in

Wisata Tambrauw Kampung Senopi, Tidak Hanya Sekedar Keindahan Alam

Sumber Gambar: visittambrauw.blogspot

Papua tidak melulu tentang Raja Ampat dan wisata pantai lainnya. Tanah Papua menyediakan banyak keindahan yang bisa dikunjungi siapa saja, salah satunya adalah tempat wisata Tambrauw di Kampung Senopi.

Desa wisata Kampung ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam asli Papua, tapi juga flora, fauna, serta aktivitas warga setempat. Salah satu yang paling menarik dari Senopi yaitu wisatawan bisa dengan bebas burung Cendrawasih, burung yang paling iconic di Papua.

Tentang Seperti Apa Kampung Senopi

Kampung Senopi sendiri merupakan sebuah distrik yang masih berada di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.  Distrik Senopi tersebut memiliki 8 Kampung atau Kelurahan.

Kenapa Senopi dilirik sebagai salah satu wisata menarik di Tambrauw? Luas wilayah senopi mencapai 1.230 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 800 jiwa. Jadi, dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak untuk wilayah yang luas, membuat distrik di Kampung Senopi semakin cocok untuk wisatawan yang ingin menenangkan diri.

Sumber Gambar: diptapapua.com

Kampung Senopi memang belum banyak terjamah, tapi keindahannya tak kalah dengan destinasi wisata lainnya yang berada di Kabupaten Tambrauw.

Senopi merupakan kampung yang berada di lembah dengan hutan yang ada di sekelilingnya. Banyak tumbuhan yang hidup di Kampung Senopi karena tanahnya sangat subur. Bagi yang ingin mengunjungi kampung tersebut, pastikan kamu mengenakan pakaian yang cukup hangat karena kamu akan disambut udara yang sejuk dan dingin di Senopi.

Sumber Gambar: Facebook.com @mufuo

Senopi menyuguhkan alam yang menakjubkan meski berada di hamparan hutan rimba yang luas. Pemandangan gunung-gunung yang mengapit Senopi juga menambah keindahan alam “Kampung Lembah Hijau”

Jadi wisatawa bisa sekalian melihat beberapa gunung dari Senopi, seperti Gunung Tokiri, Gunung Vitakur, Pegunungan Tembrauw, serta Bukit Serbut. Kamu juga bisa bermain-main di Sungai Kamundan, sungai yang airnya terasa sangat dingin dan berwarna biru jernih.

Rute Menuju Kampung Senopi

Senopi berada di sebuah lembah, jadi untuk mengunjunginya wisatawan memang harus berjalan kaki. Sedangkan untuk rute menuju Senopi sendiri sebenarnya lebih dari satu. Karena harus melewati hutan rimba, wisatawan memang harus benar-benar menyiapkan tenaganya.

Sebaiknya kamu berangkat menuju Kampung Senopi saat masih pagi ataupun siang. Jadi tidak merasa kesulitan saat berjalan di tengah hutan. Tambrauw-Kampung Senopi memang biasanya banyak dikunjungi oleh wisatawan yang suka berpetualang.

Sumber Gambar: diptapapua.com

Jika kamu pergi bersama rombongan yang sama sekali tidak mengenal distrik tersebut, sebaiknya kamu menggunakan jasa tour guide.

Sebelum menuju lembah Senopi, kamu bisa menggunakan kendaraan. Tapi bukan kendaraan umum, melainkan kendaraan roda empat atau roda dua khusus kendaraan gunung. Jadi selain menyewa tour guide, kamu bisa menggunakan jasa tour agar bisa sekaligus berwisata ke tempat lain di Tambrauw.

Jam Buka Operasional Kampung Senopi

Mau berkunjung tapi hanya ada waktu saat hari libur? Tenang saja, Senopi bisa kamu kunjungi kapan saja. Desa wisata Kampung Senopi juga tidak memiliki jam buka khusus. Ketika sampai Senopi, kamu bisa berkunjung sebentar ataupun bermalam di kampung tersebut.

Bagi yang ingin mendirikan tenda, jangan lupa untuk membawa peralatan dan perlengkapan sendiri. Selain itu, bawalah makanan dari luar sebelum ke Senopi, karena disana kamu tidak akan menemukan makanan dan minuman seperti yang biasa ditemukan di tempat wisata.

Oh,ya, satu lagi yang unik dari Kampung Senopi yaitu kamu bisa ikut menyaksikan aktivitas warga di dalamnya. Wisatawan bisa menikmati alam sekaligus menyatu dengan kegiatan warga Senopi yang banyak menghasilkan madu asli.

Jadi bagaiamana? Tertarik berkunjung ke Kampung Senopi? Yuk rencanakan liburan kamu segera!