in

Martabak Areng Acun – Tak Hanya Dipanggang Menggunakan Arang, Adonannya Juga Dimasukin Arang!

Sumber Gambar: @pergikuliner.com

Martabak manis atau yang aslinya bernama Hok Lo Pan awalnya adalah makanan khas Bangka Belitung. Hok lo pan atau martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka (khek) Bangka. Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (Khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal martabak Bangka.

Bagi Sahabat Wisato yang suka martabak manis, pasti cocok dengan martabak manis yang satu ini. Tak seperti martabak manis lainnya, martabak satu ini memiliki keunikan tersendiri, karena menggunakan arang bambu Jepang sebagai bahan tmbahan dalam adonan martabaknya. Salah satu martabak manis yang terkenal di Bangka Belitung yaitu Martabak Manis Areng Acun. Walaupun adonannya yang berwarna hitam dan menggunakan arang, martabak manis ini tidak berbahaya jika dikomsumsi.

Manfaat Dari Arang Bambu

Sumber Gambar: Instagram @martabakarengacun

Berbagai macam manfaat yang akan kita dapatkan jika mengkomsumsi arang bambu. Antara lain untuk mendetoks tubuh, mengurangi asam lambung, dan jika digunakan pada adonan martabak dijamin tidak bikin eneg.

Tak sembarangan menggunakan bahan arang bambu sebagai bahan pembuatan martabak bangka, ini merupakan  sebuah tradisi tersendiri. Pada umumnya arang digunakan hanya sebagai bahan pembakar martabak saja. Acun selaku pemilik dari Martabak Manis Areng mengklaim jika pemanfaatan arang bamboo sebagai bahan dari adonan martabak manis hanya ada di Bangka saja.

Sumber Gambar: Google Maps @Ronny Setiawan

Pada awalnya Acun membuat martabak menggunakan bahan-bahan pada umumnya. Seiring berjalannya waktu, Acun melakukan beberapa eksperimen pada adonan martabak manisnya, namun tetap menjaga tradisi pembuatan martabak Bangka. Dengan beberapa kali percobaan, akhirnya dia berhasil menemukan takaran yang pas agar rasa dan warna martabak manis itu sempurna.

Walaupun penampilan martabak manis ini berwarna hitam pekat, tak mengubah rasa dari martabak manis itu sendiri. Ditambah dengan topping melimpah yang ditambahkan, membuat rasa martabak manis arang ini semakin enak. Berbeda dengan martabak manis biasa yang renyah, martabak manis arang memiliki tekstur kulit yang lembut seperti spons sehingga gampang dalam satu gigitan. Walaupun topping melimpah, topping dalam martabak manis arang tidak gampang terjatuh dan akan tetap menempel pada bagian dalam martabak. Jadi taka da topping yang mubajir ya!

Dalam satu gigitan pertama, Sahabat Wisato akan merasakan rasa mint yang segar saat mengunyah martabak manis arang. Sensasi rasa fresh dan pedas dicampur manisnya topping yang ada di dalam membuat Sahabat Wisato tak akan eneg. Sangat cocok untuk Sahabat Wisato yang kurang menyukai rasa yang terlalu manis, karena bambu arang ini akan menetralisir rasa manis yang ada di topping.

Papan Nama Yang Unik

Sumber Gambar: Google Maps @Min Chen

Hal lainnya yang membuat kedai martabak manis arang ini menjadi populer terdapat pada papan namany. Tertulis di papan nama Dr. Hendry Acun, SP. MBA, S.pd. Gelar-gelar tersebut bukanlah gelar sesungguhnya, melainkan hanya sebuah singkatan saja. Kata ‘Dr’ yang berarti dapur, ‘SP’ berarti spesialis, ‘MB’ untuk martabak, ‘A’ untuk arang, dan ‘S.pd’ untuk serabi pakai durian. Hal tersebut dia lakukan hanya sekedar untuk lelucon saja agar menarik pelanggan.

Lokasi dan Harga Martabak Manis Areng Acun

Sumber Gambar: Google Maps @Yolanda Salsabila

Jika Sahabat Wisato ingin mencoba mencicipi Martabak Manis Areng Acun, Sahabat Wisato bisa berkunjung di kedainya yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 107, Sungailiat, Bangka. Untuk jam operasinya dimulai pada pukul 14.00 – 22.00 WIB setiap harinya. Harga dari satu porsi martabak manis arang tergantung dari ukuran dan topping yang Sahabat Wisato pilih. Untuk menu original terdapat rasa coklat, kacang, wijen, dan keju yang dibanderol mulai dari 15ribu hingga 30ribu untuk porsi kecil. Untuk ukuran yang besar, harga dipatok sebesar 25ribu hingga 40ribu. Dan untuk wisatawan mancanegara, harga mulai dari 45ribu hingga 60ribu untuk ukuran kecil, sedangkan ukuran besar seharga 65ribu hingga 80ribu.

Sahabat Wisato juga bisa memilih adonan yang digunakan selain adonan dari bambu arang, seperti pandan, brownies, black forest, green tea, red velvet dan sweet potato taro. Untuk penambahan rasa adonan ini dikenai harga dari 5ribu hingga 10ribu saja. Jika satu topping kurang, Sahabat Wisato bisa menambahkan beberapa topping lainnya seperti pisang, kismis, jagung, ovomaltine, atau Nutella dengan kisaran harga tambahan 5ribu hingga 20ribu.

Walaupun harganya yang terhitung sedikit menguras kantong, semua akan terbayarkan setelah mencicipi Martabak Manis Areng Acun ini. Selamat mencoba!