in

Tertantang Untuk Mencoba Mencicipi Pedasnya Pedesan Entog Mas Nana

Sumber Gambar: Google Maps @Moh Mahrus

Berlibur ke Kota Cirebon, rasanya tak lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Di Kota Udang ini, Sahabat Wisato bisa mencicipi beragam kuliner khas Cirebon yang legendaris. Mulai dari camilan, makanan berat, hingga dessert yang usianya sudah puluhan tahun bahkan lebih dari setengah abad. Makin penasaran? Langsung saja mimin bahas salah satu makanan legendaris di Cirebon.

Jika selama ini Sahabat Wisato hanya mengenal nasi jamblang atau empal gentong, maka mimin akan menambahkan rekomendasi kuliner khas lainnya yang wajib Sahabat Wisato coba! Soal harga tak perlu khawatir, karena makanan yang satu ini ramah di kantong. Dijamin, selama berada di Kota Cirebon, Sahabat Wisato tak akan kelaparan.

Sumber Gambar: Google Maps @Harell Adventure

Dari sekian banyak makanan pedas yang terletak di daerah Cirebon, mimin merekomendasikan Pedesan Entog Mas Nana. Pastinya sebagian Sahabat Wisato masih belum familiar dengan kata ‘entog’ atau biasa disebut juga ‘entok’? Entok merupakan salaha satu jenis unggas yang hampir sama dengan itik dan memiliki kesamaan dengan bebek. Yang menjadi perbedaan hanya terletak pada bulunya yang putih dan rasa dagingnya yang mirip dengan daging bebek.

Pedesan Entog Mas Nana sudah buka sejak tahun 2006. Saking enaknya, Mas Nana bisa menghabiskan kurang lebih 200 ekor entog setiap harinya. Wow! Jumlah yang cukup fantastis! Untuk lokasinya berada di Jalan Fatahillah Nomor 80 Blok Kawung, Megu Gede, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sumber Gambar: Instagram @dwimega_sari

Tak hanya terkenal soal kelezatan rasanya, Pedesan Entog Mas Nana juga berhasil mengolah daging entok dengan sangat empuk saat dimakan, apalagi daging entok memiliki banyak serat dan akan menjadi keras jika tidak dimasak dengan baik.

Mas Nana mengaku memiliki beberapa teknik khusus dalam mengolah daging entoknya, sehingga menghasilkan tekstur empuk dan nikmat saat dilahap. Untuk bumbu yang digunakan oleh Mas Nana juga tidak pelit. Rasa bumbu yang terkandung dalam pedesan entok lebih gurih dan terasa rempah-rempahnya. Pedesan entok biasanya disajikan dengan nasi putih hangat. Tak susah untuk mencari entok di daerah Cirebon, karena populasinya sangat banyak.

Walaupun banyak warung entok lainnya di Cirebon, Pedesan Entog Mas Nana tetap menjadi pilihan nomor satu. Mas Nana sendiri memiliki pelanggan tetap sejak tahun 2006, bahkan ada yang rela jauh-jauh datang dari luar kota hanya untuk menyantap lezatnya pedesan entok Mas Nana.

Sumber Gambar: Instagram @jlnlagi

Jika Sahabat Wisato tak cukup kuat untuk menyantap makanan pedas, Sahabat Wisato juga bisa memesan menu lainnya yang tak kalah lezat. Beberapa menu lainnya yang bisa Sahabat Wisato pesan diantaranya cumi, kepiting, ikan, dan udang. Ada juga beberapa bebek cobek, ayam cobek, ayam kampung bakar, rica-rica entog, sayur asem bahkan ada empal gentong juga. Namun yang menjadi menu juara di sini tetaplah pedesan entognya. Adapun beberapa pelanggan yang awalnya tak menyukai sajian entok, tapi sekali mencobanya pelanggan malah ketagihan!

Sumber Gambar: Instagram @ourfoodiaries

Setelah makan pedes enaknya minum yang segar-segar. Adapun minuman pendamping yang disajikan saat menyantap pedesan entok seperti es degan yang dicampur dengan sirup Tjampolay khas Cirebon. Rasa segar dari es degan mampu membantu menghilangkan rasa pedas saat menyantap pedesan entok Mas Nana. Walaupun terhitung pedas, Pedesan Entog Mas Nana masih dalam tahap level pedas yang tidak membuat lidah para penikmatnya terbakar. Tapi jika Sahabat Wisato merasa masih kurang nendang pedasnya, Sahabat Wisato bisa me-request kepada pelayan untuk meningkatkan level pedasnya.

Untuk harganya sendiri terhitung sangat terjangkau. Sahabat Wisato hanya perlu merogoh kocek sebesar 30ribu saja untuk mendapatkan seporsi lezatnya daging entok yang berkualitas dan juga ‘nendang abisss’. Sahabat Wisato bisa mengunjungi rumah makan Pedesan Entog Mas Nana setiap hari pada pukul 09.00 hingga 22.00 WIB. Jika Sahabat Wisato sedang malas keluar atau sedang sibuk dengan tugas kantor, Sahabat Wisato bisa memesan dengan metode jasa pesan antar kapanpun dan dimanapun. Apalagi jika cuaca sedang hujan, paling pas untuk menikmati Pedesan Entog Mas Nana. Apakah Sahabat Wisato tertantang untuk mencoba Pedesan Entog Mas Nana?