OUR NETWORK

Masjid Istiqlal Bandar Jaya Sebagai Masjid Favorit Dan Lengkap Akan Fasilitas Kompleks

Sumber: ragamlampung.com

Masjid Istiqlal Bandar Jaya menjadi tempat ibadah paling populer dan paling favorit semua orang tanpa terkecuali. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari permainan fasilitas intern maupun ekstern.

Semua fasilitas yang ada, membuat semua orang yang berada di masjid ini sangat ingin berlama – lama di masjid tersebut. Bahkan hingga seharian penuh. Sehingga desain dari masjid pun seperti diabaikan dan menjadikan hal yang tidak cukup penting.

Sumber: ragamlampung.com

Untuk desain dari Masjid Istiqlal Bandar Jaya memang tidak begitu istimewa dan terkesan monoton. Karena konsep arsitektur pada masjid sama seperti masjid pada umumnya, jadi tidak begitu mencolok.

Sebenarnya desain dari masjid ini cukup unik. Konsep bangunan Timur Tengah sangat khas dengan bentuk bangunan masjid berupa silinder. Lalu konsep tersebut menyatu dengan konsep rumah kaca. Masjid ini mempunyai sebuah menara. Masjid istiqlal Bandar Jaya mempunyai 2 buah kubah dengan ukuran berbeda. Kubah yang pertama terletak di bangunan utama dan memiliki ukuran besar. Kubah yang kedua terdapat di depannya dengan ukuran lebih kecil dan berfungsi sebagai atap teras masjid.

Sumber: kupastuntasco.blogspot.com

Pada bagian pilar – pilar di bagian tengah, terdapat suatu hiasan yang berupa potongan ayat suci alquran. Untuk bagian langit – langit dihiasi dengan motif yang mempercantik tampilannya. Dinding masjid pun sebagian besar telah dilengkapi dengan keramik, jadi masjid pun senantiasa bersih.

Lokasi Masjid Istiqlal Bandar Jaya

Masjid ini berada di daerah yang sangat strategis dan sangat dekat dengan sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Lampung Tengah. Lalu letaknya juga terdapat di daerah perbatasan, sehingga mudah untuk dijangkau dari arah manapun. Pusat perbelanjaan tersebut yaitu Plaza Bandar Jaya.

Alamat dari masjid istiqlal Bandar Jaya yaitu Jalur Timur Sumatra, tepatnya berada di Jl Proklamator Raya, ds Bandar Jaya, Kec Terbanggi Besar, Kab Lampung Tengah. Untuk lokasi tersebut tidak membutuhkan waktu perjalanan yang Lama dari pusat kota Bandar Lampung. Waktu perjalanan pun hanya membutuhkan waktu ±45 menit. Sedangkan untuk rute jalannya cukup dengan menyelusuri jalur lintas Sumatra menuju ke arah Utara.

Fasilitas Masjid Istiqlal Bandar Jaya

Masjid istiqlal Bandar Jaya mempunyai berbagai macam fasilitas yang cukup kompleks. Berikut ini adalah fasilitas yang ada di masjid istiqlal Bandar Jaya :

1. Mempunyai banyak toilet

Masjid yang satu ini mempunyai fasilitas toilet yang sangat memadai. Selain kondisi toilet yang cukup bersih, namun jumlah toilet yang tersedia cukup banyak.

Dengan jumlah toilet yang cukup banyak, membuat semua pengunjung dapat langsung menggunakan toilet. Selain itu tidak perlu mengantri dalam waktu cukup lama serta tidak terlalu berdesak – desakkan.

2. View malam dan siang Masjid istiqlal Bandar Jaya sangat menakjubkan

Masjid ini dapat disaksikan dalam sepanjang waktu, mulai dari pagi hari hingga malam pesona dari masjid cukup memikat hati. Untuk view pada siang hari, akan terlihat cukup jelas konstruksi masjid dengan konsep bangunan middle east / timur tengah. Kemegahan dari masjid juga terlihat sangat jelas.

Sedangkan pada malam hari, view masjid pun berubah cukup drastis dari kesan megah menjadi gemerlap. Pada malam hari masjid ini dapat bersinar dengan terang dan mencolok. Cahaya yang dihasilkan dari masjid Istiqlal Bandar Jaya cukup cantik dengan warna gold yang bersinar.

Dengan cahaya tersebut membuat masjid ini sangat mudah untuk ditemukan pada malam hari. Cukup dengan mengikuti cahaya yang terpancar dari masjid ini.

3. Tempat parkir yang cukup luas

Sumber: newslampungterkini.com

Masjid ini sebenarnya memiliki tempat parkir yang cukup luas. Hanya banyak yang beranggapan bahwa area parkir Masjid istiqlal Bandar Jaya Lampung ini cukup sempit.

Kondisi tersebut, sebenarnya hanya disebabkan oleh jumlah pengunjung meningkat setiap harinya. Terlebih lagi sebagian besar pengunjung yang datang, pasti selalu membawa kendaraan pribadi, entah itu mobil ataupun motor.

Jumlah pengunjung dan kendaraan yang semakin meningkat, membuat area parkir yang tersedia hampir tidak mampu menampung semua kendaraan yang ada. Untuk lonjakan pengunjung yang cukup fantastis, biasanya terjadi pada bulan Ramadan. Beberapa pengunjung yang tidak kebagian tempat parkir, menjadi hal yang cukup wajar.

4. Free mineral water and coffee

Untuk fasilitas yang satu ini menjadi fasilitas paling favorit dan diincar oleh untuk setiap pengunjung. Fasilitas ini juga menjadi satu – satunya fasilitas yang cukup eksklusive bagi setiap orang. Fasilitas ini juga yang membuat semua pengunjung betah di masjid hingga seharian penuh.

5. Ruang full AC

Fasilitas ini juga menjadi fasilitas yang sangat disukai oleh setiap pengunjung yang ada. Dengan fasilitas ini, suasana di dalam ruangan menjadi sangat nyaman dan sejuk. Fasilitas inilah yang juga menjadikan masjid istiqlal Bandar Jaya menjadi rest area paling baik yang ada di Lampung. Dengan beristirahat di dalam masjid ini, membuat tubuh melepas penat dengan sempurna. Selain itu dapat mengisi energi dengan fasilitas free drinking yang ada. Sehingga dapat melanjutkan perjalanan kembali dengan kondisi tubuh bugar.

6. Area food court tertata dengan rapi

Masjid ini menyediakan area food court yang rapi, tertib dan teratur serta sangat nyaman. Area food court tersebut terdapat beberapa pedagang kaki lima yang menyediakan berbagai macam menu. Jadi dapat memilih menu yang dikehendaki.

Dalam area food court juga sangat nyaman. Area food court dilengkapi dengan beberapa bangku dan meja makan. Lalu juga dilengkapi dengan atap. Untuk bangku dan meja makan merupakan milik bersama dan bukan merupakan area individual bagi setiap pedagang yang ada.

Area food court pada masjid istiqlal Bandar Jaya ini menjadikan kelebihan yang cukup istimewa. Konsep area food court juga menjadikan contoh yang cukup baik untuk masjid lainnya. Karena pada masjid lain, kondisi pedagang kaki lima sangat tidak teratur, berantakan dan tidak tertib.

7. Taman air menari

Untuk area yang satu ini menjadi salah satu spot foto yang cukup ikonik bagi masjid istiqlal Bandar Jaya Lampung ini. Dengan taman air menari, membuat fungsi masjid sebagai tempat wisata menjadi sempurna. Selain itu, taman air menari membuat pesona dari masjid menjadi lebih cantik dan menawan.

Taman air menari ini merupakan sebuah air mancur. Bentuk dari pancuran yang dihasilkan cukup variatif dan cantik. Pesona dari taman air menari menjadi lebih cantik bila disaksikan pada malam hari. Karena air mancur dihiasi dengan cahaya lampu warna – warni. Dengan hal itu, membuat view air mancur menjadi gemerlap. Air mancur pun tidak hanya menjadi spot foto ikonik pada siang hari, namun juga pada malam hari.

Dengan view air mancur tersebut, membuat fungsi dari masjid sebagai tempat wisata semakin kompleks. Sehingga tidak hanya sebagai sarana tempat ibadah, namun juga sebagai rest area, wisata kuliner hingga spot foto.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…