in

Bakmi Ayam Afui Kuliner Monster di Jogja yang Bikin Ketagihan

Source Image Instagram @jogjafoodhunter

Bakmie Afui Khas Palembang, salah satu kuliner di Kota Yogyakarta yang menarik perhatian semua orang, karena porsinya sangat banyak. Beberapa pelanggan sering menyebutnya monster.

Menariknya, makanan ini selalu habis setiap hari jika, sudah memasuki waktu sore hingga petang.
Mulai rintis pada tahun 2011 Pak Afui dan Bu Yuni, pemilik tempat kuliner ini mencoba sesuatu yang berbeda. Dimana, keduanya menggunakan sajian ala Chinesee Food dengan kuah terpisah.

Untuk mie dibuat sendiri dengan bumbu dan resep khusus, lebih kecil dan berminyak dari biasanya. Ide porsi monster ini didapatkan saat mereka mengamati orang lain makan mie ayam, dimana satu mangkuk masih kurang, dan harus tambah lagi.

Dari sini mereka berinisiatif menambah porsi mie tersebut lompatannya tidak tanggung-tanggung langsung ke monster. Ternyata, gagasan tersebut disukai oleh para pelanggannya yang rata-rata Mahasiswa. Dimana, mereka suka makanan murah, enek dan porsinya besar.

Bakmi Ayam Afui yang Nikmat Menggoda

Sumber gambar dari instagram @javafoodie

Tidak perlu takut kehabisan lagi karena, tempat ini sudah buka 7 cabang, salah satunya ada di Jalan Tambak Bayan, Catur Tunggal. Yogyakarta. Untuk harganya bisa dikatakan sangat terjangkau mulai dari Rp8 ribu saja.

Untuk Mie Monsternya sendiri di hargai Rp23 ribu dan hanya untuk satu orang saja. Jadi, tidak menyediakan tambahan mangkok, jika tidak habis bisa dibawa pulang. Untuk menu minumannya standar ada es teh, Jeruk, dan Air Putih biasa bisa dingin atau hangat.

Daya tarik dari Bakmi Ayam Afui ini bukan hanya dari porsi besarnya saja melainkan, kamu bisa melihat bagaimana mie tersebut di produksi, hampir seluruhnya higienis. Seluruh peralatannya lengkap tidak heran, bila cita rasanya memang menggoda.

Untuk isiannya kamu akan mendapatkan irisan daun bawang, tauge, hingga ayam. Bentuknya kering karena, kuahnya disendirikan. Bagi yang memilih menu komplit maka, pengunjung akan mendapatkan tambahan bakso, pangsit rebus, dan goreng, lengkap sekali bukan?

Sumber Gambar: Google Maps@Christopher Tjahja

Harus diketahui, cita rasanya khas Palembang. Jadi, berbeda dengan Yogyakarta yang menyajikannya dengan manis. Saat disantap sedikit gurih dan asin. Bila dicampur bersama kuahnya rasa gurihnya semakin terasa.

Keunikan lain yang akan didapat adalah saat memesannya langsung ke kasir. Petugasnya akan memberikan pengumuman apa yang dipesan. Proses pembuatannya saat dilihat memang cukup sulit karena, porsinya yang banyak.

Mereka harus memastikan benar semua bumbu sudah teraduk sempurna. Jadi, tidak ada yang dominan salah satunya. Hal ini memang tidak mudah tetapi, seluruh karyawannya cukup konsisten dalam melakukan teknik tersebut.

Bakmi Ayam Afui Tiada Duanya

Spurce Image: Instagram @hungryfever

Tidak hanya rebus saja, Kamu juga bisa memesan versi gorengnya. Dimana, cita rasa yang dihasilkan tidak berbeda dengan kuah. Harus diakui, semua yang disajikan memang nikmat, mulai dari pangsit basah hingga goreng, bakso walau hanya kecil.

Saat disantap jadi satu, akan menimbulkan efek kenikmatan luar biasa. Sayangnya, dari sambal yang disediakan kurang nendang. Coba kalau lebih pedas lagi, Bakmi Ayam Afui akan jadi menu sempurna untuk disantap pada saat siang hari.

Disarankan untuk datang ke sini saat pagi hari sekitar pukul 9. Bila terlalu siang sekitar jam 11 maka, antriannya cukup panjang dan banyak. Pasti tidak kebagian tempat, secara keseluruhan tempat ini bisa direkomendasikan sebagai tempat makan siang kamu saat berada di Yogyakarta.

Tidak perlu tambahan nasi, makan satu porsinya saja sudah kenyang sekali. Apalagi, tambahan ayamnya cukup banyak dan empuk. Tidak ada kata lain selain mengajak kamu untuk merasakan kenikmatannya.

Bakmi Ayam Afui khas Palembang, kuliner di Kota Yogyakarta yang masih terjaga kenikmatannya walaupun sudah 10 tahun beroperasi. Menjadi jajanan wajib yang harus dikunjungi selain menyantap Gudeg Jogja, Selamat menikmati.