in

 Bikin Ketagihan, Warung Gudeg Ceker Bu Kasno yang Melegenda di Kota Solo

Sumber Gambar: Instagram @kulinerdisolo

Kota Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal juga akan wisata kulinernya. Kota ini sangat recommended bagi kamu yang sedang berburu kuliner. Bahkan saat malam menjelang subuh pun, kota ini masih memiliki wisata kuliner yang sangat lezat. Salah satu contohnya adalah Gudeg Ceker Bu Kasno.

Seperti yang biasanya kita jumpai di daerah lain tempat tempat kuliner akan buka pada pagi ataupun malam hari. Namun berbeda lagi dengan Gudeg Ceker Bu Kasno, warung ini akan buka pada dini hari. Karena itulah warung Gudeg Bu Kasno ini dijuluki sebagai tempat nongkrongnya para kalong. Maksudnya warung ini menjadi tempat favorit bagi orang yang sering berkeliaran saat malam hari.

Warung Gudeg yang Hanya Buka Pada Dini Hari

Sumber Gambar: Instagram @noszh

Biasanya pada tengah malam suasana disekitar akan sangat sepi, dan akan sangat sulit untuk mencari makanan. Namun tidak untuk di Solo, disini kamu dapat mampir ke warung Gudeg Ceker Bu Kasno yang buka pada dini hari. Gudeg yang digemari banyak orang ini memiliki rasa yang nikmat dan sangat lezat.

Memang ada banyak warung gudeg lain yang dapat anda jumpai ketika malam hari. Akan tetapi cita rasa dari Gudeg Ceker Bu Kasno sendiri tidak dapat kamu temui di warung gudeg lainnya. Biasanya saat jam jam tengah malam anda akan melihat banyaknya kendaraan yang terparkir di sebelah warung ini. ternyata banyak dari pemilik kendaraan ini sudah menunggu Bu Kasno yang keluar dari rumahnya dan membuka warung Gudeg tersebut.

Bu Kasno merupakan seorang wanita paruh baya yang telah meracik dan membuat Gudeg Ceker Bu Kasno menjadi sangat lezat sejak tahun 1970. Dan ternyata resep gudeg ceker ini adalah warisan dari ibunya sejak tahun 1932. Karena banyaknya orang yang telah menunggu bahkan sebelum warung ini buka, maka antrean pun akan sangat panjang. Disini dapat kamu temui jejeran bakul bakul penuh lauk di depan Bu Kasno. Tangan yang sangat terampil dari Bu Kasno dapat sangat cepat dalam melayani para pembelinya yang sangat ramai. Gudeg ini akan dilengkapi dengan nasi gurih, ayam kampung, sambal krecek, dan ditambah dengan kuah santannya.

Baca Juga: Bubur Ikan Ahian Bubur Gurih Dengan Berbagai Toping Ikan Empuk

Nasi yang dimasak dengan cara liwet ini memang akan sangat terasa gurihnya. Bahkan kuah yang dituangkan di atasnya akan sangat terlihat menggugah selera. Perpaduan yang pas dan bumbu yang meresap inilah yang menjadikan Gudeg Ceker Bu Kasno begitu digemari oleh banyak orang. Bahkan kampung disini memiliki tekstur yang sangat empuk. Ketika kamu ingin mengambilnya dengan tangan, daging ayam ini bisa lepas dari tulang. Ternyata rahasia di baling ini adalah teknik memasak ayam kampung yang telah dimasak oleh Bu Kasno dari pukul 10 pagi dan merebusnya hingga berwarna kecoklatan.

Menu Gudeg Ceker Bu Kasno

Sumber Gambar: Google Maps @Aulia Ardiani

Warung yang buka pada dini hari ini memiliki menu utama yang digemari banyak orang. Dalam seporsi gudeg ini kamu dapat menemukan nasi gurih yang ditemani oleh ayam kampung yang empuk, kuah kaldu, dan sambel krecek. Tentunya sebagai warung yang terkenal akan cekernya, kamu juga akan menemukan ceker yang melegenda dalam seporsi gudeg tersebut.

Tidak hanya satu atau dua ceker saja yang dapat anda nikmati dalam seporsi gudeg ini. akan tetapi kamu akan mendapat 10 buah ceker ayam yang disiram dengan santan yang kental. Hati hati, ceker yang disiram dengan kuah kental ini akan membuat ketagihan dan tidak cukup ketika menyantapnya jika hanya satu porsi. Untuk makanan pokoknya selain nasi gurih, warung Bu Kasno juga menyediakan bubur sebagai pengganti nasi. Jadi, bagi kamu yang bosan dengan seporsi nasi gurih, kamu juga dapat menggantinya dengan bubur yang tentunya tidak kalah enak dari nasi gurihnya.

Gudeg Ceker Bu Kasno dapat kamu temui di Jl. Monginsidi, Margoyudan, Solo. Jika dari stasiun balapan, warung ini dapat kamu temui hanya dengan berjalan lurus saja ke arah timur sekitar jarak satu kilometer. Gudeg ini Buka setiap hari dan hanya buka pada pukul 01.30 sampai 07.00 pagi.

Namun, bagi kamu yang tidak bisa keluar saat dini hari kamu bisa mengunjungi beberapa cabang dari Gudeg Ceker Bu Kasno yang juga terdapat di Kota Solo. Kamu dapat mampir ke Gladag langen Bogan yang buka pada pukul 5 sampai 10 malam, lalu Jl. Honggowoso No 92 yang buka dari pukul 7 sampai 12 malam. Atau opsi lain kamu dapat mampir ke Wedangan Pak Gendhut yang buka pada pukul 4 sore sampai pukul 12 malam.

Jadi jika kamu sedang berjalan jalan ke Solo, jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner yang satu ini. selain menambah pengalaman kulineran kamu, tentunya disini juga akan menciptakan kenangan cita rasa yang tak dapat terlupakan.