in

Sejarah di Kaimana Tergores Di Lukisan Dinding Batu Kaimana

lukisan dinding batu Kaimana
Sumber Gambar: Liputan6

Bukan hanya kekayaan alamnya saja, ternyata Kaimana juga merupakan salah satu tempat yang kaya akan budaya dan peninggalan sejarah. Salah satu peninggalan sejarah yang sangat menarik dan sangat banyak di perhatikan oleh wisatawan internasional adalah lukisan dinding batu Kaimana.

Sesuai namanya, lukisan batu merupakan salah satu lukisan prasejarah yang ditemukan bertoreh di batuan. Lukisan-lukisan ini merupakan salah satu penanda bahwa tempat tersebut pernah digunakan untuk bermukim masyarakat purba di masa lalu.

Fakta Menarik Mengenai Lukisan Dinding Batu Kaimana

Selain informasi di atas, masih banyak hal menarik yang bisa ditelusuri mengenai lukisan batu di kampung Kaimana ini. Untuk tahu lebih banyak berikut ini adalah ulasannya.

  • Usia lukisan

Kita sudah tahu bahwa Lukisan Batu Kaimana merupakan salah satu peninggalan sejarah yang diberikan oleh masyarakat purba di masa lalu. Lalu sesungguhnya dari kapan lukisan ini berasal? Berdasarkan penelitian yang dilakukan, banyak ahli yang menyatakan bahwa lukisan batu yang ada di Kaimana ini sudah ada di batu tersebut dari 10 ribu tahun hingga 3 ribu tahun yang lalu.

Sumber Gambar: Wikipedia

Meski sudah ada perkiraan, akan tetapi belum ada yang tahu pasti mengenai usia dari lukisan-lukisan tersebut. mengapa? Hal ini disebabkan karena lukisan ini memiliki beberapa perbedaan terutama dari segi warna yang digunakan.

Beda zaman, beda juga kebiasaan yang dimiliki oleh manusia purba. Seperti contohnya lukisan yang ditorehkan dengan menggunakan warna merah umumnya dibuat pada zaman mesolitik awal. Akan tetapi lukisan batu yang ada di Kaimana ini tidak semuanya memiliki warna merah. Ada juga beberapa lukisan dengan warna kuning yang umumnya digunakan pada zaman epipaleolitik.

  • Lukisan digunakan untuk menunjukkan kuasa

    Sumber Gambar: esetyawan.wordpress.com

Hal menarik lain mengenai Lukisan Batu di Kaimana ini adalah mengenai penggunaan lukisan tersebut. Banyak peneliti yang menyatakan bahwa Lukisan Batu di Kaimana banyak yang digunakan untuk memberikan pertanda mengenai kuasa. Hal ini disebabkan karena ada cukup banyak corak yang dibuat pada batu-batu yang ada di sana. Beberapa contohnya adalah lukisan tangan kanan dan kiri, lukisan rahim dan masih banyak lagi.

  • Setiap lukisan memiliki arti

    Sumber Gambar: republika.co.id

Selain sebagai salah satu cara untuk menunjukkan kuasa. Peneliti dan masyarakat setempat juga menduga bahwa setiap lukisan memiliki arti tersendiri. Arti-arti dari lukisan ini sesungguhnya tidak jelas dan membutuhkan penelitian lebih dalam. Akan tetapi ada beberapa lukisan juga yang ternyata memiliki arti sangat jelas.

Salah satu lukisan dari Lukisan Batu di Kaimana yang memiliki arti jelas adalah lukisan batu mengenai ikan besar dan ikan kecil di salah satu batu tebing. Setelah diperhatikan, gambar ikan besar dan ikan kecil yang ada di lukisan batu ini ternyata merupakan sebuah area yang dilalui oleh Paus Byrde dan lumba-lumba sebagai jalur untuk migrasi.

Memiliki Ukuran dan Lokasi Yang Sangat Unik

Hal lain yang membuat lukisan batu di Kaimana ini unik adalah mengenai ukuran dan lokasi dari lukisan batu ini. Perlu kamu tahu bahwa lukisan batu Kaimana ini merupakan sebuah lukisan yang dibuat dengan panjang sekitar 1 kilometer.

Sangat unik bukan? akan tetapi hal ini bukan satu-satunya hal menarik dari lukisan batu ini. Ternyata lukisan batu ini juga memiliki lokasi yang unik yaitu sekitar 5 meter hingga 25 meter di atas permukaan laut. Lokasi ini sesungguhnya seakan tidak terjamah manusia. Akan tetapi kita perlu tau bahwa Lukisan Batu Kaimana ini dibuat di masa lalu. Dimana bentuk bumi mungkin sangat berbeda dari saat ini.