in

Menilik Koleksi Transportasi di Museum Angkut Kota Batu

Sumber Gambar: sanjayatour.com

Pergi sejenak untuk sekedar melepas lelah dari sibuknya aktivitas sehari – hari memang perlu kita lakukan. Tetapi terkadang untuk menentukan tempat berlibur nampaknya agak sedikit susah ya Travellers? Banyak hal yang harus dipikirkan mulai dari biaya, jarak, perlengkapan yang memadai hingga kondisi tubuh yang menjadi bagian penting untuk bisa berlibur.

Nah, salah satu destinasi wisata unik yang pastinya tidak akan membosankan dan tidak mahal ini pasti akan membuat travellers rasanya ingin cepat – cepat mengunjunginya.

Destinasi wisata yang satu ini berada di Jawa Timur tepatnya di kota wisata Batu.

Museum Angkut

Sumber Gambar: Instagram @christianvirgan

Terdengar dari namanya saja sudah bisa kita simpulkan bahwa tempat ini merupakan tempat yang mengandung nilai sejarah / historis. Museum Angkut berisi alat – alat transportasi dari masa ke masa yang berasal tak hanya dari Nusantara namun hingga transportasi di dunia. Museum ini memiliki ratusan koleksi alat transportasi di dalamnya mulai dari transportasi di era tradisional hingga modern.

Beberapa koleksi alat transportasi era tradisional misalnya pedati, sepeda ontel, becak dan dokar. Sedangkan koleksi alat transportasi modern yang ada di Museum Angkut misalnya mobil – mobil dari jaman dulu hingga mobil listrik ada disini.

Sumber Gambar: Instagram @gallerysekar_

Museum Angkut sendiri mengusung desain klasik hingga modern. Desain nya sengaja dibuat menyerupai negara – negara asal dari kendaraan yang ada di museum tersebut. Misalnya, pada etalase mobil parade Ratu Inggris II maka desain yang diusung seperti layaknya di Uni Eropa. Sangat totalitas ya Travellers!

Sumber Gambar: Instagram @rosieflvyy

Hal tersebut pastinya menjadi salah satu nilai tambah yang dimiliki Museum Angkut untuk menarik pengunjung karena pengunjung akan merasakan suasana berbagai negara di dalam 1 tempat wisata.

Sumber Gambar: Instagram @yunita_ys11

Museum yang dibangun diatas tanah yang luasnya sekitar 3 hektar ini diresmikan tahun 2014 dan sudah beroperasi hingga saat ini. Travellers bisa mengeksplor kawasan museum ini tanpa rasa bosan karena museum ini memiliki 3 lantai dan memiliki berbagai macam zona di dalamnya. Beberapa zona wisata tersebut misalnya Hall Utama yang berisi aula dengan interior yang mewah di isi dengan koleksi alat transportasi klasik dari seluruh dunia.

Sumber Gambar: Instagram @zhila_q3

Di dalam hall utama ini pula terdapat zona edukasi yang isinya tentang sejarah dan perkembangan alat transportasi. Salah satu magnet yang terdapat di zona edukasi ini adalah keberadaan mobil yang pernah dipakai oleh presiden pertama Indonesia yakni Bapak Ir. Soekarno.

Mobil yang pernah dipakai Bapak Ir.Soekarno adalah mobil kenamaan Chrysler Windsor Deluxe ’52 asal Amerika Serikat. Mobil tersebut digunakan untuk kendaraan dinas Bapak Ir. Soekarno pada masa nya. Selain mobil, di Hall Utama lantai 2 juga terdapat Helikopter Bell-47J yang merupakan hadiah dari Amerika Serikat kepada bapak Ir.Soekarno.

Lanjut ke bagian Zona Batavia (Sunda), di dalam zona ini travellers akan merasakan suasana bak kembali ke Jakarta tempo dulu. Desain di zona ini sengaja dibuat layaknya Jakarta era penjajahan Belanda.

Sumber Gambar: Instagram @album.potrelsa

Beranjak ke Zona Gangster & Broadway yang di dukung dengan desain ala film gangster kenamaan dari Amerika.

Sumber Gambar: Instagram @rosieflvyy

Tak hanya itu, ada juga Zona Eropa yang berisi replika Menara Eiffel, replika Tembok Berlin serta beberapa jenis mobil Eropa yang terkenal misalnya Rolls Royce dan Volkswagen atau yang kita kenal dengan mobil VW.

Sumber Gambar: Instagram @museumangkut

Untuk travellers yang hobby dengan otomotif asal Inggris, tak perlu takut karena di Museum Angkut juga ada Zona Buckingham. Di zona ini, travellers bisa melihat mobil parade Ratu Elizabeth II yakni mobil Land Rover. Selain itu, travellers bisa berfoto ala – ala di halaman Istana Buckingham lho!

Sumber Gambar: Instagram @museumangkut

Selanjutnya ada zona Hollywood, disini travellers akan merasakan seolah – olah masuk dalam pengaturan film Hollywood secara langsung. Dalam zona Hollywood, terdapat mobil – mobil yang pernah dipakai dalam peragaan film Hollywood.

Sumber Gambar: Instagram @rosieflvyy

Selain zona – zona diatas, travellers bisa menikmati berbagai atraksi menarik yang di sediakan oleh pengelola Museum Angkut. Misalnya, atraksi Night Divas yang menampilkan atraksi fashion show dimulai dari pukul 18.30 WIB. Sedangkan di siang hari, travellers bisa melihat atraksi Movie Star Hero Cosplay mulai pukul 12.30 WIB.

TIPS Menuju ke Museum Angkut

Sumber Gambar: Instagram @yofiyofie

Untuk menuju ke Museum Angkut, travellers bisa berkendara dengan kendaraan roda 4 jika memungkinkan. Namun untuk travellers yang berdomisili jauh dari Jawa Timur dapat menggunakan pesawat dengan tujuan Bandar Udara Abdulrachman Saleh di Malang. Dari kota Malang, travellers bisa melanjutkan perjalanan menuju Batu selama 45 menit hingga 1 jam dengan memilih taksi bandara atau angkutan umum lain. Jika travellers memilih menggunakan transportasi taksi bandara maka harga yang dipatok mulai dari Rp 125.000.

Harga Tiket Museum Angkut 2021

Untuk harga tiket Museum Angkut, travellers dikenakan Rp 80.000 baik di hari biasa/hari libur. Pembelian tiket juga bisa melalui online lho travellers! Travellers bisa memesan tiket online langsung ke website Jawa Timur Park Group di https://book.jtp.id/jtpotp/. Untuk Museum Angkut sendiri buka pukul 11.00 sampai 19.00 ya Travellers!

Selamat Berlibur!