OUR NETWORK

Masjid Agung Al-ittihad Masjid Megah Berkubah Zamrud

Sumber: portaltebo.id

Bagi kalian pecinta wisata religi atau kalian yang bosan dengan wisata alam, maka kalian dapat coba mencoba mengunjungi masjid agung al-atthihad yang berada di jambi. Tepatnya masjid ini terletak di jalan Muara Bungo Jambi, Pal 2, Muara  Bedaro Rampak, Tebo, Kabupaten Tebo. pembangunan masjid agung Al-Ittihad Tebo ini dimulai dengan peletakan batu pertama di tahun 2013. Yang kemudian dilanjutkan dengan proses pembangunan yang dapat dikatakan cukup singkat yaitu hanya memakan waktu sekitar selama kurang lebih dua tahun. Pada tanggal 9 Maret 2015, Masjid Agung Al-Ittihad telah selesai dibangun dan diserahkan dari PT. Nindya Karya Selaku kontraktor pembangunan masjid kepada Dinas PU kabupaten Tebo dengan total biaya pembangunan mencapai Rp. 60 Milyar Rupiah.

Sumber: anugerahkubah.com

Walaupun telah selesai dibangun dan telah melalui proses serah terima bukan berarti masjid dapat langsung digunakan karena masih ada beberapa perbaikan yang harus dilaksanakan untuk memastikan masjid dalam kondisi yang sempurna bagi para warga ataupun wisatawan yang menggunakan masjid tersebut. Perbaikan-perbaikan tersebut termasuk mempersiapkan segala kelengkapan masjid, contohnya  pengujian pasokan air, lampu-lampu penerangan, pasokan listrik cadangan, toilet, sound system dan sebagainya.

Baru pada bulan suci Romadhan 1436H/Juli 2015 masjid ini mulai dibuka untuk umum dan sekaligus menjadi sholat Idul Fitri pertama yang diselenggarakan di masjid ini dihadiri oleh Bupati Tebo H.Sukandar dan Sekda Tebo Noor Setyo Budi serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Tebo dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tebo. Para jemaah yang menghadiri shalat idul fitri di hari itu mamiliki antusias yang begitu tinggi untuk menunaikan sholat Ied di masjid Agung yang baru tersebtu, bahkan jemaah tidak datang dari mereka yanng tinggal didekat masjid ataupun berasal dari ibukota kabupaten tetapi para jemaah juga datang dari berbagai daerah kabupaten Tebo yang tumpah ruah di masjid contohnya seperti mereka yang datang dari Muara Tebo.

Sumber: portaltebo.id

Masjid Agung Al-Ittihad Tebo ini memiliki arsitektur Masjid Universal dengan kubah besar berwarna hijau di atap masjid yang ditambah dengan empat ornamen semi kubah di ke-empat penjuru atap. Selain itu masjid ini juga memiliki empat bangunan Menara berdenah segi empat di ke-empat penjuru bangunan masjid yang masing-masing dibangun terpisah dari bangunan utama. Bangunan masjid ini ternyata juga menggunakan begitu banyak bentuk geometris, contohnya di sisi timur masjid terdapat area plaza yang cukup luas sebagai area tambahan untuk menampung Jemaah sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain dari itu, masjid Agung Al-ittihad Tebo juga dilengkapi dengan  area parkir dan taman yang cukup luas hingga mencapai 3.300 meter persegi.

Fasilitas dan bagian dalam di masjid ini juga memiliki luas dan keindahan artistik yang sesuai dengan tampak luarnya. Dimana untuk pintu masuk sendiri terdapat tujuh pintu, yaitu Dua di kanan, dua di kiri, dan tiga di belakang yang dapat kalian pilih untuk memasuki ruangan yang di setiap pintu yang berwarna cokelat tersebut, terdapat ventilasi udara yang berwarna emas.

anugerahkubah.com

Di dalam masjid kalian juga dapat melihat hiasan di dinding-dinding masjid. Hiasan di kubah hijau itu juga dapat dilihat dari dalam dengan sebuah lampu yang tergantung di sana yang pada saat malam hari akan dinyalakan dan akan menampilkan kesan yang berbeda pada saat siang harinya. Di sana juga terdapat beduk besar yang memiliki diameternya sekitar 1 meter dilapisi oleh kulit yang dipaku kuat di sisi-sisi kayu dan tergantung di sebuah tempat penyangga. Di sampingnya juga ada benda menyerupai kentongan yang berwarna hitam.

Tempat wudhu sendiri, untuk laki-laki dan perempuan berada di belakang masjid. Sedangkan Toilet berada di sebelah kiri masjid tepatnya terletak di luar bangunan. Jika Anda berkunjung kalian dapat menggunakan sandal-sandal yang telah tersedia di sana. Sedangkan di halaman masjid kalian dapat melihat pohon-pohon dan tanaman hijau terawat yang tampak dari kejauhan. Selain itu kalian juga tidak perlu takut kehabisan tempat parkir karena masjid ini memiliki fasilitas parkir yang luas baik untuk sepeda motor maupun mobil.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…