Pesona Masjid Jami’ Bengkulu, Masjid Bersejarah Presiden Soekarno

Masjid Jami’ Bengkulu merupakan salah satu hasil karya arsitektur buatan Soekarno ketika beliau diasingkan di Bengkulu. Coraknya menggabungkan antara gaya Sumatera dengan Jawa. Kini tempat bersejarah itu sering didatangi sebagai wisata religi berkat keunikan bangunannya. Anda yang hendak pergi ke sana sebaiknya mengerti tentang berbagai informasi daya tarik sampai dengan harga tiket masuk.

Daya Tarik Masjid Jami’ Bengkulu

Kini kita akan mulai membahas tentang daya tarik yang ada di masjidnya. Berbagai daya tariknya langsung kita bahas berikut ini.

  1. Masuk Kategori Cagar Budaya

Sumber Gambar: Google Maps @Young Hitz Bengkulu

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Setiap pengunjung yang datang ke masjid ini akan mendapati adanya status masjid sebagai cagar budaya buatan Bung Karno. Di daerah Bengkulu masjidnya juga sering disebut sebagai Masjid Bung Karno. Sampai dengan hari ini bagian masjid masih terus terawat dengan baik dan digunakan oleh salat fardhu bagi masyarakat setempat.

Sumber Gambar: triptrus.com

Hampir sebagian besar struktur dari masjid masih terus dilestarikan. Hanya bagian lantai dan dinding sudah diganti menjadi semakin baik demi kenyamanan orang-orang yang salat di dalamnya. Bagian dinding sudah ditinggikan sebanyak dua kali mencapai 30 meter. Akhirnya masjid ini ditetapkan sebagai cagar budaya berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 yang mengatur cagar budaya.

  1. Punya Filosofi Bangunan

Sumber Gambar: duniamasjid.islamic-center.or.id

Bangunan yang dibangun oleh Soekarno ini memiliki filosofi tersendiri. Contoh filosofinya terdapat mulai dari bagian atap masjid yang dibuat bertumpuk 3. Arti dari atap yang bertumpuk tiga adalah iman, Islam, dan ihsan. Di bagian atapnya juga terdapat bentuk seperti lekukan dan hiasan di bagian Puncak. Aksen tersebut melambangkan sebagai skala Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sumber Gambar: Google Maps @Iwan Rahady

Sedangkan di bagian bangunannya dibuat menyatu antara inti, serambi, sekaligus tempat wudhu. Di bagian pilar juga terdapat ukiran dari ayat-ayat Alquran. Bagian mimbarnya dibuat dari sepasang batu mirip dengan gaya Istanbul.

Fasilitas di Masjidnya

Tempat yang satu ini menawarkan fasilitas cukup lengkap. Beberapa fasilitasnya bisa langsung Anda simak di bawah ini.

  1. Tersedia Alat Salat Lengkap

Bagian masjidnya terdapat peralatan untuk salat yang lengkap mulai dari sajadah, rukuh, sampai dengan Al-Qur’an. Seluruh pengunjung dapat menggunakan fasilitasnya dengan bebas.

  1. Kamar Mandi

Kamar mandi juga tersedia bagi wanita dan pria. Jenis kamar mandinya terpisah antara kamar mandi wanita dengan pria. Bagian kamar mandi juga selalu dibersihkan dengan baik sehingga nyaman untuk dipakai.

  1. Tempat Wudhu

Bagian tempat wudhu juga sangat nyaman di mana dipisah antara wanita dan pria. Hal ini memungkinkan seluruh jamaah yang hadir dapat berwudhu sebelum memasuki kebagian bangunan masjid untuk salat fardu.

  1. Parkir

Area parkir yang disediakan cukup luas sehingga memungkinkan para jamaah hadir dalam jumlah yang banyak. Bagi pengunjung yang bertujuan untuk wisata religi juga bisa parkir di area parkir tersebut.

Rute dan Lokasi

 Apabila Anda tertarik untuk datang ke tempatnya maka hanya perlu melewati Jalan Letjen Suprapto, Tengah Padang, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Guna mempermudah proses bepergian maka Anda bisa coba untuk menggunakan panduan dari Google Maps. Lokasi dari masjid ini sudah terdaftar di Google Maps secara rinci sehingga Anda tidak akan tersesat.

Harga Tiket Masuk

Setelah mengetahui lokasi dari masjidnya maka Anda bisa mencari tahu tentang harga tiket masuk. Harga tiket masuknya sama sekali tidak ada tarif bahkan untuk parkir sekalipun juga tidak akan ditarik tarif. Namun Anda bisa menyumbangkan sejumlah dana untuk bagian pengembangan atau operasional masjid.

Jam Operasional

Mengenai jam operasional sendiri tidak ada batasan buka dan tutup untuk masjid ini. Siapapun bebas masuk keluar untuk beribadah di hari apapun karena memang dibuka 24 jam setiap harinya.

Jadi kapanpun Anda datang ke Bengkulu bisa menjadwalkan secara bebas untuk salat atau sekedar wisata religi di masjid ini. Anda akan mendapati bahwa suasana dari masjidnya berbeda dari masjid yang kebanyakan ada di Indonesia sekarang.

Apakah Anda tertarik untuk datang ke masjid ini? Jika iya maka Anda perlu membuat jadwal tertentu untuk dapat mengunjunginya. Jadwal mengunjungi sendiri cenderung cukup bebas karena memang tidak diatur jam tutup dan buka. Jadi sewaktu-waktu Anda dan keluarga punya waktu di pagi hari ketika liburan maka bisa segera menjadwalkan kunjungan religi ke masjid ini.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.