in

Kelezatan Mengagumkan Nasi Goreng Mang Ujuk

Sumber Gambar: Google Maps @alfredi sembiring

Jika di Bangka Belitung ada Martabak Areng Acun yang warnanya unik. Kota Palembang memiliki nasi goreng yang seperti nasi minyak berwarna merah. Nama tempat yang menjual adalah Nasi Goreng Mang Ujuk.

Seperti yang kita ketahui, nasi goreng sendiri adalah makanan sejuta umat di Indonesia. Seluruh daerah memiliki penjual nasi goreng mereka sendiri. Kota Palembang memiliki nasi goreng yang unik dengan warna merah dan rasa yang begitu lezat.

Dari para pekerja hingga mahasiswa banyak sekali yang berkunjung ke Nasi Goreng Mang Ujuk. Selain enak, Mang Ujuk juga mematok harga yang sangat murah loh. 10 tahun lalu, nasi goreng ini hanya berharga Rp 8 rb.

Saat ini Nasi Goreng Mang Ujuk hanya dibanderol dengan harga Rp 14 rb. 10 tahun hanya naik Rp 6 rb saja. Warna nasi goreng ini berbeda dengan yang lain. Warnanya merah, tapi bukan karena pewarna buatan ya. Warna merahnya dikarenakan bumbu khusus yang dibuat oleh Mang Ujuk sendiri.

Letak Nasi Goreng mang Ujuk

Lokasi dari nasi goreng ini berada di sekitar Pasar Dempo. Sangat mudah menemukan Nasi Goreng Mang Ujuk karena letaknya di pinggir jalan umum. Tepatnya terletak di Lorong Pedoman, 9 Ilir, Kec Ilir Timur II, Kota Palembang.

Jika traveler ingin mengunjungi nasi goreng ini bisa menggunakan angkutan umum berwarna putih yang biasanya mangkal di sekitar Jembatan Ampera. Cukup membayar Rp 5 rb traveler akan diturunkan langsung di depan Nasi Goreng Mang Ujuk.

Mang Ujuk baru membuka nasi gorengnya pada pukul 19.00 WIB. Sehingga jika traveler sedikit takut menggunakan angkutan umum, traveler bisa menggunakan ojek online. Sangat mudah menemukan letak persisnya karena Mang Ujuk sudah mendaftarkan lokasinya di Google Maps.

Nasi Goreng Mang ujuk hanya buka dari jam 19.00 WIB sampai 03.00 WIB. Pastikan traveler mencatat jam operasionalnya ya. Selain itu, Mang Ujuk tidak berjualan di hari minggu. Ia hanya berjualan mulai dari hari Senin sampai hari Sabtu.

Waktu Yang Tepat Berkunjung

waktu yang tepat berkunjung

Meskipun baru membuka pada pukul 19.00 WIB. Traveler akan langsung melihat antrian yang ramai di sekitar lokasi. Sejak awal membuka, Mang Ujuk langsung diserbu oleh pelanggan. Itulah kenapa jika traveler ingin berkunjung paling tepat pada pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Sangking ramainya pengunjung, Mang Ujuk paling sering kehabisan bahan baku di jam 21.00 WIB. Jika tidak cepat bisa-bisa traveler tidak kebagian nasi goreng super lezat ini. Untuk makannya sendiri, Mang Ujuk menyediakan tempat dine in maupun di bawah pulang.

Jadi jangan takut jika traveler tidak kebagian tempat. Langsung pesan dan dibungkus adalah pilihan terbaik daripada tidak kebagian kenikmatan nasi goreng berwarna merah ini.

Kenapa Nasi Goreng Mang Ujuk Begitu Enak?

Rahasia kenikmatan Nasi Goreng mang Ujuk

Bumbu khusus yang dimiliki Mang Ujuk adalah rahasia utama kelezatan nasi goreng ini. Warna merah dari nasi goreng sendiri bukanlah dari pewarna makanan. Namun dari rempah-rempah yang diracik sendiri. Jika nasi goreng pada umumnya berwarna hitam karena bumbu kecap.

Nasi goreng ini berwarna merah persis seperti nasi minyak. Bahkan salah satu youtuber terkenal Nex Carlos sempat mereview nasi goreng ini loh di kanal Youtubenya. Meskipun merah nasi goreng ini tidaklah pedas loh.

Justru rasanya manis dan nikmat. Menikmati bersama keluarga tentu saja akan sangat cocok. Selain itu yang membuat nasi goreng ini karena dibuat langsung oleh Mang Ujuk. Meskipun banyak sekali peminatnya, Mang Ujuk tidak ingin membuka cabang baru.

Sumber Gambar: Google Maps @Marko Palem

Menurut beliau, jika membuka cabang baru ia takut bahwa rasa dari nasi gorengnya berbeda karena yang membuat berbeda. Tentu saja hal ini ditanggapi positif oleh orang-orang. Mang Ujuk mencoba menjaga kualitas alih-alih mencari keuntungan besar dari ketenaran namanya.

Porsinya juga sangat pas untuk dimakan saat malam. Penyajiannya juga sangat sederhana, dengan telur dadar dan kerupuk diatasnya menjadikan nasi goreng ini sangat enak dan bergizi tinggi. Jika traveler ingin menambah sensasi pedas, Mang Ujuk menyediakan sambal buatan sendiri yang bisa traveler balurkan ke atas nasi goreng.

Menu Lainnya

Menu lainnya di nasi goreng mang ujuk

Tenang saja, Mang Ujuk juga menyediakan menu lain sebagai pelengkap serta untuk menambah kenikmatan. Selain nasi goreng ada juga sup dan beberapa jenis pilihan lauk. Misalnya Ayam Goreng, Sate Hati dan Bebek Goreng.

Traveler bisa memilih pilihan lauk ini jika bosan memakan nasi goreng dengan hanya telur dadar. Untuk pilihan minuman, Mang Ujuk hanya menyediakan minuman Teh, Jeruk dan Air Putih. Karena Mang Ujuk fokus pada nasi goreng tentu saja minuman ini bukan sebagai produk andalannya. Melainkan sebagai pelengkap di kalah santap bersama keluarga.

Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi terkini seputar Wisata di Indonesia.