah asam ikan paling FENOMENAL di ibu kota NTT.

Tidak Pernah Sepi

Sumber Gambar : Instagram @lolly_saini

Bagaimana tidak fenomenal coba, enam hari dalam seminggu warung makan ini tidak pernah sepi, bahkan yang makan disini tidak hanya orang biasa tetapi juga pejabat dan artis. Untuk membuktikan kalau artis dan pejabat sering makan disini maka pemilik warung makan ini pun tidak lupa meminta untuk berfoto bersama. Kemudian memajang foto tersebut di warung makan nya, malah baru – baru ini food vlogger yang sedang naik daun juga menyempatkan untuk berkunjung ke rumah makan ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Arif Usman575

Semua menu makanan yang disediakan warung makan ini selalu habis ludes karena sangat digemari oleh para pelanggan nya. Mulai dari Ikan Asap, Gule Sapi, Sambal Goreng hingga menu andalan mereka yaitu Ikan Kuah Asam. Makanya kalau sahabat Wisato ingin mencoba makanan di Warung Makan Artis Kuah Asam Tenau ini datangnya lebih awal karena kalau tidak sudah pasti kehabisan.

Menu Kepala Ikan Limited Edition

Sumber Gambar : Instagram @kupangeats

Kalau ada satu menu yang selalu menjadi “rebutan” di Warung Makan Artis Kuah Asam Tenau ini sudah pasti adalah menu Kepala Ikannya. Menu kepala ikan ditempat ini begitu digemari karena selain rasanya yang lezat tetapi juga disediakan dalam porsi yang terbatas. Dalam satu harinya menu kepala ikan ini hanya disediakan sebanyak 25 buah saja, jadi siapa yang cepat dia yang dapat.

Walaupun para sahabat Wisato bisa melakukan inden atau memesan terlebih dahulu baru kemudian sesampainya di Warung Makan Artis Kuah Asam Tenau, kalian juga harus rebutan agar dapat memesan menu tersebut terlebih dahulu. Menurut pemilik warung makan para pejabat sangat menggemari menu kepala ikan di warung miliknya. Dan masih menurut sang pemilik warung kalau warung nya ini mendapat masukan omzet sebesar Rp. 30.000.000 perharinya andai saja warung makan miliknya sedang ramai.

Diolah Dari Bahan – Bahan Segar

Sumber Gambar : Instagram @kupangeats

Selain paduan dari bumbu – bumbu yang digunakan untuk memanjakan lidah kita, salah satu alasan hidangan di warung makan ini begitu digemari adalah segarnya bahan baku yang mereka gunakan. Terutama bahan baku utamanya yaitu ikan itu sendiri, membuat hidangan yang mereka sajikan jauh dari kata amis. Apalagi cara masaknya yang membuat bumbu – bumbunya meresap hingga ketulang.

Untuk menjaga bahan – bahan yang digunakan selalu segar, setiap hari nya warung makan ini memiliki penyetor ikan dari kalangan nelayan. Sehingga ikan yang mereka dapatkan dan olah selalu “fresh from the sea”. Demi mendapatkan sensasi makan yang lebih nikmat banyak dari pengunjung memilih untuk makan menggunakan tangan. Karena mereka bisa menikmati semua bagian dari hidangan yang sedang disantap.

Untuk harga menunya sendiri nasi ikan kuah asam dibanderol Rp. 20.000, kepala ikan plus nasi Rp. 46.000, ikan goreng Rp. 50.000 dan sambal cobek Rp. 25.000. Harga yang sebenarnya tidak murah -murah amat tetapi tidak menyurutkan niat para pelanggan setia Warung Makan Artis Kuah Asam Tenau.